6 Tips Menerapkan Interior Modern Design yang Sedang Hits!

interior modern design, sarae.id

Interior Modern Design – Sobat sarae, sebuah ruangan yang bernuansa sederhana dan simple tidak melulu identic dengan konsep interior minimalis loh. Sebab faktanya nuansa tersebut juga bisa diterapkan pada interior modern design atau dikenal juga dengan istilah interior kontemporer. Ya, biarpun kebanyakan orang saat melihatnya selalu terbesit pada gaya minimalis namun tetap memiliki perbedaan. Dimana desain interior modern akan cenderung memiliki ciri yang lebih fleksibel khususnya dalam mendobrak aturan-aturan yang ada pada desain konvensional.

Mengenal Lebih Dekat Interior Modern Design dan Tips Penerapannya

interior modern design, sarae.id
homedeco.nl

Interior modern merupakan sebuah konsep ruangan yang dinilai kekinian. Karakteristiknya terlihat dari ruangan tak tak terlalu banyak memberikan sentuhan dekorasi guna menghias sebuah ruangan sehingga terlihat rapi sekaligus bersih. Di samping itu, konsep interior ini juga cenderung memilih penggunaan material alami yang dipadukan dengan material metal. Ruang terbuka dengan jendela besar serta warna netral seperti hitam, coklat dan putih pun menjadi ciri karakteristik lain dari gaya interior modern.

Nah sobat sarae, bila kamu bermaksud untuk mengadopsi Interior Modern Design pada hunianmu, berikut ini beberapa tips yang bisa membantumu dalam penataan ruangan agar lebih mudah.

1. Perabotan Interior Modern Design Lebih Menyesuaikan dengan Trend Kekinian

Tips pertama adalah dalam penentuan perabot atau furniture untuk konsep interior design modern. Bagaimanapun furniture merupakan kebutuhan sekunder untuk sebuah hunian, betul tidak? Nah, agar bisa menyesuaikan dengan konsep dasar, sebaiknya kamu memilih furniture yang bergaya lebih kekinian. Biasanya furniture modern memiliki pintu yang transparan dan memperlihatkan isi dalam sebuah cabinet. Warna-warna yang diterapkan pun Nampak memberikan kesan luxury biarpun bentuknya minimalis atau tanpa detail yang rumit.

Nilai fungsional pun menjadi keutamaan dalam pembuatan furniture modern. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan si pemilik rumah dalam hal penyimpanan barang. Kebanyakan orang biasanya akan memilih untuk custom perabotan pada jasa interior furniture professional dibandingkan membelinya secara langsung. Alasannya tentu saja agar mendapatkan furniture sesuai yang diinginkan baik dari segi tampilan maupun kegunaan.

2. Meminimalisir Penggunaan Sekat Ruangan

interior modern design, sarae.id
dwell.com

Desain modern pun cenderung menerapkan konsep open space alias ruangan yang minim sekat. Kalau pun menggunakan partisi atau sekat biasanya akan memilih yang transparan. Sehingga ruangan-ruangan dalam rumah akan saling terhubung tanpa menggunakan tembok permanen. Biarpun cukup terbuka dan sedikitnya area privasi (kecuali kamar), namun konsep open space bisa memberikan kesan yang lebih luas pada sebuah ruangan.

3. Menggunakan Elemen yang Berbentuk Geometris

Gaya interior modern design pun tak akan selalu membuat interior ruangan menjadi terasa kaku. Kamu bisa coba menambahkan elemen geometris pada ruangan di rumahmu. Seperti meja yang berbentuk bunda sehingga interior rumah pun jadi memiliki nuansa yang dinamis. Nah, bila sobat sarae mampu memadukan sentuhan geometris dengan tepat maka bukan tidak mungkin gaya interior modern terlihat lebih unik. Di samping itu, elemen geometris juga bisa diterapkan pada gaya desain American classic.

 4. Interior Modern Design Lebih Memilih Palet Warna Netral yang Minimalis

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kalau warna yang lebih dipilih oleh konsep modern adalah warna-warna yang netral dan memiliki kesan minimalis seperti coklat muda, putih, abu-abu, krem, serta warna-warna lainnya. Namun tak menutup kemungkinan kamu juga bisa sekali memilih warna yang lebih tegas dan pekat seperti hitam, kuning atau biru. Asalkan tepat dalam memadu padankan dengan konsep dasar saja. Atau bisa juga warna tegas tersebut dijadikan sebagai warna akses saja, bukan menjadi yang dominan.

5. Dominan dengan Material Alami

interior modern design, sarae.id
henordroom.com

Nah dalam urusan pemilih material furniture atau interior secara keseluruhan pun penting kamu perhatikan ya sobat sarae. Agar tak menghilangkan kesan interior modern design, pilihlah material alami seperti kayu asli atau batu alam. Elemen metal pun bisa diterapkan agar bisa memberikan kesan lebih mewah. Harga dari material-material alami pastinya akan lebih mahal, namun sebagai alternative sobat sarae bisa coba meminta saran pada jasa interior terpecaya untuk memilihkan material yang lebih ekonomis dan bisa diterapkan pada interior modern design.

6. Dekorasi yang Tak Berlebihan

Tampilan pada desain interior modern pun lebih mengedepankan soal efisiensi sehingga hanya ada sedikit, bahkan beberapa orang malah tak menambahkan unsur dekorasi. Sebab konsep perabotan yang modern bisa menjadi tambahan elemen dekorasi secara alami. Namun tenang saja, bagi kamu yang ingin menggantungkan lukisan atau menyimpan tanaman hias dalam ruangan masih bisa sekali kok. Asalkan tetap terarah ya!

Sobat sarae, berkat tren minimalis yang semakin berkembang di kalangan masyarakat Indonesia sehingga membuat interior modern design bisa diaplikasikan dengan sederhana, fungsional namun tetap estetik. Fokusnya pun pada denah lantai terbuka jadi bisa diadopsi oleh banyak kalangan. Di atas, sudah dipaparkan beberapa tips yang akan sangat membantumu dalam penerapan konsep tersebut.  Kamu sudah tau kan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam penataan ruangan dengan gaya interior lebih modern? Yuk langsung eksekusi makeover ruanganmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis