Inspirasi Space Kerja di Rumah Aja Saat Wfh Corona, Mana Favoritmu?

corona, sarae.id

Corona memang menuntut orang-orang untuk banyak tinggal di dalam rumah. Bukan tanpa alasan, tentu saja untuk mengurangi resiko penyebaran virus yang bisa menular melalui jarak interaksi. Hal ini berdampak juga pada para pekerja yang akhirnya harus menjalani aktivitas wfh alias work from home. Meski di dalam rumah, kerja masih harus berjalan seperti biasa.

Inspirasi Space Kerja untuk Wfh Saat Corona

Sayangnya sebagian pekerja yang tinggal di dalam rumah justru merasa stress. Tidak ada space yang mendukung produktifitas bisa menjadi salah satu alasan pemicu stress.

Nah untuk para worker, gimana kalau kamu mulai menata space ruang kerjamu sendiri agar semakin nyaman dan produktif. Berikut Sarae berikan inspirasi beberapa desain space kerja yang bisa jadi referensi!

Space Kerja Saat Corona Sederhana yang Terpisah dari Ruang Tidur

Terkadang bila menempatkan ruang kerja dekat dengan area tidur memang bisa menjadi hambatan. Mungkin kamu bisa salah fokus dengan keberadaan Kasur yang super nyaman dan membuat ingin rebahan alias bermalas-malasan, apalagi kalau sedang wfh karena corona Indonesia.

corona, sarae.id
dekoruma

Space kerja sederhana di atas mungkin bisa membantumu untuk meningkatkan produktivitas. Sangat sederhana sekali, namun cukup nyaman. Area meja yang luas sangat menguntungkan, kamu bisa menyimpan banyak barang kebutuhan di atasnya. Tambahan lampu kerja juga bisa membuat semakin fokus saat bekerja. Nah, agar semakin dekoratif, kamu bisa coba menaruh tanaman hias kecil. Di samping memberikan nuansa berbeda, tanaman tersebut juga bisa menjaga sirkulasi udara di sekitar space kerja tetap terjaga.

 Space Kerja Menghadap Jendela

Sudah stress harus tinggal di dalam rumah terus, jangan sampai kamu stress karena saat bekerja harus melihat tembok setiap hari. Oleh  sebab itu, cobalah membuat space kerja yang menghadap ke arah jendela. Dengan begitu pandanganmu tidak monoton, sesekali kamu bisa melihat pemandangan di luar sembari duduk dan menikmati segelas kopi hangat.

corona, sarae.id
elmueble.com

Agar lebih fleksibel, gunakan meja kerja portable yang menempel ke dinding dan bisa dilipat. Jadi saat tidak digunakan kamu bisa dengan mudah melipatnya kembali.

 Area Kerja Multifungsi

Membuat area kerja yang multifungsi bukan hanya bermanfaat saat musim pandemic saja sobat sarae. Namun kedepannya, kita juga akan semakin dibuat nyaman.

corona, sarae.id
deassummer.selbermachendeko.com

Desain ruang kerja di atas bisa menjadi inspirasimu untuk membuat yang lebih fungsional. Beberapa space penyimpanan sederhana berbentuk ambalan membuatmu lebih leluasa untuk menyimpan barang seperti buku. Dengan begini, kamu bisa memiliki area khusus sendiri dan kerja pun tidak akan terganggu.

Ruang Kerja Bernuansa Putih

Putih menjadi salah satu warna terfavorit. Sebab selain bisa memperlihatkan kesan yang lebih bersih pada sebuah ruangan, warna ini juga bisa memberikan efek positif untuk psikologis.

corona, sarae.id
markszczerbicki.com

Desain ruang kerja di atas bisa menjadi inspirasimu. Bila melihat dari gambar saja, kita sudah bisa menangkap rasa nyamannya, benar tidak? Apalagi bila dipadukan dengan warna-warna wood grain pada lantai dan cabinet.

Tips Membuat Space Kerja di Rumah Agar Semakin Nyaman

Nah, sebelum kamu memilih desain yang cocok untuk kamu terapkan pada area kerja di rumah. Berikut ada beberapa tips yang sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu.

1. Mengetahui Ukuran Ruangan

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah ukuran ruangan. Apalagi bila kamu ingin menghadirkan furniture baru untuk ruang kerjamu. Agar tidak salah penataan, ukuran ruangan terlebih dahulu.

2. Mengetahui Kebutuhan Space Kerja Saat Corona

Ruang kerja di rumah tentu saja fungsinya untuk kerja. Namun apakah ruang tersebut hanya sekedar ingin dijadikan tempat kerja saja atau bisa difungsikan untuk hal lainnya? Seperti perpustakaan mini dalam rumah atau area penyimpanan tambahan. Oleh sebab itulah kamu harus tau apa sih kebutuhanmu untuk area kerja yang ingin dibuat.

3. Memilih Ruang Kerja Saat Corona yang Permanen atau Fleksibel

Space area kerja pun bisa kamu desain permanen atau fleksibel tergantung kebutuhanmu. Bila akan digunakan sesekali waktu saja sebaiknya sih menggunakan yang fleksibel. Dimana perabot yang digunakan seperti meja kerja bisa dilipat dan ditutup.

4. Menghindari Ruang Kerja Berada di Dalam Kamar

Menempatkan ruang kerja di dalam kamar sebenarnya tidak mengapa. Namun dengan catatan tidak menjadi ruang kerja yang selama 8 jam lebih kamu gunakan, artinya hanya sesekali waktu saja. Sementara bila akan digunakan lebih dari 8 jam akan lebih baik memisahkan kedua ruangan tersebut. Tujuannya tentu saja untuk membuat kita tetap fokus pada hal yang sedang dikerjakan, tidak tergoda dengan kenyamanan tempat tidur yang berada dalam satu ruangan.

5. Menggunakan Warna Interior yang Netral 

Warna interior yang netral dan soft bisa memberikan efek psikologi yang positif. Khususnya saat seseorang sedang bekerja. So, agar ruang kerja makin berdampak baik pada kesehatan mental, sangat dianjurkan untuk menggunakan warna interior yang memiliki stimulasi positif ya.

Oke sobat sarae, saatnya hempaskan stress selama di rumah dengan penataan ruangan yang tepat. Jadi, kapan nih mau mkeover ruang kerjamu dengan desain pilihan agar bisa semakin betah? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis