Tips Menerapkan Desain Rustic pada Hunian Modern

Desain rustic, sarae.id

Desain Rustic – Berbagai macam konsep interior yang diterapkan pada sebuah ruangan mampu mendatangkan value tertentu. Seperti menambah kenyamanan, memberikan kesan estetik, elegan, dan lain-lain. Bahkan kepribadian seseorang pun kerap terpancar dari desain interior yang dipilih. Seperti Desain Rustic, sebuah konsep unik yang bisa menciptakan suasana pedesaan hanya dengan mengatur interior, mulai dari furniture hingga dekorasinya.

Suasana pada Desain Rustic, Nyaman dan Alami

Desain rustic, sarae.id
bramblefurniture.com

Rustic merupakan gaya interior yang mengadopsi suasana pedesaan sehingga desainnya pun akan terasa lebih natural, alami. Kesan natural tersebut biasanya akan tampak dari pemilihan material furniture yang terbuat dari kayu asli dengan bagian permukaan yang tampak kasar atau tidak dihaluskan agar bisa mendapat sentuhan finishing duco, cat atau plitur.

Lantas, apakah rumah modern bisa menerapkan gaya interior rustic? Tentu saja bisa, bahkan akan lebih menarik sekaligus berkarakter. Sebuah ruangan pun bisa semakin memperlihatkan bagaimana jati diri sang pemilik.

Tips Menerapkan Interior Rustic

Nah, sobat sarae apakah kamu tertarik dengan interior design rustic? Kalau iya, berikut ini sarae berikan beberapa tips yang bisa coba terapkan.

Lupakan Desain Interior Matching dan Pilih Furniture Unik

Tips pertama adalah lupakan desain yang matching! Namun tidak match belum tentu tidak selaras ya. Interior rustic biasanya akan lebih memilih furniture-furniture unik dengan dengan material kayu asli. Sehingga ruangan pun terasa lebih hidup.

Desain rustic, sarae.id
bramblefurniture.com

Penggabungan furniture lama dan baru bisa dilakukan. Bahkan kalau kamu kreatif, bisa banget loh mendaur ulang furniture lama. Gaya interior ini bisa memberikan ruang kreatif untuk si pemilik rumah agar bisa mengeksplorasi tiap furniturenya.

Dan bagi sobat sarae yang sudah lebih dulu memilih konsep dasar desain industrial pada ruangan, kamu masih bisa loh menggabungkan kedua konsep ini. Apalagi industrial dan rustic memiliki beberapa kesamaan dalam pemilihan furniturenya.

Kesan dengan Gaya Modern? Tampilkan Kesan Etnik plus Oriental

Untuk menyulap sebuah ruangan agar semakin bergaya rustic, kamu bisa coba mengaplikasikan karpet dengan tema oriental. Tambahkan pula sentuhan dekorasi yang berkonsep etnik. Bahkan memilih perabotan yang berukuran besar juga bisa semakin menegaskan konsep rustic yang diusung pada sebuah ruangan. Tapi tentunya harus diperhatikan juga, untuk desain perabot yang dipilih harus tetap sederhana agar tidak terlalu berlebihan. Sementara untuk warnanya sendiri bisa memilih warna monokromatik

Desain rustic, sarae.id
btnproperti.co.id

Dalam pengaturan dekorasi rustic, kita memang harus super jeli dan teliti, apalagi saat akan memilih dan menempatkan berbagai macam barang untuk kepentingan dekorasi.

Arsitektur yang Terekspos

Kayu yang nampak jelas mendominasi ruangan, batu serta bata merupakan karakter unik yang dimiliki oleh konsep rustic. Desain ini memang menonjolkan kesan mentah. Beberapa orang mungkin akan melihatnya sedikit aneh, namun itulah yang jadi daya tariknya.

Desain rustic, sarae.id
studiodiy.com

So, untuk sobat sarae yang memiliki kondisi ruangan dengan material masih terekspose mungkin kamu bisa coba mengadopsi rustic pada konsep interior ruangannya? Selain bisa menghemat biaya, ruangan pun jadi makin estetik!

Pemilihan Dekorasi Desain Rustic yang Old atau Kontemporer

Ingin memberikan sentuhan dekorasi pada ruangan berkonsep rustic? Kamu bisa coba menyimpan pajangan yang memiliki kesan old atau bisa juga terkesan lebih kontemporer, perpaduan gaya lama dan baru. Adanya pajangan tentu tidak hanya bisa memberikan unsur estetik pada ruangan namun bisa menjadi penyeimbang dekorasi.

Desain rustic, sarae.id
istoriasdecasa.com.br

Dekorasi Objek Organik

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa rustic lebih menonjolkan nuansa alam pedesaan. Oleh sebab itulah, tak ada salahnya bila kamu juga memberikan sentuhan dekorasi dengan objek organic atau yang berasa dari alam. Seperti batu hias, pasir, dan lain-lain.

Mencari Referensi Desain di Internet

Desain rustic, sarae.id
bramblefurniture.com

Sobat sarae, terkadang bila tidak memiliki referensi atau rujukan kita kerap bingung. Apalagi saat ingin mengaplikasikan konsep interior. Untuk itu kita bisa coba memanfaatkan teknologi internet untuk mencari referensi desain rustic. Kamu bisa memilih yang menurutmu cocok dengan kondisi dan besar ruangan di rumah.

Berkonsultasi dengan Ahlinya

Dan tips yang terakhir tentu saja kamu harus berkonsultasi dengan ahlinya. Agar desain interior rustic bisa direalisasikan dengan maksimal tanpa ada masalah, kamu sebaiknya mengkonsultasikan kebutuhan mu pada jasa desain interior yang memang sudah profesional dalam bidangnya. Utarakan apa desain yang kamu inginkan, bila sudah memiliki referensi desain berikan juga pada pihak jasa yang kamu sewa. Dengan begitu, mereka bisa lebih memahami apa yang clientnya inginkan.

Nah sobat sarae, itulah beberapa tips penerapan desain rustic agar bisa menciptakan suasana pedesaan yang nyaman. Bagi kamu yang memiliki kepribadian energik dan senang dengan hal-hal kreatif mengadopsi konsep ini sangatlah direkomendasikan! Kamu tak akan merasa bosan karena keunikan dari desain ini.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis