Desain Interior untuk Memanfaatkan Sudut Kosong Rumah

desain interior, sarae.id

Desain Interior – Sobat sarae, menata ruangan di dalam rumah agar semakin nyaman tentu menjadi keinginan setiap orang, benar tidak? Mulai dari pemilihan furniture hingga elemen dekorasi harus diperhatikan agar nuansa interiornya bisa memberikan kesan sesuai keinginan.

Nah, sudut ruangan menjadi salah satu area yang sebaiknya tidak kamu lupakan. Kalau bisa bermanfaat, kenapa harus dibiarkan kosong begitu saja?

Desain Interior Sudut Kosong

Yuk tata sudut ruanganmu agar semakin bermanfaat dengan inspirasi desain interior berikut ini!

1. Desain Interior Sudut Bawah Tangga Menjadi Area Bermain Anak

Kamu memiliki anak kecil di rumah? Kalau iya, membuat playground khusus tentu menjadi salah satu space yang dibutuhkan oleh si anak. Bila ruangan di rumah terbatas namun area bawah tangga masih kosong, kenapa tidak menggunakan area tersebut saja?

desain interior, sarae.id

Biarpun lokasinya agak menjorok dengan berada di dekat tangga, namun bila penataan tepat, area ini bisa menjadi tempat paling nyaman untuk si anak. Bila kamu merasa khawatir anak akan naik turun tangga, cobalah membuat pintu pagar di bagian tangga sebelum naik.

Desain ruang bermain anak di ruang kosong sesuai dengan konsep interior secara keseluruhan. Jangan lupa hias dengan berbagai pernak-pernik yang bisa menstimulasi kreativitas dan imajinasi anak.

2. Desain Interior Lemari Bawah Tangga

Masih berhubungan dengan area bawah tangga. Kalau sebelumnya adalah area bermain, cara memanfaatkan area kosong kali ini adalah dengan membuat lemari bawah tangga.

desain interior, sarae.id
clemaroundthecorner.com

Desain di atas bisa menjadi inspirasi mu untuk membuat lemari bawah tangga yang sangat bermanfaat. Bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan sepatu, barang-barang yang terpakai, dan lain-lain. Dengan begini seluruh ruangan di rumah tidak ada yang kosong.

3. Pojok Nyaman Dekat Jendela

Ingin memiliki space khusus untuk menikmati waktu bersantai? Bagaimana kalau kamu membuat pojok nyaman di dekat jendela seperti ini.

desain interior, sarae.id
amzn.to

Hanya tinggal menempatkan kursi panjang dengan desain dan ukuran menyesuaikan kondisi pojok ruangan. Arahnya langsung menghadap keluar, sehingga kamu bisa dengan nyaman menikmati pemandangan luar dengan duduk di kursi. Berbagai aktivitas ‘’me time’’ juga bisa kamu lakukan di sini; membaca buku, minum teh hangat, atau berbincang dengan pasangan.

   4. Desain Interior Space Kerja Minimalis Namun Tetap Nyaman

Bagi sebagian orang, memiliki space kerja di dalam rumah adalah suatu kebutuhan. Apalagi di musim pandemic yang mengharuskan para pekerja melakukan wfh alias work from home. Oleh sebab itulah bila memiliki sudut kosong dengan ukuran yang tak terlalu luas, kamu masih bisa memanfaatkannya sebagai space kerja minimalis namun tetap nyaman seperti ini.

desain interior, sarae.id
hawkinswoodshop.com

Gunakan meja berbentuk siku sehingga kamu memiliki space luas untuk memanfaatkan area permukaan mejanya. Buatlah meja semakin multifungsi dengan adanya cabinet tambahan untuk menyimpan buku, dan lain-lain. Agar tidak membosankan, kamu juga bisa menggantung karya seni berukuran kecil serta menyimpan tanaman hias.

   5. Desain Interior Rak Buku yang Super Estetik

Memiliki banyak koleksi buku atau barang-barang seni yang ingin dipajang? Kamu bisa memanfaatkan sudut kosong ruangan dengan membuat rak seperti berikut.

desain interior, sarae.id
dekorrumah.net

Untuk tampilan bisa menyesuaikan dengan keinginanmu. Apakah ingin rak sudut dengan desain standar atau ingin yang terlihat lebih artsy. Pojok ruangan bisa semakin hidup dan bermanfaat, apalagi bila ada tambahan penerangan, kamu tentu akan semakin nyaman.

Tips Menata Sudut Kosong

Nah, sobat sarae sebelum kamu mulai melakukan penataan pada sudut kosong rumah sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

Pastikan apa yang kamu butuhkan di rumah

Pertama, pastikan apa sih yang kamu butuhkan di rumah? Space penyimpanan tambahan, area kerja, atau apa? Tujuannya agar pemanfaatan sudut kosong di dalam rumah tidak sia-sia, masih bisa memenuhi kebutuhan penghuni rumah.

Memastikan ukuran

Ukuran adalah hal paling penting yang harus kamu pastikan, apalagi posisinya yang berada di sudut ruangan. Kesalahan ukuran akan berpengaruh pada furniture yang akan diletakkan di area tersebut. Seperti lemari bawah tangga, kalau ukurannya tidak pas tentu akan sulit menyesuaikannya lagi.

Sesuaikan dengan konsep interior rumah

Jangan sembarangan memanfaatkan sudut kosong ya. Kamu juga harus memastikan bahwa nantinya furniture di sudut kosong bisa selaras dengan konsep interior rumah secara keseluruhan. Sehingga tidak akan ada dua konsep yang saling bertabrakan satu sama lainnya. Cobalah cari berbagai inspirasi desain interior melalui website seperti sarae.id

 Berkonsultasi pada jasa interior

Konsultasi pada jasa interior profesional menjadi salah satu hal yang sebaiknya kamu lakukan. Apalagi bila kamu ingin menata sudut ruangan sesuai dengan konsep ruangan secara keseluruhan. Carilah jasa yang memang tidak hanya menawarkan jasa konsultasi namun pembuatan furniture sama akhir.

Oke sobat sarae itulah tips desain interior untuk memanfaatkan sudut kosong rumah! Semoga artikel ini bermanfaat ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis