Kesalahan Memilih Furniture yang Harus Dihindari!

Eksalahan Memilih Furniture

Kesalahan memilih furniture dialami banyak orang. Padahal, agar interior terlihat estetik bukan hanya ditentukan oleh desainnya saja, namun juga ketepatan pemilihan furniture itu sendiri.Hal itu mengakibatkan kamu dan penghuni rumah tidak betah dengan kondisi rumah yang sudah kamu isi oleh furniture yang tidak tepat.

Itulah sebabnya kamu harus cermat untuk menghindari kesalahan tersebut dengan mencari tahu informasi tentang tips memilih furniture untuk interior rumah. Berikut kesalahan yang berpotensi terjadi ketika memilih furniture.

1. Furniture yang Tidak Aman untuk Anak Kecil

Pada saat memilih furniture, kamu bukan hanya mempertimbangkan desain interior rumah, tetapi kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhan orang rumah. Jika kamu memiliki anak, pilihlah furniture yang memiliki jaminan aman untuk anak.

Mudah pecah dan tajam merupakan contoh furniture yang kurang aman. Selain itu, furniture yang ramah terhadap anak kecil juga perlu tahan lama.

2. Kesalahan Memilih Furniture yang Susah Dirawat

Saat kamu memilih furniture, jangan lupa untuk memastikan bahwa pilihan kamu tidak susah untuk dirawat. Jika kamu tidak mempertimbangkan hal tersebut, kamu perlu tenaga ekstra atau furniture akan menjadi rusak dan kusam.

Contohnya, furniture dengan bahan kayu adalah pilihan yang pas karena perawatannya tidak memerlukan biaya yang mahal dan praktis.

Tapi tenang saja, sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan jasa perawatan furniture. Contohnya adalah Promo Maintenance Sarae yang akan membantu kamu merawat furniture, bahkan mengembalikan furniture yang kondisinya buruk menjadi lebih baik.

3. Pemilihan Furniture Tanpa Menyesuaikan Model

Selanjutya adalah furniture yang tidak menyesuaikan dengan model furniture lama. Dampaknya adalah desain interior rumah akan terlihat berantakan dan sumpek.

Jika kamu sudah melakukan kesalahan seperti itu, kamu bisa melakukan kolaborasi furniture. Namun tentu saja kamu perlu menyesuaikan dengan desain dan ukuran yang sudah ada sebelumnya. Maka dari itu penting untuk melakukan konsultasi dengan konsultan profesional.

4. Kesalahan Memlih Furniture Tanpa Fungsi

Furniture memang memiliki daya pikat tersendiri bagi orang yang senang mempercantik interior rumah. Apalagi jika ada barang yang sedang diskon, pembelian besar-besaran pun akan dilakukan. Hal ini sering membuat orang menjadi kalap dan melakukan kesalahan.

Dampaknya, furniture yang kamu beli akan menumpuk pada gudang atau ruangan yang tidak terpakai sebab ukuran rumah tidak memenuhi kapasitas. Untuk menghindari kesalahan tersebut, sebelum kamu membeli furniture, kamu perlu mencatan kebutuhan yang ada dalam rumah terlebih dahulu.

5. Pemilihan Furniture dengan Fungsi yang Minim

Lebih baik kamu memilih furniture yang memiliki fungsi banyak atau multifungsi apalagi ketika rumah yang kamu huni berukuran kecil.

Contohnya pembelian meja makan yang memiliki ukuran besar dan disimpan di ruangan makan yang kecil sehingga kamu menjadi susah untuk melakukan aktivitas yang lain. Solusinya bagi kamu adalah untuk memilih meja makan yang multifungsi, hemat ruangan, dan praktis dengan meja yang bisa dilipat.

6. Penentuan Ukuran Furniture dengan Keliru

Dalam pembelian furniture disarankan bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu ukuran rumah. jangan sampai pembelian kamu terlalu kecil ataupun besar sehingga membuat interior tidak serasi ketika dibuat untuk kelengkapan interior rumah kamu.

Idealnya, kamu harus mencatat terlebih dahulu ukuran rumah kamu dengan tepat dan seksama. Sehingga kamu bisa memilih furniture yang memiliki ukuran yang tepat dan membuat interior rumah kamu terkesan estetik.

7. Pemilihan Furniture yang Tidak Cocok dengan Desain Interior Rumah.

Kesalahn yang sering dilakukan adalah ketika kamu memilih interior dengan selera pribadi saja. Nyatanya, kamu harus mempertimbangkan suasana interior rumah ketika akan membeli furniture.

Contohnya, jika rumah kamu minimalis maka kamu harus membeli furniture dengan desain minimalis juga. Tetapi kalau kamu tetap ingin memadukan desain yang berbeda, maka pastikan desain interior yang ada di rumah kamu tetap indah dilihat dan terasa nyaman.

B. Kesalahan Memilih Furniture Kayu yang Perlu Dihindari

Banyak furniture berbahan dasar kayu, padahal tidak semua kayu memiliki nilai yang berkualitas. Bagi kamu yang akan memilih furniture dengan bahan dasar kayu, penting untuk mengetahui hal ini agar tidak salah!

1. Pemilihan Kayu yang Memiliki Kualitas

Kayu yang memiliki tekstur yang lunak dan keras memiliki nilai yang berbeda. Kamu bisa memastikan kayu itu lunak ketika kamu menggambar garis di area urat kayu. Jika hasilnya ada sedikit cekungan, maka bisa dipastikan kualitas kayu tersebut baik. Apapun nama pohonnya, mahoni, jati solid ataupun yang lainnya, kayu yang cocok dan memiliki kualitas adalah kayu yang memiliki tekstur yag kuat.

2. Kesalahan Memilih Furniture Kayu yang Tua

Kayu yang harus kamu pilih adalah kayu dengan usia yang tua. Adapun ciri-ciri kayu yang sudah berumur tua adalah mempunyai warna gelap dan merata, memiliki serat kayu yang padat dan juga kayu bermuatan lebih berat.

3. Kayu yang tidak Memiliki Lubang

Kayu sering mengalami pelapukan karena dimakan oleh hewan pemakan kayu. Hal itu menyebabkan kayu menjadi rapuh sehingga tidak baik untuk bahan interior. Karenanya, pilih kayu yang tidak memiliki lubang.

4. Kesalahan Memilih Furniture Kayu yang Kering

Terakhir, hal yang menentukan kualitas kayu yaitu kadar air yang terdapat dalam kayu tersebut. Semakin kering kayu maka semakin baik kayu tersebut.

C. Tips Membeli Furniture dengan Konstruksi Kayu

Konstruksi yang digabungkan adalah penentu yang paling utama untuk kualitas furniture. Kontruksi yang memiliki daya tahan kuat akan membuat furniture tidak mudah rusak.

Konstruksi yang dilakukan dengan baik dapat dilihat dari pengeleman yang dilakukan dengan merata. Lalu furniture tersebut dilakukan pemakuan dan dipasang skrup. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak lebih rincinya lewat ulasan di bawah ini:

  • Memiliki sudut yang simetris dan mempunyai sudut sama.
  • Lem memiliki kekuatan yang benar-benar keras dan merata.
  • Konstruksi furniture mempunyai sudut dengan siku-siku yang kuat.
  • Skrup dan dowel yang terpasang pada konstruksi furniture lebih kuat.

Memilih furniture rumah memang terkesan mudah sekaligus sulit. Maka dari itu, Sobat Sarae harus bisa mencermati hal-hal secara detail dari tips memilih furniture untuk interior rumah. Hal-hal di atas bisa menjadi patokan kamu ketika berbelanja. Selamat mencoba, Sobat Sarae!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis