Bagaimana Cara Menerapkan Sistem Smart Home Bagi Pemula?

, sarae.id

Smart Home atau sistem rumah pintar adalah bangunan rumah yang mengintegrasikan teknologi sedemikian rupa bagi kehidupan sehari-hari penghuninya. Sistem ini sudah banyak dilirik dan dikembangkan oleh para pengembang di bidang properti di Indonesia. Sistem smart home memungkinkan kita untuk mengatur dan mengendalikan komponen dirumah seperti air dan listrik dari jarak jauh. Media remote yang digunakan adalah smartphone ataupun device lainnya yang dapat terhubung melalui koneksi internet. Dewasa kini, sistem smart home ditawarkan oleh rumah atau properti baru. Smart home menghubungkan beberapa komponen rumah kedalam satu jaringan besar untuk dapat dikendalikan dengan sebuah smartphone. Smart home dengan sistem ini membutuhkan menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Seiring berjalannya waktu, terdapat alternatif mewujudkan sistem smart phone dengan cara lain selain menghubungkannya kedala satu jaringan (one hub) membangun smart home dari produk-produk pintar yang dapat terkoneksi dengan internet. Kedepannya, anda dapat melakukan ekspansi ke sistem yang lebih advance saat biaya telah terkumpul. Produk-produk ini akan membantu anda merangkai dan menggunakan produk rumah pintar dengan biaya yang lebih terjangkau.

1. Smart Lighting

, sarae.id

Smart Lighting atau menggunakan lampu dengan sistem pintar dimana untuk menyalakan dan mematikan lampu tidak diperlukan kontak langsung. Lampu pintar LED pun sudah mudah didapatkan di supermartket dan tempa lainnya. Salah satu kelebihan menggunakan sistem lampu pintar sama dengan keuntungan memiliki sistem rumah pintar yaitu meningkatkan kontrol terhadap penggunaan cahaya didalam interior rumah. Dapat mengontrol intensitas cahaya, warna cahaya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dari sebuah sistem aplikasi atau remote tanpa kabel. Bahkan dengan menghubungkannya dengan akun google anda, anda dapat mengontrol sistem cahaya lampu dengan sensor suara.
, sarae.id

2. Smart Speaker and Audio System

, sarae.id
Google-Nest-Hub, source: Trustav.ca

Tentunya salah-satu fitur smart home yang disukai adalah speaker atau pengeras suara pintar sebagai salah satu dari sistem audio bagi rumah pintar anda. Speaker bisa dikendalikan langsung ke gadget seperti televisi, laptop ataupun smartphone dan dikendalikan melalui aplikasi. Beberapa model smart speaker yang menjadi primadona di pasaran saat ini adalah Google Nest Hub, Google Nest Mini dan Sonos. Smart speaker dapat digunakan untuk streaming musik melalui wifi dan atau bluetooth, mengontrol TV, membacakan berita, prakiraan cuaca, tanggal dan jam bahkan juga menjadi alarm atau pengingat skejul anda.

3. Security Camera & Alarm

, sarae.id
source: thegadgetflow.com

Dalam sistem rumah pintar, kamera keamanan biasanya diletakkan diluar dan juga didalam rumah. Security camera didalam rumah untuk mengawasi keadaan didalam rumah, misalnya untuk mengawasi anak kecil anda, mengecek keamanan rumah. Kamera diluar biasanya untuk mengawasi keadaan didepan pagar rumah jikalau ada hal-hal yang mencurigakan. Smart Security camera dapat dikontrol dan diawasi dengan menggunakan ponsel pintar, dan jika terjadi sesuatu alarm peringatan akan berbunyi.

4. Smart Smoke & Carbon Monoxide System

, sarae.id
Nest-Smoke-Detector, source: Ideav.it

Selain kamera pengawas dan alarm, salah satu elemen keamanan rumah dalam sistem rumah pinter adalah pendeteksi asap dan karbon monoksida pintar. Beberapa contoh produk smart smoke detector misalnya adalah X-Sense, Nest Lab yang menyertakan lampu sebagai penanda emergency asap, bahkan terdapat model lain yang memiliki fitur menyalakan lampu penunjuk jalan aman keluar didalam rumah apabila terdapat kebakaran atau asap beracun. Semua dapat dikontrol dan diawasi dengan ponsel pintar anda.

5. Smart-Thermostat

, sarae.id
Mysa Smart Thermostat, source: Try-Getmysa.com

Smart Thermostat seperti Mysa Smart dan Ecobee SmartThermostat adalah termostat berbasis Wi-Fi yang memungkinkan penghuni mengontrol pemanas rumah dan sistem AC dengan aplikasi atau menggunakan suara. Uniknya, Termostat ini sendiri dapat membaca suhu sekitar di ruangan mana pun gadget berada dan menyesuaikannya. Jika pemilik rumah ingin menyesuaikan suhu berdasarkan kondisi di ruangan lain, cukup alihkan ke sensor jarak jauh.

7. Kontrol untuk Menyiram Taman

, sarae.id
Wyze Sprinkler Controller, source Wyze.com

Jika anda memiliki taman kecil atau tanaman dalam pot bagaimana pun bentuknya, anda tidak perlu lagi kawatir jika harus pergi berhari-hari dan ataupun lupa menyiram tanaman dengan menerapkan sistem irigasi pintar ini. Anda dapat mengatur waktu yang tepat untuk menyiram tanaman dengan kontrol sepenuhnya dari jauh atau dari smarphone anda. Beberapa alat juga dapat memberi informasi intensitas cahaya matahari sehingga dapat memberi asumsi kebutuhan air tanaman anda. Salah satu merek produk yang bisa dijadikan pilihan adalah Rachio atau Wyze Smart Sprinkler.

Sebelum membeli beberapa alat dengan fitur-fitur diatas, anda harus memastikan kompatibilitas setiap alat tersebut satu sama lain. Untuk menghubungkan beberapa alat smart teknologi yang berbeda dibutuhkan unit hub yang harus dipahami dahulu cara bekerjanya. Anda juga membuthkan sebuah account applikasi untuk mengontrolnya dari satu device. Salah satu merk smart-hub, alat untuk mengatur semua alat yang berbeda kedalam satu tampilan aplikasi yang menjadi primadona adalah Samsung Smart-Things. Selain merek Samsung yang ternama, terdapat nama lain dengan harga bersaing seperti Hubitat Elevation dan RIng Alarm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis