8 Material Countertop, Dapur Jadi Cantik dan Modern!

material countertop, sarae.id

Agar desain dapur ideal, kamu harus mempertimbangkan banyak hal, termasuk soal countertop. Banyak faktor yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih material countertop, misalnya desain kabinet, tata ruang, suhu ruangan, dan perabotan yang digunakan.

Nah, supaya kamu memiliki countertop ideal sehingga kegiatan memasak lebih mudah dan dapur terlihat menarik, berikut 8 pilihan material countertop yang bisa kamu pilih untuk dapurmu!

material countertop, sarae.id

A. Countertop Solid Surface

Bagi kamu yang ingin mempunyai dapur dengan penampilan yang indah dan menarik, countertop solid surface harus menjadi pertimbangan. Warna dan corak yang ringan merupakan ciri khas dari countertop solid suface. Solid surface dibuat  dari bahan campuran resin dan akrilik, sehingga bahan ini tidak kalah bersaing dari bahan marmer.

Jenis ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah berkonsep modern. Hal ini karena solid surface tidak mempunyai banyak pola yang terlihat mencolok dan tampilannya cenderung menenangkan.

Kelebihan solid surface adalah perawatannya yang sederhana. Bahan ini tidak memiliki lubang kecil sehingga bisa dengan mudah untuk dibersihkan, kuat menghadapi tekanan, dan tahan goresan.

Kelebihan lainnya adalah solid surface dapat memberikan kesan bersih dan rapi di dapur, juga memiliki warna dan pola bervariasi. Jadi, kamu bisa memilih desain yang sesuai dengan keinginanmu. Namun, perlu kamu ketahui kalau jenis bahan ini cukup mahal dan tidak tahan panas.

B. Countertop Batuan Alami

Ide lainnya adalah kamu bisa memilih countertop dengan bahan alami, yaitu marmer dan granit. Bahan alami ini memiliki corak dan tekstur yang tegas dan natural. Kesan mewah dan elegan akan nampak pada dapur dengan countertop berbahan ini.

Kelebihan bahan batu alami adalah sifatnya yang tahan panas, kokoh, dan mempunyai ragam corak dan warna yang indah. Namun, harganya cukup mahal sehingga kamu perlu mengeluarkan budget yang besar.

Selain itu, bahan batuan alami memerlukan perawatan yang signifikan. Contohnya adalah dengan melakukan coating secara berulang dalam jangka waktu tertentu agar permukaan countertop tetap licin dan halus.

C. Material Countertop Beton

Jika kamu tidak ingin ketinggalan trend, countertop dengan beton adalah jawabannya! Sekarang ini countertop dengan beton mendominasi interior. Alasannya karena bahan ini memiliki model industrial kekinian. Bahan ini juga mempunyai itensitas kekokohan dan ketahanan yang sangat bagus

Kelebihan dari countertop beton yaitu sifatnya yang tidak mudah tergores, tahan panas, minim perawatan dan tampilan yang fleksibel sehingga kamu bisa memilih warna dan corak yang lebih bervariasi.

Kekurangan dari jenis ini adalah beton yang memiliki tekstur kasar. Sehingga pada akhirnya kamu harus memberi couting agar countertop bertekstur nyaman dan lebih licin.

D. Countertop Keramik

Bagi kamu yang ingin membuat dapur kamu lebih cantik dan tahan lama namun dengan anggaran terbatas, countertop keramik bisa menjadi pilihan yang cocok. Countertop keramik memiliki beragam corak, warna, dan ukuran.

Pilih keramik lantai untuk melapisi countertop, bukan keramik dinding. Keramik dinding mempunyai ketebalan yang tipis dibanding keramik lantai sehingga akan mudah retak.

material countertop, sarae.id

E. Material Countertop Kayu

Bagi kamu yang ingin menghadirkan suasana alami di dapur, kamu bisa menggunakan countertop dengan kayu. Kayu jati merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat countertop. Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman unik saat memasak dan suasana yang lebih hangat, counter top ini sangat menjadi rekomendasi bagi kamu ketika memasak di dapur.

Kelebihan dari countertop kayu adalah ketahanannya terhadap panas. Di sisi lain, countertop dari bahan ini akan menyimpan bekas jika tergores dan tergenang air.

F. Countertop Stainless Steel

Dapur menggunakan countertop dengan bahan stainless steel akan terlihat berkilau,sehingga dapur tampil lebih memukau. Ini yang menjadi alasan banyak tempat makan menggunakan countertop stainless steel.

Bahan stainless memiliki berbagai keunggulan, contohnya kesan mahal, mudah dibersihkan, dan tahan terhadap panas. Namun jenis ini juga memiliki kelemahan, yaitu tidak baik ketika dipakai untuk memotong daging dan sayuran karena dapat menimbulkan bekas kepada countertop.

G. Countertop Soapstone

Jenis ini adalah pilihan yang tepat bagi kamu pecinta rumah estetik. Warna hitam legam dan abu-abu, juga pola tertentu di permukaan membuat permukaan countertop nampak solid.

Meskipun berbahan dasar batu, tekstur permukaan terasa halus. Secara umum tipe ini banyak dipakai dalam rumah rustic dan bohemian untuk memberikan unsur alam.

Kelebihan memakai soapstone adalah ketahanan tinggi terhadap panas dan noda, juga perbaikan yang mudah. Ketika mengalami kerusakan kamu hanya cukup melakukan penghalusan menggunakan hampelas. Namun, untuk perawatan yang optimal diperlukan minyak khusus.

material countertop, sarae.id

H. Material Countertop Marmer

Countertop berbahan marmer menjadi idaman banyak perempuan. Bahan yang kokoh dan kesan mewah menjadi alasannya. Dapur terlihat lebih menarik, sehingga kegiatan memasak lebih terasa ringan dan menyenangkan.

Marmer seringkali disamakan dengan granit, tetapi sebenarnya kedua jenis ini memiliki perbedaan dari proses pembuatan dan tampilan. Bintik menjadi pola khas yang dimiliki oleh granit, sementara marmer mempunyai ciri khusus memanjang dalam pola dan lebih sedikit bintiknya.

Keunggulan dari marmer adalah tahan panas, nampak mewah dan tahan air. Di sisi lain, harga marmer relatif mahal dan pemasangannya sulit. Pemasangan harus dilakukan oleh ahli atau tukang khusus.

Itu dia berbagai macam material untuk countertop dapur kamu. Selain tampilan yang menarik, delapan material countertop ini bersifat kuat dan tahan lama.

Jadi, material mana yang jadi favorit Sobat Sarae? Semoga artikel ini bisa membantumu mewujudkan dapur impian dengan kualitas terbaik!

Jika kamu masih bingung bagaimana menentukan material terbaik untuk countertop dapurmu, Sarae dengan senang hati membantu! Dengan konsultan dan desainer berpengalaman, kamu akan memiliki dapur impian secara mudah. Kunjungi laman utama kami di sini atau hubungi CS kami di sini.

Actualize your dream with Sarae!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *