Konsep Penataan Ruangan agar Terlihat Luas dan Nyaman

penataan ruangan, sarae.id

Hallo Sobat Saraè, tidak selamanya semua orang mempunyai rumah luas dan besar. Jika kamu termasuk yang mempunyai rumah tidak terlalu luas, tenang saja di bawah ini akan di bahas tentang konsep penataan ruangan agar terlihat luas dan nyaman.

Ruangan pertama yang akan kamu lihat setelah masuk dari pintu utama adalah ruangan tamu. Ruang tamu merupakan hal penting yang harus ada di rumah. Dengan keterbatasan luas ruanga yang kamu miliki, akan membuat ruangan kamu terlihat sumpek dan sempit.

Sehingga kamu dituntut atau memiliki tugas mengkonsep ruangan tamu menjadi estetik, luas dan nyaman dipandang. Shal yang pertama di bahas di bawah ini mengenai konsep menata ruang tamu agar terlihat luas dan nyaman.

A. Tips Membuat Konsep Penataan Ruangan

Untuk menjawab permasalahan terkait rumah yang memiliki luas yang kecil, di bawah ini akan ada 10 tips untuk kamu agar bisa memaksimalkan rumah yang sempit terlihat nyaman dan luas dengan penataan ruangan.

1.      Dinding yang Memiliki Warna Cerah

penataan ruangan, sarae.id

Penggunaan cat yang cerah pada dinding untuk menjadikan ruangan terlihat luas merupakan cara klasik yang efektif. Para desain interior dan arsitektur memiliki rekomendasi buat kam yang memiliki ruangan kecil untuk menggunakan cat putih atau cerah lainnya.

Hal itu bisa membuat ruangan kamu terlihat lebih luas dibandngkan dengan pemakaian cat dengan warna yang lainnya.

2.      Tidak Boleh Menyimpan Furniture Mepet ke Dinding

Melakukan penggeseran furniture ke dinding rumah sudah menjadi kebiasaaan banyak orang. Orang-orang menganggpanya agar ruangan terlihat lebih luas, namun itu tidak seluruhnya meiliki nilai kebenaran.

Alternatifnya jika kamu mempunyai sofa yang berukuran kecil, pindahkan sedikit sofa yang kamu miliki dari dinding. Berikan sedikit celah untuk bernafas. Sehingga cahaya yang datang, akan hadir dari banyangan sofa.

3.      Penggunaan Karpet Motif Pola

Konsep penataan ruangan agar terlihat luas dan nyaman selanjutnya adalah pemasangan karpet yang memiliki motif pola. Bagusnya, kamu memiliki atau membeli karpet dengan pola motif kecil yang berulang.

Motif tersebut akan menimbulkan kesan yang terlihat luas terhadap ruangan. Simpanlah karpet tersebut di bawah sofa atau meja yang ada. Dan kamu ulangi hal tersebut dengan pada furniture yang ada di ruangan yang lain.

4.      Peletakan Jendela dan Tirai Besar

penataan ruangan, sarae.id
pinterest

Cahaya akan lebih masuk dengan mudah karena jendela yang besar. Pencahayaan matahari yang masuk akan menimbulkan kesan ruangan terlihat hidup dan luas.  Adanya gorden dan tirai yang tinggi dan besar, langit-langit atau atap-atap akan terlihat tinggi sehingga rumah kamu bisa nampak luas secara vertikal.

5.      Menghilangkan Pintu dalam Rumah

Yang disebutkan pada poin di ini bukanlah menghilangkan pintu utama yang menghubungkan interior dan eksterior rumah kamu. Tetapi yang dimaaksud adalah pintu yang menghubungkan satu ruanga dengan ruangan yang lain.

Jika ruangan tamu dan keluarga memiliki pembatas dengan pintu, kamu bisa mencopot dan menggantinya dengan sekat ruangan. Dalam sekat ruangan tersebut kamu bisa menyimpat aksesoris dan menghias sekat yang banyak di jual di pasaran.

6.      Hias Plaffon Menggunakan Wall Art atau Stiker

Dengan melakukan pengindahan atau penghiasan palffon, mata orang yang masuk ke ruangan akan tertuju secara otomatis ke arah tersebut.  Selain itu ruangan tersebut akan menhadirkan ilusi ruangan tinggi dengan kevertikalannya.

Hal di atas akan membuat rumah kecil yang kamu miliki terlihat lebih luas. Penataan tersebut perlu dilakukan oleh kamu. Sebab hal ini bisa membuat ruangan tidak akan membuatmu sesak.

Dengan demikian, bagi kamu yang akan menerapkan cara yang keenam pintar-pintarlah dalam memilih warna atau dekorasi yang akan kamu beli.

7.      Lantai dengan Pola Strip

penataan ruangan, sarae.id
pinterest

Seperti halnya pakaian yang memiliki pola vertikal akan nampak tinggi, dan pakaian dengan pola horizontal akan nampak lebar. Hal tersebut bisa kamu terapkan dalam mendekor rumah agar terlihat tinggi, luas, dan nyaman.

Jika ruangan kamu tinggi, cobalah untuk menerapkan cat lantai atau karpet yang memiliki pola vertikal agar menampakan kesan yang lebih panjang pada rumah kamu, Begitupun sebalikanya

B. Trik Penataan Ruangan Tamu agar Terlihat Luas dan Nyaman

1.      Simpan Barang yang Kamu Anggap Tidak penting

Penyortiran barang yang kamu angggap tidak perlu atau tidak penting adalah salah satu cara untuk membuat ruangan kamu tidak terlihat sempit. Kamu jangan sampai salah menunda barang, pilihlah barang  sesuai fungsi yang menurut kamu dianggap kurang penting.

Di ruangan tamu, kau bisa menyimpan buku atau beberapa majalah sebagai pendorong agar membuat ruangan tamu kamu menjadi lebih hidup dan terlihat indah. Selain itu, berkas, buku, atau majalah yang sudah kusam dan tidak terawat bisa kamu simpan di tempat penyimpanan yang lain.

Kalau misalnya di ruang tamu tersebut terdapat barang yang dikira tidak layak pakai untuk hari yang akan datang, kamu bisa mendaur ulang barang tersebut atau menjualnya.

2.      Pemasangan Cermin Di Area Strategis

Konsep penataan ruangan agar terlihat luas dan nyaman di ruang tamu yang kedua adalah dengan memasang cermin di area yang strategis. Konsep menempelkan cermin di ruangan tamu sudah banyak orang yang mengaplikasikannya.

Terlebih oleh seorang desainer interior untuk membuat ruangan menjadi luas da nyaman. Bagusnya, kamu melakukan pemasangan cermin di ruang tamu dan meletakannya berlawanan dengan sofa yang ada.

Kemudian kamu memasang cermin tersebut dekat dengan jendela ruang tamu. Hal tersebut akan menghasilkan cahaya dari luar melalui cermin tersebut.

3.      Pemanfaatan Wilayah Dinding Ruang Tamu

Ketika rumah kamu sudah diisi dengan banyak furniture dengan menghabiskan banyak tempat, kamu bisa melakukan optimalisasi dinding yang ada untuk disimpan beberapa barang yang kamu miliki.

Kamu bisa menerapkan rak layang untuk melakukan pemindahan penyimpanan barang yang sebelumnya barang tersebut berada di atas meja. Dengan demikian, kamu bisa menata ulang furniture dengan keadaan yang baru.

4.      Memasang Meja Kecil

Agar terlihat lebih indah, idealnya kamu harus memasang meja kecil. Meja yang berukuran kecil akan memudahkan kamu memindahkannya dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Meja kecil tidak memakan banyak tempat  di ruang tamu sehingga kamu bisa memanfaatkan wilayah lainnya  unruk barang dan akses jalan. Selai itu, kamu harus bisa menyesuaikan dengan itensitas kedatangan tamu dan aktivitas yang sering kamu lakukan.

5.      Penyimpanan Lemari Kecil atau Sofa

Kalau misalnya barang-barang kamu tidak bisa dipindahkan dari ruangan tamu, sofa atau lemari kecil dapat menjadi solusi yang pas untuk kamu. Akahir-akhir ini bisa kamu dapatkan sofa yang di bawahnya terdapat kursi yang bisa kamu geser, kemudian kamu bisa menunda barang dengan gampang.

Bagi kamu yang ingin mewujudkan impian untuk mempunyai rumah yang memiliki kesan yang luas atau kamu bisa konsultasi langsung mengenai konsep penataan ruangan dengan konsultan yang profesional hanya di SARAE Interior design. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis