5 Tips Desain Dapur Minimalis untuk Rumah Type 36

desain dapur rumah type 36, sarae.id

Kata siapa rumah mungil type 36 tidak bisa didesain jadi hunian yang tenang dan nyaman? Meskipun ruang yang ada terbatas, Anda tetap bisa membuat hunian mungil Anda jadi tempat tinggal ternyaman, termasuk untuk memasak. Apalagi, sekarang ada banyak pilihan kitchen set minimalis yang pas untuk dapur mungil.

Masih belum yakin? Yuk, cek dulu tips mendesain dan membangun dapur rumah type 36 agar dapur imut Anda bisa jadi ruang yang paling nyaman untuk menyiapkan berbagai menu makanan sehat bagi keluarga. Apa saja ya tipsnya?

Ganti Lemari Kabinet dengan Rak Terbuka

Tips desain dapur rumah type 36 yang satu ini paling pas untuk menggantikan lemari kabinet yang dipasang di dinding (upper cabinet). Adanya pintu kabinet tak hanya menghabiskan ruang karena pintu yang mengayun membuka dan menutup, tapi desainnya juga bisa membuat dapur mungil terlihat sumpek dan penuh sesak.

desain dapur rumah type 36, sarae.id

Alternatifnya, gunakan rak terbuka seperti floating shelves yang bisa bantu hilangkan kesan sumpek dan mempermudah Anda mengambil bumbu masak atau alat makan yang Anda butuhkan dengan mudah tanpa harus membuka-tutup pintu.

 

Atur Barang dengan Rapi dan Cermat

Ukuran yang lebih sempit membuat ruangan jadi terlihat lebih mudah berantakan. Hal yang sama pun berlaku untuk dapur, sehingga Anda perlu pastikan bahwa Anda sudah mengatur ruang untuk penyimpanan barang, bahkan sebelum Anda mulai membangun dapur rumah.

Maksimalkan ruang yang ada untuk penyimpanan agar dapur Anda nanti selalu terlihat rapi dan bersih, termasuk untuk proyek renovasi dapur rumah sekalipun. Karena ruang horizontal terbatas, Anda bisa desain untuk penyimpanan vertikal seperti yang banyak ditemukan di dalam berbagai contoh dapur minimalis rumah. Misalnya menggantung panci dan wajan di dinding, bukan menyimpannya di dalam lemari, agar lebih hemat tempat.

Gunakan Warna yang Terang

Salah satu trik paling umum untuk mengakali ruangan yang kecil adalah dengan menggunakan warna-warni terang dan cerah. Soalnya, warna-warna seperti ini adalah warna yang memantulkan cahaya, sehingga ruangan kecil akan terlihat lebih lega dan leluasa – bukannya sumpek dan sempit.

Anda bisa aplikasikan warna-warna terang mulai dari kitchen set minimalis sampai dengan warna cat dinding, ubin di lantai, countertop, maupun backsplash. Selain itu, gunakan warna-warna senada untuk peralatan masak hingga peralatan makan sekalian.

Gunakan Warna Putih

Ada alasan mengapa bentuk dapur rumah bernuansa putih saat ini sangat populer. Selain desainnya yang memang dibuat estetik, warna putih memang warna paling pas untuk ruangan mungil. Jadi, jika Anda bingung harus memilih warna terang dan cerah seperti apa, Anda bisa pilih putih saja. Apalagi, putih juga sebenarnya memiliki berbagai shade atau varian seperti ivory sampai creamy white.

desain dapur rumah type 36, sarae.id

Ditambah lagi, warna putih sangat mudah untuk dipadukan dengan warna-warni apapun. Jadi, kalau Anda ingin menambahkan warna lewat peralatan makanan keramik atau cooking set lucu, Anda jelas tak perlu bingung kalau-kalau warna-warna tersebut tidak akan cocok di dalam dapur Anda, kan?

Tambahkan Kitchen Island

Meskipun Anda akan membuat desain dapur rumah yang mungil, Anda sebenarnya masih bisa menambahkan kitchen island, lho. Tapi, tentu saja hal ini bergantung pada bentuk dapur rumah sesuai dengan ruang yang ada, karena Anda juga harus memastikan bahwa kitchen island tersebut berada di tempat yang tepat dan punya ukuran yang sesuai.

desain dapur rumah type 36, sarae.id
hola.com

Alternatifnya, Anda bisa gunakan rolling kitchen cart sebagai pengganti kitchen island. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan ekstra tempat untuk mempersiapkan bahan-bahan makanan, lengkap dengan tempat untuk menyimpan bahan makanan atau perlengkapan memasak. Ditambah lagi, kitchen cart beroda seperti ini bisa bebas Anda pindahkan sesuai kebutuhan agar tidak menghalangi jalan dan menghabiskan tempat.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda ikuti dan lakukan saat membuat desain dan membangun dapur rumah, baik itu untuk membangun dapur baru atau renovasi dapur rumah. Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi sobat SARAE dirumah.

 

 

Baca artikel lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis