8 Tips Membasmi Serangga Perusak Furniture

Membasmi Serangga, sarae.id

Membasmi Serangga – Siapa sih yang tidak ingin furniture dalam rumah bisa awet dan tahan lama? Pasti semua orang menginginkannya dong. Namun sayangnya, ada saja beberapa orang yang memiliki masalah kerusakan furniture yang diakibatkan karena serangga! Apakah kamu juga mengalami hal tersebut? Hem, kalau memang terjadi juga pada sobat sarae, sebaiknya jangan didiamkan begitu saja ya! Sebab lama-lama serangga bisa bersarang dan memakan habis furniture.

Tips Membasmi Serangga

Lantas, apakah ada solusi agar furniture interior tidak diserang oleh serangga? Tentu saja ada! Berikut sarae berikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah, yuk simak ulasannya.

1. Mengatur Rumah Agar Bisa Mendapatkan Pencahayaan Alami Maksimal

Maksud dari pencahayaan alami di sini adalah cahaya matahari yang masuk melalui jendela khususnya saat siang hari. Perlu kamu ketahui bahwa serangga sangat menyukai tempat-tempat yang lembab dan juga gelap oleh sebab itulah cara paling mudah untuk mengusir serangga seperti rayap adalah dengan membiarkan matahari masuk. Di samping itu, masuknya cahaya matahari ke dalam rumah juga bisa memberikan keuntungan tersendiri khususnya dari segi penghematan listrik saat siang hari, benar tidak?

2. Menutup Retakan Dinding

Apakah di rumahmu ada retakan dinding? Sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja, segera tutup retakan tersebut agar tidak ada rayap masuk dan merusak furniture di rumah. Kamu bisa menutupnya menggunakan semen putih.

3. Bunuh Rayap dengan Air Garam

Tidak bisa mencegah rayap karena mereka terlanjur masuk ke rumahmu? Maka solusinya tentu saja mengusir mereka. Salah satu caranya bisa memanfaatkan campuran air dan garam, sangat mudah sekali meraciknya. Air garam mampu membuat rayap lemas dan perlahan mati. Cobalah masukan air racikan tersebut ke dalam spray penyemprot, lalu semprotkan bagian furniture yang memang diserang oleh rayap. Mudah banget, coba yuk!

4. Mengusir Rayap dengan Daun Kemangi

Cara lain untuk mengusir rayap perusak furniture adalah dengan menggunakan daun kemangi. Daun yang biasa dipakai untuk lalapan ini ternyata ampuh juga loh untuk membasmi serangga tersebut. Caranya juga mudah sekali, kamu hanya tinggal meletakkan kemangi di dekat furniture kayu yang memang diserang oleh rayap.

5. Hindari Merapatkan Perabot pada Dinding

Saat ingin menata furniture di rumah sebaiknya jangan merapatkannya pada bagian dinding ya. Usahakan untuk memberikan jarak alias tidak terlalu rapat. Faktanya rayap sangat suka sekali dengan furniture kayu, dan bisa muncul serta bersarang melalui retakan tembok. Oleh sebab itulah agar rayap tidak berpindah dari tembok ke furniture, memberikan jarak adalah pilihan paling tepat.

6. Manfaatkan Air Sabun untuk Membunuh Serangga Rayap

Cara membasmi rayap selanjutnya tidaklah sulit, kamu hanya perlu memanfaatkan alat dan bahan yang ada di rumah. Air sabun disinyalir mampu mengganggu system pernapasan serangga rayap oleh sebab itulah kamu sangat direkomendasikan untuk menggunakan cairan tersebut. Hanya tinggal melarutkan sabun dengan air saja lalu semprotkan pada bagian perabot yang terkena rayap.

7. Ada Air Bekas Cuci Beras? Jangan Dibuang! Gunakan untuk Membasmi Serangga

Air bekas cuci beras ternyata memiliki banyak manfaat ya sobat sarae. Selain mampu memberikan nutrisi untuk tanaman serta menghaluskan kulit, air ini juga ternyata bisa digunakan untuk membasmi serangga rayap loh. Hanya tinggal memasukan air bekas mencuci beras ke dalam wadah semprotan lalui semprot deh ke bagian furniture yang terkena rayap, mudah sekali kan?

8.  Merawat Furniture Menggunakan Minyak untuk Membasmi Serangga

Agar mencegah serangga tidak merusak perabot di rumah, kamu juga bisa memanfaatkan minyak. Cara ini sangat mudah, alat dan bahannya pun tidak sulit ditemukan. Gunakan jenis minyak esensial agar tidak merusak kayu. Seperti minyak zaitun,minyak vetiver, minyak cengkeh, minyak jeruk, dan lain-lain. Buatlah larutan minyak zaitun dan cuka putih, lalu oleskan pada furniture untuk mencegah pertumbuhan rayap. Atau bisa juga menggunakan botol semprot untuk disemprotkan secara berkala.

Sobat sarae, pada dasarnya bila kita tidak melakukan perawatan furniture secara berkala maka furniture pun akan terhindar dari kerusakan serangga. Kamu juga harus memperhatikan tata letak furniture apalagi bila ada dinding yang mengalami keretakan. Sebelumnya sudah disampaikan kalau rayap sangat suka dengan retakan tembok.

Oke, itulah 8 tips membasmi serangga perusak furniture yang sangat mudah kamu aplikasikan di rumah. Bahan-bahan untuk membasminya pun bisa kamu temukan di rumah atau di supermarket terdekat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis