6 Ide Desain Backsplash Dapur, Mana Pilihanmu?

Backsplash Dapur, sarae.id

Backsplash Dapur – Backsplash merupakan sebuah istilah yang mengacu pada bagian vertikal dari konter dapur. Khususnya di area cabinet bawah dan atas dapur. Nah, fungsinya sendiri tentu saja untuk melindungi dinding dapur agar terhindari dari berbagai macam cipratan noda minyak, air, kotoran, dan lain-lain. Sebab aktivitas memasak sendiri memang beresiko untuk menghasilkan noda cipratan, apalagi di area sekitar kompor.

Ide Desain Backsplash Dapur

Backsplash Dapur, sarae.id

Penerapan backsplash sendiri bukan Cuma untuk melindungi namun bisa memberikan kesan lebih nyaman, terlihat indah bahkan estetik. Kalau sobat sarae bagaimana, apakah dinding dapurnya sudah dilapisi oleh backsplash? Atau masih bingung untuk memilih backsplash yang tepat?

Wajar saja sebagian orang merasa bingung, sebab backsplash memang memiliki beragam model desain dan material. Oleh sebab itulah, kali ini sarae akan merekomendasikan ide motif backsplash dapur yang eye catching dan bisa melindungi dapur. Berikut adalah ulasannya, simak yuk!

1. Keramik Dinding Dapur untuk Dapur Minimalis

Konsep dapur minimalis memang banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Mereka yang memiliki konsep dapur seperti ini pun cenderung memiliki kepribadian yang sederhana dan tenang. Oleh sebab itulah suasana dapur biasanya akan didominasi oleh warna-warna netral seperti putih atau cream.

Backsplash Dapur, sarae.id

Ide motif backsplash dapur minimalis sangat dianjurkan menggunakan material keramik berwarna putih. Baik berbentuk heksagonal atau persegi panjang seperti tumpukan batu bata. Mengapa harus putih? Agar bisa menyelaraskan dengan konsep dasar dapur. Rasa nyaman pun akan semakin tercipta hanya melalui ruang dapur saja.

2 Dapur Gaya Jadul, Motif Backsplash Unik

Selera tiap orang terhadap suatu desain memang berbeda-beda. Ada yang menyukai kesederhanaan, ada pula yang menyukai sesuatu hal yang ramai dan berbau lomo alias jadul. Bukan hanya kafe saja yang dapat diberikan sentuhan dekorasi jaman dulu yang unik. Namun kamu juga bisa menerapkannya pada backsplash dapur agar terlihat lebih bergaya dan memiliki keunikan tersendiri.

Backsplash Dapur, sarae.id
interiordesign.id

Pilihlah backsplash yang bermotif ramai seperti keramik dinding dapur motif bunga atau keramik dinding dapur motif kotak yang memberikan kesan lomo. Aplikasikan juga backsplash hanya pada bagian dinding dapur. Misalnya di belakang oven utama serta di sekeliling batas bawah dinding cabinet atas.

3. Backsplash Marmer untuk Gaya Dapur yang Lebih Modern

Material batu alam marmer memang bisa memberikan kesan modern dan lebih mewah. Apalagi bila diaplikasikan pada top table serta pelapis dinding dapur. So, buat sobat sarae yang memang suka dengan nuansa mewah, kenapa nggak coba pilih material marmer saja?

Backsplash Dapur, sarae.id
theultralinx.com

Selain terlihat lebih berkelas, marmer juga memiliki kekuatan yang terjamin sehingga bisa tahan lama. Hanya saja sedikit kekurangan dari marmer adalah bagian pori-porinya yang agak lebih besar. Sehingga bila ada cipratan noda harus segera dibersihkan, kalau tidak akan cepat menyerap ke dalam marmernya.

4. Backsplash Full Cermin, Memberikan Kesan Lebih Luas

Backsplash Dapur, sarae.id
escapeglass.co.nz

Ruangan dapur mu berukuran kecil? Namun ingin membuatnya terkesan lebih luas? Salah satu caranya bisa dengan mengakali bagian backsplash, cobalah menerapkan full cermin pada seluruh bagian dinding antara kabinet atas dan bawah. Dengan begitu kesan lapang dan luas akan semakin terasa.

5. Dapur Tema Industrial, Black Subway Backsplash

Industrial desain, banyak dipilih oleh orang-orang yang memiliki kepribadian energik, kreatif dan menyukai eksplorasi. Bila kamu suka dengan gaya tersebut, kamu bisa coba memiliki black subway backsplash. Bentuk persegi dengan warnanya yang hitam memberikan kesan ‘’Industrial banget’’ pada sebuah dapur.

Backsplash Dapur, sarae.id
backsplash.com

Apalagi bila dipadukan dengan cabinet yang bermotif woodgrain agak gelap atau terang. Dapur akan semakin hidup dan lebih unik. Agar bisa menguatkan konsep industrialnya, berikan sentuhan dekoratif yang sesuai. Misal pada bagian lampu, memilih lampu berkarakter dengan warna lebih hangat sangat dianjurkan, tampilkan juga elemen besi pada beberapa furniture yang ada di area dapur.

6. Konsep Dapur American Style, Lapisan Dinding Heksagonal dengan Warna Lebih Pekat

Classic style atau yang terinspirasi dari gaya dapur orang Amerika juga sangat disukai oleh sebagian orang Indonesia. Kesan mewah dan lebih bergaya menjadikan dapur sangat unik dan nyaman. Konsep dapur ini bisa terlihat dari detail furniture yang dibuat, seperti bagian handlenya atau lekukan yang dibuat pada sebuah furniture.

Backsplash Dapur, sarae.id
fireclaytile.com

Untuk bagian backsplash, kamu bisa coba memilih keramik dengan warna yang menyala atau lebih pekat. Polanya sendiri bisa menggunakan yang heksagonal agak besar. Sebab konsep American style memang cenderung memilih elemen berukuran besar.

Oke sobat sarae, itulah 6 ide desain backsplash dapur yang bisa menjadi inspirasimu saat hendak memasang pelapis dinding pada dapur. Untuk menjaga kebersihan dan tingkat keawetan pada backsplash yang terpasang, jangan lupa melakukan perawatan secara rutin ya. Bersihkan menggunakan kain lap lembut setiap hari, apalagi saat terkena noda. Dengan begitu dapur akan selalu bersih dan nyaman!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis