Efek Psikologis Warna Pastel Interior Rumah

warna pastel interior, sarae.id

Warna Pastel Interior – Sekarang ini tren warna-warna pastel kembali diminati oleh sebagian orang, khususnya yang ingin menciptakan suasana interior rumah semakin nyaman. Prediksinya sih warna ini akan tren dalam waktu lama. Kebanyakan yang memilih warna pastel adalah mereka yang memiliki kepribadian yang lembut. Sehingga dengan penerapannya mampu menambah aura positif untuk para penghuni rumah.

Warna Pastel Interior Rumah

Namun kamu juga pasti tau, kalau kelompok warna pastel ini bukan hanya terdiri dari satu jenis warna saja. Melainkan terdiri dari beberapa warna yang bisa dipilih. Dari tiap warna interior akan ada efek psikologisnya tersendiri. Oleh sebab itulah, sarae akan coba paparkan mengenai apa sih efek psikologi warna pastel untuk interior rumah? Berikut ulasannya.

Warna Pastel Interior Biru Muda, Indah dan Menenangkan

Biru muda, warna yang soft dan memiliki efek menenangkan yang positif. Sangat cocok diaplikasikan pada ruangan-ruangan yang bersifat privasi seperti kamar tidur. Kamu pun akan semakin merasa nyaman, pemandangan dinding pun nampak lebih indah.

warna pastel interior, sarae.id
Sumber gambar: amazon.com

Kalau ingin menciptakan ruang tidur yang memiliki dimensi makin mantap, kamu boleh sekali mengkombinasikan dua warna sekaligus. Pertama biru muda dan kedua biru tua yang agak gelap. Atau bisa juga dengan penambahan elemen-elemen dekorasi seperti lukisan yang digantung pada bagian dinding atau tanaman hias berukuran kecil. Bisa ditaruh di atas meja atau ambalan khusus.

Ungu Pastel, Lebih Rileks

warna pastel interior, sarae.id
Sumber gambar: thisoldhouse.com

Ada yang menyukai warna ungu? Untuk penerapan warna interior rumah, bila ingin mengaplikasikan warna tersebut sebaiknya jangan memilih yang tone nya agak pekat. Pilih warna ungu soft yang cerah. Efek psikologisnya bisa menciptakan suasana yang lebih santai dan rileks.  Berbeda dengan warna agak pekat yang terkesan lebih lux dan energik. Mau mengkombinasikan dua warna sekaligus juga bisa sekali. Misal warna ungu pastel dengan putih atau kuning. Ungu pastel sangat cocok sekali untuk sobat sarae yang memiliki kepribadian tenang.

Abu Pastel, Efek Kestabilan pada Ruangan

warna pastel interior, sarae.id
Sumber gambar: theeverygirl.com

Bila melihat dari sisi psikologi, warna abu pastel akan memberikan efek yang stabil pada ruangan. Mereka yang ada di dalam ruangan pun akan merasa tenang dan lebih nyaman. Sangat cocok diterapkan pada ruang kerja di rumah atau perkantoran. Sementara untuk pemilihan furniturenya bisa menggunakan kombinasi warna putih dan coklat kayu. Efek maskulin namun lebih tenang bisa semakin terpancar.

Pink Soft, Lebih Feminim

Pink soft merupakan warna yang hadir karena kombinasi dua warna yaitu putih dan merah. Ruangan yang menerapkan pink soft sebagai warna interiornya memiliki kesan yang lebih feminism, girly dan lebih manis. Anak-anak perempuan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan biasanya menjadikan warna pink sebagai identitas dirinya sendiri. Kombinasikan dengan warna cream atau biru pastel, sehingga akan terkesan lebih hidup.

warna pastel interior, sarae.id
Sumber gambar: etsy.com

Pemilihan furniture pun penting diperhatikan. Gunakan furniture yang tak terlalu besar agar tidak membuat ruangan semakin sempit dan menghilangkan peran warna pink soft.

 Hijau Pastel, Segar dan Membumi

Hijau pastel, warna yang juga hadir karena pencampuran dua warna yaitu hijau dan putih. Warna ini sangatlah identic dengan kesan alam, sehingga suasananya pun akan terasa lebih santai dan menyegarkan. Lebih mengingatkan kita pada warna-warna alam yang memang tenang.

warna pastel interior, sarae.id
Sumber gambar: apartment.selbermachendeko.com

Warna ini juga cocok sekali diaplikasikan pada ruang tidur di rumah. Sebab bisa membuat waktu istirahatmu lebih berkualitas dengan tidur lebih nyenyak. Bisa juga digunakan pada ruang kerja atau belajar agar memberikan efek relaksasi pada pikiran.

Pastel memang identic dengan ketenangan dan kebanyakan yang menerapkan warna ini adalah perempuan yang berkepribadian feminim. Bahkan bukan hanya dari segi interior, pemilihan warna pakaian dominan pastel pun kerap dipilih. Sehingga kepribadian orang tersebut benar-benar sangat terpancar.

Nah, sobat sarae ada sedikit tips lagi nih untuk membuat warna pastel interior tidak terlalu membosankan alias monoton. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Kombinasikan Warna

Kamu bisa coba mengkombinasikan 2-3 warna sekaligus. Jangan takut akan bertabrakan sebab pada dasarnya pastel ini warna yang netral. Bila ingin menerapkan satu warna juga tak apa-apa namun kamu harus memperhatikan detail dekorasi agar suasana ruangan semakin hidup.

  • Pilih Dekorasi yang Tak Terlalu Ramai

Warna pastel biasanya dipilih oleh orang-orang yang ingin menerapkan konsep interior rumah minimalis. Agar tak menghilangkan konsep dasar tersebut, kamu bisa memilih elemen dekorasi yang tak terlalu ramai. Bila ingin menaruh lukisan, pilih yang berukuran standar saja. Begitupun dengan tanaman hias, memilih yang kecil akan lebih baik.

  • Furniture yang Berukuran Kecil tapi Tetap Multifungsi

Sudah menerapkan warna pastel pemilihan furniturenya pun harus lebih diperhatikan. Agar kesan nyaman semakin terasa, sebaiknya custom furniture berukuran kecil namun multifungsi. Atau gunakan furniture yang memiliki kaki lebih jenjang untuk memberi efek luas pada ruangan.

Oke sobat sarae, itulah penjelasan mengenai efek psikologis warna pastel interior rumah. Jadi, warna apa nih yang paling menggambarkan kepribadianmu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis