10 Jenis Tanaman Aglonema Terpopuler di Indonesia

tanaman aglonema, sarae.id

Tanaman Aglonema – Bagi sebagian orang, merawat tanaman merupakan hal wajib yang perlu dilakukan. Sebab bisa mendatangkan banyak manfaat, apalagi bila penempatannya di dalam rumah. Sirkulasi udara akan terjaga serta bisa menjadi bagian dari dekorasi ruangan yang bisa mempercantik tampilan interior.

Nah, sobat sarae pasti sudah tau dong kalau belakangan ini ada salah satu jenis tanaman yang sangat hits yaitu Aglonema. Tak heran bila ada harga aglonema termahal yang membuat para pecinta tanaman mungkin akan merasa terkejut.

tanaman aglonema, sarae.id
Sumber gambar: pikiran-rakyat.com

Sekilas Mengenai Tanaman Aglonema

Tanaman ini berasal dari suku talas-tasalan atau bisa disebut juga Aracease. Setidaknya ada 30 spesies jenis tanaman aglonema yang tersebar di seluruh dunia. Sementara untuk habitat aslinya adalah di hutan hujan tropis. Sehingga bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Perawatan aglonema pun terbilang cukup mudah. Sebab bisa tumbuh baik pada area yang kurang sinar matahari ataupun memiliki kelembaban yang tinggi.

Jenis Aglonema yang Disukai

Sebelumnya sudah disinggung mengenai jenis tanaman ini bahwa ada cukup banyak spesiesnya. Namun ada beberapa diantaranya yang lebih populer. Kali ini sarae akan coba membahas mengenai jenis tanaman aglonema yang memang paling populer. Langsung saja simak yuk, ulasan berikut ini.

Aglonema bidadari

Apakah kamu salah satu orang yang sangat tertarik dengan tanaman-tanaman hias yang cantik? Kalau begitu, kamu bisa memilih aglonema bidadari untuk dipelihara.

tanaman aglonema, sarae.id

Jenis satu ini adalah yang paling banyak dicari, alasannya tentu saja karena warna yang yang dan indah. Perpaduan warna jingga, merah muda,kuning dan hijau bisa kita lihat pada tiap daunnya. Bahkan di bagian tangkainya pun ada sedikit bercak merah mudah dan hijau, benar-benar enak dipandang.

Dan tau nggak sih, biarpun ukurannya kecil namun tanaman aglonema harga ini sebetulnya terbilang mahal yakni di atas 100 ribu rupiah. Bagi pecinta tanaman sih pastinya harga tersebut tak akan jadi masalah, betul tidak?

Aglonema moonlight

Masih adalah lagi ini tanaman aglonema yang dinilai terbaik dan banyak dicari masyarakat Indonesia yaitu jenis moonlight. Daunnya berbentuk cukup besar, bila dilihat mirip seperti mangkuk. Sangat unik sekali.

tanaman aglonema, sarae.id

Warnanya pun terlihat begitu cantik, bila dijadikan hiasan rumah bisa memberikan kesan yang lebih cerah dan menyegarkan. Bagian tulang daun moonlight berwarna merah, bila dari dekat akan terlihat cukup jelas. Kalau soal harga, masih sama terbilang mahalnya yakni di atas 100 ribu dengan ukuran yang sedang atau tak terlalu besar.

Aglonema pride of sumatera

Masyarakat Sumatera biasanya memiliki ciri khas yang sangat mencolok. Begitupun dengan spesies aglo pride of Sumatera, bentuknya terlihat kokoh. Daunnya memanjang dengan tampilan paduan warna yang cantik yakni merah dan hijau gelap. Ada sedikit bercak pada bagian daunnya, sehingga tanaman tersebut tampak lebih indah.

tanaman aglonema, sarae.id

Jenis ini ditemukan sekitar tahun 1993, artinya sudah cukup lama. Dan kali ini dibandrol dengan harga yang juga terbilang cukup mahal. Namun lebih murah dibanding dengan jenis sebelumnya. Kisaran 90 ribu untuk ukuran yang kecil, menurutmu bagaimana? High price atau tidak?

Aglonema legacy

Masih ada lagi loh sobat sarae spesies aglo yang terkenal di Indonesia, kali ini adalah jenis legacy. Ciri daunnya berwarna hijau yang menyerupai bercak, seperti cat yang ciprati menggunakan kuas. Warna merah pun tak luput dari perhatian, terlihat cukup jelas dan tegas pada bagian daun.

tanaman aglonema, sarae.id

Bagian ujung daun berbentuk runcing, ini adalah tanda aglo jenis legacy. Agar tak sulit mengenali, cukup mengetahui bentuk daunnya saja. Untuk harga bagaimana? Hem, cukup mahal juga sih mulai dari 95 ribuan.

Aglonema adelia

Adelia, mirip seperti nama orang ya? Tak salah sih, memang nama adelia sendiri diambil dari kolektor tanaman hias yaitu Adelia Angeles. Jenis tanaman ini bisa tumbuh hingga kurang lebih 30 cm, namun bila ditempatkan di media tanah yang subur ya.

tanaman aglonema, sarae.id

Bentuk daunnya sendiri melebar pada bagian pangkal batan, sementara di bagian ujungnya mulai meruncing. Warna daunnya memang sangat khas dan seperti kebanyakan tanaman aglo yakni ada warna hijau serta bercak merah yang tak merata.

Sangat disarankan agar tidak menyimpan tanaman ini luar ruangan. Sebaiknya boleh saja, namun jangan langsung terpapar oleh sinar matahari. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan, intensitas penyimpanan airnya sedang saja ya.

Aglaonema Claudia

Setelah Adelia, ada aglo jenis Claudia. Perbedaannya adalah dari segi tipe warna. Dimana Claudia cenderung memiliki warna hijau yang pucat dan bagian tulang daun merah muda. Semua daun akan tumbuh teratur. Proses perawatannya pun tak begitu sulit, bisa dengan menyiram secara rutin saja.

tanaman aglonema, sarae.id

Dan tau nggak sih kalau asal aglaonema ini ternyata dari Thailand namun populer juga di Indonesia. Tak bila harganya cukup mahal, ukurannya sedang saja sudah mencapai 135 ribuan.

Aglonema widuri

Kalau membaca nama widuri, sudah jelas namanya Indonesia banget. Jenis aglo yang memiliki ciri warna merah menyala di bagian tulang daunnya. Sedikit dikombinasikan dengan hijau kekuningan, sangat indah sekali. Sementara untuk bentuk daunnya tampak berbentuk oval namun cenderung cekung bagian tengah.

tanaman aglonema, sarae.id

Bagi para pemula, membeli jenis aglo ini sangat direkomendasikan sebelum akhirnya memelihara aglo populer jenis lainnya.

Aglonema cinta

Aglonema cinta, dinamakan demikian karena bentuknya yang memang terlihat mirip seperti hati yang sedang ingin mengungkapkan rasa cinta. Mungkin itulah makna tersirat dari jenis aglo ini. Beberapa orang juga kerap memberikan hadia Aglo Cinta sebagai tanda kasih sayang. Sweet banget ya, tak perlu berkata-kata hanya tinggal memberi tanaman saja.

tanaman aglonema, sarae.id

Warna daunnya perpaduan antara kuning, hijau dan merah mudah, sedikit sentuhan orange juga. Cocok sekali dijadikan sebagai dekorasi interior rumah agar bisa memberikan kesan lebih natural.

Aglonema lipstick (siam aurora)

Siam Aurora atau jenis aglonema lipstick, lagi-lagi penamaanya unik banget ya? Mengapa dinamakan demikian karena warna aksen daunnya adalah merah. Terlihat pada tiap sisi daun. Sementara untuk bentuk daun aglo ini cenderung lebar serta memanjang.

tanaman aglonema, sarae.id

Bagi kamu yang ingin memelihara aglo dengan harga ekonomis, kamu bisa beli jenis ini. Sebab harganya terbilang murah kisaran 25 ribu saja. Tenang saja, kecantikan aglonema lipstick juga sama indahnya kok. Agar semakin tumbuh dengan baik, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara rutin.

Aglonema red kochin

tanaman aglonema, sarae.id

Dan jenis terakhir yang sarae rekomendasikan untuk kamu pelihara adalah Aglonema jenis red kochin. Lagi-lagi didominasi oleh warna merah, sementara untuk warna hijaunya hanya sedikit, bentuk bercak saja. Bagi yang ingin menambah sentuhan warna natural dari tanaman untuk dekorasi rumah, red kochin juga cocok dijadikan pilihan. Kalau untuk harga, terbilang relative standar saja. Kisaran 85 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa jenis tanaman aglonema yang mungkin bisa coba kamu pelihara. Mulai dari aglonema termahal hingga yang termurah dengan ciri khasnya masing-masing.

Ada sedikit tips yang penting diperhatikan agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik:

  1. Gunakan tanah terbaik, biasanya yang memiliki tingkat keasaman atau pH antara 6-7. Cobalah dengan mencampurkan humus dan pasir dengan begitu tanahnya pun tak terlalu keras. Untuk humus bisa kamu beli di toko tanaman ya.
  2. Beri nutrisi yang tepat. Tanaman juga membutuhkan asupan nutrisi dong agar pertumbuhannya tidak lambat. Oleh sebab itulah kamu harus memberikan dalam waktu yang tepat, bisa dua minggu sekali atau seminggu sekali.
  3. Perhatikan intensitas air penyiraman. Agloe juga membutuhkan air, namun intensitasnya tidak terlalu tinggi. Sedang saja dan cukup disiram 1 kali dalam sehari.
  4. Tips merawat aglonema terakhir hindari sinar matahari berlebihan, sebab agloe akan cenderung sensitive sebab tanaman ini memang paling cocok dijadikan hiasan di untuk di dalam rumah.

Oke sobat sarae, bagaimana? Informasi kali ini sangat bermanfaat sekali kan? Apalagi bila kamu merupakan pecinta tanaman, paling tidak memiliki aglonema satu di dalam rumah juga sudah cukup kok. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan cara perawatannya sesuai yang sudah disampaikan di atas ya. Selamat menanam!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis