Interior Design Japandi, Perpaduan Budaya Timur dan Barat

Interior Design Japandi, sarae.id

Interior Design Japandi – Sobat sarae, apakah kamu sudah pernah mendengar interior design Japandi? Sebuah konsep terbaru yang sedang hits. Terbilang unik sebab memadukan antara gaya interior Timur dan Barat. Khususnya untuk interior rumah-rumah Jepang atau desain interior negara-negara Nordic. Biarpun keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, namun saat dipadukan menjadi konsep Japandi justru malah bisa menampilkan nuansa minimalis yang harmonis.

Gaya Interior Desain Japandi

Japandi Style merupakan singkatan dari Japanese & Scandinavian. Sebuah gaya desain interior yang mulai muncul sejak tahun 2017 dan merupakan pengembangan dari desain jepang scandinavian sesuai dengan singkatan namanya. Kedua gaya desain tersebut sudah jelas mempunyai sentuhan berbeda dan kontras. Namun mempunyai satu kesamaan yakni memperlihatkan nuansa minimalis dan estetik. Sehingga perbedaan yang ada justru malah bisa melengkapi satu sama lain.

Elemen yang Ada Pada Desain Japandi

Nah, bila kita melihat pada 2 unsur kebudayan berbeda maka sudah jelas elemen yang ditampilkan adalah khas Jepang & Nordic. Elemen Jepangnya sendiri terlihat dari unsur tradisional yang elegan. Konsep yang diusung oleh orang Jepang sendiri adalah ‘’Wasabi-Sabi’’ yakni keindahan dalam ketidaksempurnaan. So, bukan Cuma sekedar desain namun ada makna tersendiri yang ingin disampaikan.

Sementara itu untuk elemen nordicnya akan terlihat dari sentuhan modern-rustic yang sederhana. Untuk Nordic style sendiri atau yang biasa dikenal dengan istilah hygge (dibaca: hoo-ga) biasanya akan mengedepankan beberapa unsur seperti homeyness, coziness, dan modern.

Saat elemen Jepang dan Nordic dipadukan akan membentuk sebuah desain interior yang sangat harmonis. Terkesan minimalis namun tetap modern, adapula nilai estetika yang terpancar.

Inspirai Desain untuk Menghadirkan Gaya Japandi di Dalam Rumah

Oke sobat sarae, bila kamu merasa tertarik untuk menerapkan konsep Japandi berikut ini inspirai desain yang mungkin bisa kamu terapkan.

Ruang Tamu

Nuansa Japandi yang diterapkan pada ruang tamu bisa menghadirkan kesan yang natural dan menambah kenyamanan. Aplikasikan pelapis lantai vinyl yang memiliki tekstur serat kayu yang biasa digunakan oleh orang-orang Jepang. Begitu juga dengan pemilihan furniture, didominasi nuansa wood grain adalah pilihan tepat.

Interior Design Japandi, sarae.id
bramblefurniture.com

Adanya tanaman hias di dalam ruangan pun bisa memberikan kesan dekorasi lebih natural. Disamping itu, tanaman bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga sirkulasi udara dalam ruangan.

Ruang Makan

Interior Design Japandi, sarae.id
behance.net

Selanjutnya inspirasi desain untuk area ruang makan. Pastikan kalau kamu memilih meja yang berkonsep tradisional berbahan kayu. Sementara itu untuk bagian dinding, pilihlah warna-warna yang lebih cerah seperti abu atau putih. Ruang makan akan semakin terasa nyaman dengan warna netral tersebut.

Kamar Tidur

Interior Design Japandi, sarae.id
nowletsgetgoing.com

Tone warna Scandinavian biasanya mengutamakan warna-warna cerah, berbeda degan Jepang yang tone warnanya agak sedikit gelap. Biarpun berbeda, kamu tetap bisa menggabungkannya kok. Namun pastikan tetap selaras ya agar kesan minimalisnya tetap nampak. Cobalah untuk mencari warna earth-tone yang lebih hangat dan memang sesuai dengan Japandi Style.

Dapur

Interior Design Japandi, sarae.id
homerefinery.com

Dan terakhir adalah untuk area dapur. Gaya Desain Japandi biasanya lebih mengedepankan paduan warna yang elegan, pemilihan kitchen cabinet nya pun tetap menampilkan serat kayu atau warna-warna netral. Untuk menambah kesan modern, gunakanlah material batu alam pada top table atau backsplash dapur.

Tips tambahan untuk sobat sarae yang ingin menerapkan konsep desain Japandi. Usahakan untuk memilih furniture yang berukuran tidak terlalu besar atau bisa dibilang minimalis fungsional. Penggunaan kaki pada cabinet atau sofa pun bisa memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan. Apalagi bila ruangan rumahmu tidak terlalu besar.

Interior Design Japandi, sarae.id
moodings.com

Di samping itu, kamu juga tetap bisa menambahkan elemen dekorasi karya seni. Namun untuk mempertahankan konsep dasar Japandi, pastikanlah bahwa sentuhan dekorasi tidak berlebihan. Bila ingin memberi sentuhan motif pada beberapa sudut interior (misal backsplash dapur) sebaiknya tidak terlalu dominan ya. Nah, agar ruangan mendapatkan sentuhan gaya yang lebih modern kamu juga bisa menambahkan lampu gantung bergaya jepang yang sangat unik.

Oke sobat sarae, itulah pembahasan mengenai gaya interior desain Japandi. Bagaimana menurutmu, sangat unik sekali kan? Tertarik untuk menerapkan konsep desian ini? Kalau iya, yuk langsung saja konsultasikan pada jasa desain interior furniture agar bisa membantu merealisasikan konsep desain yang kamu inginkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis