Tips Memilih Furniture untuk Interior Rumah

Tips Memilih Furniture, sarae.id

Sobat Saraé, tanpa adanya furniture, rumah akan kelihatan seperti ruang kosong, sepi, dan tidak akan terlihat indah. Tapi bukan berarti kehadiran furniture akan otomatis membuat rumahmu indah. Karenanya, kamu perlu mengetahui tips memilih furniture untuk interior rumah agar terlihat menjadi lebih indah dan fungsional. Simak penjelasannya di bawah!

A. Langkah Memilih Furniture yang Baik

Penempatan furniture untuk interior rumah memerlukan perhatian lebih agar selaras dengan konsep ruangan. Tapi jangan khawatir merasa kesulitan, SARAE akan memberi tahu kamu langkah-langkah memilih furniture yang baik.

1. Memilih Furniture Sesuai Ukuran

Idealnya, kamu perlu mengukur kondisi ruangan terlebih dahulu dan menganalisis konsep rumah yang kamu miliki. Misalnya, jika konsep rumahmu minimalis, maka pilih lah furniture yang berukuran kecil sampai sedang.

Jika kamu memaksa memilih furniture dengan ukuran yang besar, ruangan kamu akan tidak nyaman dan terasa sempit. Furniture yang terlalu besar juga tidak akan membuat ruangan terlihat estetik. Apalagi jika akhirnya furniture tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu, furniture yang besar juga bisa membuat pengeluaranmu membengkak.

2. Memilih Furniture Berdasarkan Warna

Tips memilih furniture untuk interior rumah selanjutnya adalah pemilihan warna furniture. Kamu harus bisa memilih warna yang senada antara furniture dengan warna cat rumah kamu.  Lebih baiknya lagi jika kamu menyesuaikan warna yang dominan dengan rumah kamu dan tidak menerapkan warna yang memiliki kontras rendah.

3. Memilih Furniture Berdasarkan Fungsi dan Ruang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu harus memilih furniture yang sesuai dengan fungsi ruang yang ada di rumah kamu. Misalnya untuk ruang makan, lebih baik kamu memilih sofa, meja, dan peralatan lainnya yang nyaman dan memiliki daya seni tinggi sehingga akan membuat keluarga merasa nyaman.

Selain itu, pilih bahan furniture yang anti noda minuman ataupun makanan kerena ruang makan rawan kotor. Kamu juga bisa memilih tempat penyimpanan yang menimbulkan kesan estetik.

4. Memilih Desain Furniture

Tentu saja furniture perlu menyesuikan dengan desain rumah agar nyaman dipandang. Sebaiknya kamu memilih furniture yang memiliki umur panjang dari segi bahan dan juga tren sehingga anggaran lebih hemat dan ruangan menjadi timeless.

5. Pemilihan Bahan yang Kuat dan Berkualitas

Salah satu hal utama yang kamu perlu perhatikan dari furniture adalah bahan. Pilih furniture dengan bahan dan teknik pernish yang berkualitas, kemudahan perawatan, kualitas warna yang baik, dan ketahanan terhadap debu ataupun kotoran.

Misalnya jika kamu ingin membuat coffee table dan meja rias, kayu Jepara adalah bahan yang tepat. Kayu Jepara memiliki bahan yang kokoh dan menimbulkan kesan alami sehingga ruangan menjadi terlihat natural.

6. Pemilihan Furniture dengan Bentuk Geometri

Cara ini adalah pemilihan ornamen yang mudah. Furniture dengan bentuk geometri yang disusun sederhana dapat memberikan kesan ruangan yang luas dan bersih. Sesuaikan juga dengan furniture yang ada sehingga bentuk geometri dapat berpadu.

Tips Memilih Furniture, sarae.id
Furniture Ruang TV

B. Tips Memilih Furniture dengan Anggaran yang Ringan

Selain pemilihan desain, fungsi, ataupun bahan, salah satu hal utama yang juga perlu diperhatikan adalah menyesuaikan anggaran. Berikut tips memilih furniture dengan anggaran yang ringan.

1. Pilih Furniture Hemat Energi

Beberapa furniture memerlukan biaya berlebih karena energi yang dikeluarkan. Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan anggaran pengeluaran energi furnitur. Pastikan furniture yang kamu pilih hemat energi.

2. Pilih Furniture Satu Set

Furniture satu set lebih direkomendasikan karena lebih hemat dan fungsional. Selain itu, pada umumnya penjual akan memberikan potongan harga jika kamu membeli furniture sekaligus.

3. Lebih Teliti

Supaya tidak ada anggaran yang terbuang dengan percuma, sebaiknya kamu lebih teliti sebelum memilih furniture. Pastikan kamu melakukan pengecekan secara keseluruhan.

Lebih baiknya lagi, pastikan apabila furniture memiliki garansi atau tidak. Sebaiknya kamu memilih perusahaan yang memberi garansi, seperti SARAE yang memberikan garansi selama 2 tahun.

4. Menabung

Jika kamu ingin memiliki furniture impian namun masih terkendala karena biaya, kamu bisa coba menabung untuk membeli furniture di kemudian hari.

SARAE Interior menawarkan program menabung untuk kamu. Tanpa bunga dan proses yang mudah, kamu bisa mulai memiliki furniture impian. Keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah harga furniture yang akan tetap meskipun di kemudian hari ada kenaikan.

Itu dia tips memilih furniture untuk interior rumah yang aesthetic dan indah. Tentunya hal yang paling utama adalah kamu harus menyesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Semoga tips ini bisa membantu kamu memiliki furniture impian dan rumah yang indah, Sobat Saraé!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis