6 Tips Menata Ruangan dengan Interior yang Low Budget!

menata ruangan, sarae.id

Menata Ruangan – Sobat sarae, hunian seperti apa sih yang kamu inginkan? Setidaknya gambaran secara umum pasti ingin yang terasa nyaman, eye cathing, estetik dan bisa memberikan fungsi sesuai kebutuhan, benar tidak? Kamu bisa sekali menghadirkan beberapa hal tersebut dalam ruangan di rumahmu, asalkan penataan interiornya tepat dan benar.

Tapi, bagaimana ya bila kita sudah merencanakan budget untuk menata interior rumah? Apakah bisa menata sesuai budget dan tidak over budget? Tentu saja bisa banget dong! Karena pada dasarnya menata sebuah ruangan apalagi dari awal tidak bisa sembarangan. Kamu harus bisa menyesuaikan dengan rencana yang sudah dibuat.

Menata Interior Ruangan Low Budget

Nah, sobat sarae berikut ini adalah tips untuk menata ruangan dengan interior yang low budget dan pastinya akan sangat membantu sekali.

1. Berkonsultasi dengan Jasa Interior Profesional

Tips pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah berkonsultasi dengan jasa interior profesional. Sebab bila kamu melakukan perencanaan sendiri, mungkin ada beberapa hal yang kamu lewatkan dan tidak detail. Oleh sebab itulah jasa interior bisa sangat membantumu. Mulai dari pemilihan konsep, rancangan desainnya, dan lain-lain. Pilihlah jasa interior yang berada satu daerah denganmu agar bisa memudahkan dalam proses konsultasi secara langsung.

2. Melakukan Perencanaan Budget Sesuai

Selanjutnya kamu bisa melakukan perencanaan budget secara detail. Sederhananya, kamu bisa menentukan budget maksimal yang bisa dikeluarkan untuk dana interior ruangan. Setelah itu, mintalah bantuan dari jasa interior untuk mengatur budget tersebut agar bisa memenuhi keinginanmu dalam proses penataan interior kedepannya.

Lalu, berapa sih maksimal budget untuk menata interior? Tidak ada Batasan maksimal, semuanya akan tergantung pada konsep dan material yang dipilih. Semakin berkualitas tentu saja bisa semakin mahal. Namun bukan tidak mungkin interior low budget pun bisa berkualitas.

3. Menentukan Konsep Desain Interior Ruangan

Sobat sarae, apakah kamu sudah memiliki konsep desain interior yang ingin diterapkan pada ruangan itu? Apakah minimalist, Scandinavian, industrial atau yang lainnya? Bila memang sudah memiliki referensi desain maka setidaknya kamu bisa mengetahui elemen apa saja sih yang perlu dihadirkan dalam ruangan.

Misal, untuk konsep interior minimalis. Sebuah gaya desain interior yang lebih mengutamakan kesederhanaan, cocok sekali untuk kamu yang memang memiliki ruangan terbatas dan budget terbatas. Atau desain industrial yang menghadirkan sisi kreatifitas dari barang-barang daur ulang, dan tentunya ini bisa sangat memangkas budget interior mu.

4. Menghadirkan Furniture Multifungsi dalam Menata Ruangan

Dibandingkan harus membuat banyak furniture, akan sangat disarankan untuk membuat furniture yang multifungsi. Artinya tidak hanya bisa berfungsi untuk satu kebutuhan saja, namun bisa bekerja secara maksimal memenuhi berbagai kebutuhan. Ini tentunya akan sangat bisa menghemat pembiayaan secara keseluruhan.

Misal, saat ingin menaruh meja di ruang tamu. Daripada menaruh meja biasa yang hanya bisa difungsikan untuk menyimpan sajian saja, kamu bisa membuat meja yang bagian bawahnya terdapat storage penyimpanan seperti laci. Fungsinya jadi semakin maksimal sekali kan?

5. Tidak Terlalu Berlebihan dalam Mendekorasi Ruangan

Ingin membuat tampilan ruangan jadi semakin indah dan eye catching memang salah satu tipsnya adalah dengan menghadirkan elemen dekorasi. Namun pastikan kalau dekorasi tidak berlebihan, selain akan berpengaruh pada budget, itu juga akan berpengaruh pada tampilan secara keseluruhan. Kalau terlalu ramai tentu malah jadi akan terasa sumpek, benar tidak? Sentuhan dekorasi bisa kamu terapkan pada lampu, elemen kain, lukisan dinding, atau warna cat ruangan.

6. Memilih Material Sesuai Budget namun Berkualitas untuk Menata Ruangan

Ada banyak material yang bisa digunakan untuk membuat berbagai perabotan interior. Harganya beragam dan kualitasnya pun berbeda-beda. Kamu bisa meminta saran pada jasa interior desain professional mengenai material yang memang low budget namun berkualitas. Salah satunya adalah material multipleks yang ketahanannya bisa mencapai 15 tahun, tergantung perawatan. Sebetulnya sih semua material bisa saja tahan lama dan awet, asalkan kita bisa melakukan perawatan sesuai dengan karakter material tersebut.

Oke sobat sarae, itulah cara menata ruangan dengan interior yang low budget. Sebetulnya sih tidak sulit, asalkan kamu bisa mengikuti beberapa cara di atas. Paling utamanya adalah berkonsultasi pada jasa desainer interior profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis