Ide Desain Ruang Keluarga Minimalis Sederhana yang Nyaman

ruang keluarga minimalis, sarae.id

Ruang keluarga minimalis menjadi salah satu ruangan di dalam rumah yang biasa dijadikan tempat berkumpulnya anggota keluarga. Entah ruangannya Bersatu dengan ruang tamu minimalis atau dipisahkan. Penataan ruang keluarga mulai dari furniture hingga dekorasinya sebaiknya diperhatikan betul agar bisa menambah kesan nyaman dan family friendly.

ruang keluarga minimalis, sarae.id
Sumber gambar: frenchyfancy.com

Ruang Keluarga Minimalis Sederhana

Beberapa orang yang ingin memiliki ruang keluarga khusus ada saja yang terkendala dan merasa ragu karena rumahnya tak terlalu luas. Nah, apakah sobat sarae juga memiliki problem tersebut? Ruangan ini bisa kamu desain senyaman mungkin kok biarpun ukurannya minimalis. Berikut ini sarae rekomendasikan beberapa konsep desain untuk ruang keluarga yang mungkin bisa coba diterapkan, simak yuk.

Minimalis Modern, Didominasi Warna Netral

Tak mau menghilangkan kesan modern untuk ruang keluarga? Kamu bisa menerapkan konsep minimalis yang diberikan sentuhan modern. Penerapan warna dominan netral seperti abu atau putih pun bisa semakin memberikan kesan luas pada ruangan. Detail lantai bisa menggunakan vinyl dengan tekstur kayu.

ruang keluarga minimalis, sarae.id
Sumber gambar: coretecfloors.com

Di samping itu, agar bisa semakin menghemat tempat, kamu bisa coba menggantungkan TV LED pada dinding. Jadi, bila ada cabinet atau credenza bagian atasnya tak usah dijadikan tempat menaruh tv. Namun bisa dijadikan mini galeri, menyimpan foto-foto, bunga atau koleksi seni berukuran kecil. Sementara bila kamu ingin menaruh sofa, pilihlah yang memiliki kaki agak jenjang agar bisa memberikan efek ilusi lebih luas pada ruangan.

Minimalis yang Dikombinasikan dengan Konsep Industrial

Ada berbagai macam konsep desain yang bisa diterapkan, salah satunya adalah gaya industrial. Biarpun ukuran ruangannya minimalis, bukan tidak mungkin bila kamu bisa menerapkan model desain ini.

ruang keluarga minimalis, sarae.id
Sumber gambar: westelm.com.au

Industrial ini sangat erat dengan orang-orang yang memiliki kepribadian kreatif, santai plus artsy sekali. Modifikasi suatu barang pun kerap dilakukan, misal tempat duduk yang terbuat dari ban bekas atau pigura yang terbuat dari kayu olahan sendiri, dan lain-lain.

Kamu pun bisa sekali menerapkan konsepnya pada ruang keluarga di rumah. Pilihlah furniture yang bermotif kayu yang pekat. Bagian lampu bisa menggunakan lampu gantung pilihan yang memang industrial banget. Warna tembok bisa bernuansa kayu juga atau warna-warna yang lebih gelap dan elegan.

Ruang Tamu Minimalis Modern dengan Furniture Multifungsi

Tahukah kamu salah satu prinsip dari rumah minimalis adalah penggunaan furniture yang lebih multifungsi. Tujuannya untuk membuat ruang keluarga agar tak nampak sumpek karena terlalu kepenuhan. Oleh sebab itulah, penyesuaian ukuran furniture serta fungsinya harus bisa dilakukan. Misal, bila ingin meletakkan meja sebaiknya buatlah meja multifungsi yang memiliki cabinet penyimpanan. Begitupun dengan sofanya.

ruang keluarga minimalis, sarae.id
Sumber gambar: sidikul.blogspot.com

Bila kesulitan menemukan furniture yang sesuai kebutuhan, kamu bisa coba custom perusahaan interior yang memang menerima jasa custom furniture sesuai kebutuhan.

Ruangan dengan Ceiling yang Tinggi, Ruang Kecil dengan Udara yang Maksimal

ruang keluarga minimalis, sarae.id
Sumber gambar: etsy.com

Rasa pengap pun tak hanya timbul karena pemilihan furniture yang salah. Namun pengaturan langit-langit ruangan pun akan berpengaruh loh. Ceiling atau langit-langit yang tinggi pada ruang keluarga bisa lebih membantu dalam siklus udara. Oleh sebab itulah, sebelum merancang sebuah bangunan, sebaiknya kamu bisa memperhatikan detail langit-langit guna kenyamanan kedepannya.

Ruangan dengan Penyimpanan yang Maksimal dan Rapi

Berbagai aktivitas santai biasanya dilakukan di ruangan ini, oleh sebab itulah tiap penyimpanan yang ada harus bisa mendukung apa yang dibutuhkan para anggota keluarga. Misal, rak buku untuk menaruh beberapa buku. Jadi, untuk siapapun yang ingin membaca dengan nyaman bisa melakukannya di ruang keluarga.

ruang keluarga minimalis, sarae.id
Sumber gambar: housetohome.co.uk

Bila menata dengan rapi, selain bisa memenuhi kebutuhan juga akan memberikan efek dekorasi lebih pada ruangan.

Desain Minimalis dengan Dekorasi Artistik

Menghidupkan suasana di rumah selain karena keberadaan mereka yang tinggal di dalamnya atau pemilihan furniturenya, bisa juga dengan memberikan sentuhan dekorasi.

ruang keluarga minimalis, sarae.id
Sumber gambar: planete-deco.fr

Nah, buat yang senang dengan hal-hal berbau seni, kamu bisa banget nih memilih dekorasi yang memang art banget. Misal, lukisan abstrak berukuran besar. Atau beberapa karya seni seperti patung kecil yang diletakkan di atas ambalan.

Ruang Keluarga Bohemian Modern

Interior ruang keluarga menerapkan konsep bohemian? Bisa banget dong, apalagi bila dipadukan dengan konsep minimalis modern. Dijamin perpaduannya akan jadi super nyaman.

ruang keluarga minimalis, sarae.id

Konsep ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki keluarga penuh semangat dan ceria. Oleh sebab itulah penerapan warnanya pun lebih cerah serta memberikan aura yang positif. Beberapa elemen penting yang perlu dihadirkan dalam sebuah ruangan keluarga bergaya bohemian adalah karpet rumbai, bantal warna-warni, hingga throw blanket.

Vintage Style, Jadul tapi Tetap Modern?

Ada nuansa jadul namun tetap modern? Konsep vintage yang terkesan jadul memang salah satu yang difavoritkan oleh banyak orang. Detail furniture yang unik serta dekorasi yang vintage banget membuat suasana ruangan jadi lebih berbeda.

ruang keluarga minimalis, sarae.id

Perpaduan vintage dan modern pun sangat bisa kamu padukan. Misal gaya vindagenya diterapkan pda pemilihan furniture sementara modern diterapkan pada dekorasinya. Eksplorasi ruangan di rumah sesuai style kamu sendiri agar semakin nyaman.

Nah sobat sarae itulah inspirasi ruang keluarga minimalis yang mungkin bisa menjadi referensi. Nggak usah khawatir dengan ukuran ruangan yang terlalu kecil, asalkan kamu sudah tau kelemahan dari ruangan di rumah dan berkonsultasi dengan ahlinya, impian ruang keluarga yang super cozy bisa banget kamu rasakan. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis