12 Tips Dekorasi Interior Minimalis yang Tidak Berlebihan

Interior minimalis, sarae.id

Interior Minimalis – Sobat sarae, kenyamanan dalam suatu rumah bisa tercipta sesuai sudut pandang para penghuninya. Salah satu yang bisa mempengaruhi adalah dari dekorasi yang diterapkan yang memberikan tampilan serta suasana yang berbeda.

Luas ruangan sebuah rumah akan menentukan mudah atau tidaknya kita dalam menata dekorasi yang tepat. Bagi rumah-rumah berukuran luas tentu tidak akan jadi masalah, hanya tinggal menyesuaikan dengan konsep desain interior sebuah ruangan saja. Lantas, bagaimana bila rumah minimalis dengan ukuran yang terlalu besar? Apakah menjadi kendala dalam dekorasi interior?

Tips Dekorasi Interior Minimalis

Hal tersebut bisa menjadi kendala atau tidak tergantung bagaimana kita memahami dan mengenal ruangan di rumah dengan baik. Kita juga harus selektif terhadap elemen-elemen yang akan diterapkan agar tidak memberikan kesan sumpek. Dekorasi pun tidak harus selalu dipaksakan untuk bisa tampil mewah, nilai estetik malah bisa muncul dari kesederhanaan.

Nah, sobat sarae apakah kamu sedang ingin mendekorasi interior rumah namun masih bingung karena rumah berukuran minimalis? Kalau iya, langsung saja simak beberapa tips berikut ini yuk!

1. Memilih Perabot Sesuai Ukuran Ruangan dan Kebutuhan

Interior minimalis, sarae.id
archdaily.com

Ada banyak elemen dekoratif yang bisa menampilkan suasana berbeda dalam ruangan, salah satunya adalah dari perabot rumah atau furniture. Bagi kamu yang mempunyai rumah minimalis, tentu kamu harus sedikit memikirkan mengenai perabot yang akan diletakan dalam rumah.  Karena ruangan berukuran kecil maka perabotnya pun harus minimalis dan tetap fungsional. Oleh sebab itulah custom furniture paling disarankan dibandingkan harus membeli perabot secara langsung, pilihanmu akan sangat terbatas.  Beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih perabot, diantaranya;

  • Desain yang sesuai kebutuhan

Pastikan kalau desain furniture atau perabot yang dipilih memang sesuai kebutuhan dan ukuran ruangan. Kalau custom, kamu bisa menyampaikan space penyimpanan apa saja sih yang diperlukan agar nantinya bisa berfungsi secara maksimal.

  • Warna harus sesuai konsep

Dalam penataan interior, orang biasanya sudah memiliki konsep dasar yang ingin diterapkan pada ruangan secara keseluruhan. Bila kamu menerapkan gaya minimalis maka warna akan didominasi dengan warna-warna netral seperti putih atau tekstur wood grain yang dengan tone warna yang lebih lembut. Kamu bisa menyelesaikannya dengan furniture yang akan dibeli.

  • Hindari perabot yang berukuran besar

Ruangan berukuran terbatas? Hindari untuk memilih furniture berukuran besar ya sebab malah akan membuat sumpek, kamu pun mungkin tidak akan merasa nyaman.

2. Dekorasi Interior Minimalis dengan Tone Warna Netral

Interior minimalis, sarae.id
lingkarwarna.com

Pemilihan warna yang tepat agar dekorasi interior minimalis tak berlebihan juga penting dilakukan. Bila ukuran ruangan terbatas, sebaiknya gunakan warna-warna netral dan cerah seperti putih, atau kelompok warna pastel. Dengan begitu ruangan bisa terasa lebih luas.

Tidak hanya menerapkan satu warna saja, kamu bisa memadukan satu sampai 2 warna sekaligus. Namun usahakan yang masih selaras dengan warna utama dan furniture.

3. Menggunakan Wallpaper untuk Pelapis Dinding

Interior minimalis, sarae.id
dekorrumah.net

Tak suka dengan warna-warna polos? Bagaimana bila kamu melapisi dinding dengan wallpaper? Agar kesan minimalisnya tak hilang, kamu bisa memilih motif yang terlalu ramai. Namun harus diingat, kamu jangan menempelkan wallpaper pada seluruh tembok ruangan ya, cukup di satu sudut ruangan saja. Kalau penuh justru malah akan membuat ruangan jadi makin sempit.

4.  Meletakkan Cermin untuk Refleksi Pantulan

Interior minimalis, sarae.id
cocolapinedesign.com

Menciptakan ruangan luas juga bisa dengan menerapkan dekorasi cermin. Refleksi pantulan dari cermin akan membuat ruangan terasa lebih luas. Pilihlah cermin yang berukuran tak terlalu besar, lengkapi juga dengan bingkai kecil pada bagian pinggirnya.

5. Setting Cahaya untuk Menambah Suasana Nyaman

Interior minimalis, sarae.id
chrisma.be

Cahaya ruangan juga perlu kamu atur agar bisa memberikan efek dekoratif yang berbeda. Bila ingin menghadirkan suasana yang lebih hangat, cobalah memilih cahaya lampu agak kekuningan.

6. Ada Ruangan Kosong? Manfaatkan Yuk!

Interior minimalis, sarae.id
brightside.me

Apakah di rumahmu terdapat ruangan atau sudut kosong yang tidak digunakan atau masih bingung mau dibuat apa? Manfaatkan jadi sudut dekorasi yuk! Bagi rumah minimalis, tiap sudut rumah sangat wajib dimanfaatkan secara maksimal. Cobalah meletakkan tanaman hias berukuran sedang untuk menghadirkan nuansa natural dan membantu menjaga sirkulasi udara dalam ruangan.

Atau bila membutuhkan cabinet, kamu bisa coba menyimpan credenza pada sudut kosong. Bagian space penyimpanan bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang dan bagian permukaan atasnya bisa dijadikan sebagai space dekorasi mini galeri.

7. Menaruh Lukisan Gantung Berukuran Sedang untuk Dekorasi Ruangan

Interior minimalis, sarae.id
dorisleslieblau.com

Kehadiran karya seni di sebuah ruangan bisa memberikan kesan yang lebih hidup dan estetik. Kamu bisa coba menaruh lukisan gantung pada dinding kosong, ukurannya sedang saja. Pilih lukisan abstrak atau yang tema natural yang selaras dengan konsep minimalis.

8. Aksen Dekoratif pada Elemen Kain

Interior minimalis, sarae.id
theeverygirl.com

Kreativitas dekorasi yang sederhana bisa dihadirkan melalui banyak elemen salah satunya kain. Ruangan minimalis cenderung memiliki warna netral, nah untuk menghidupkan suasana cobalah ciptakan kesan dekoratif pada kain-kain yang digunakan. Seperti karpet bermotif, gorden, atau taplak meja.

9. Memilih Bentuk Lampu yang Sederhana namun Estetik

Interior minimalis, sarae.id
rerooms.ru

Di samping pencahayaan, lampu juga semakin beragam karena bentuknya. Agar tak terkesan biasa saja, kamu bisa memilih lampu yang berbentuk sedikit berbeda. Misal yang memiliki kap unik dan nyentrik, dengan begitu penataan dekorasi pun tidak akan terlalu menyulitkan sebab sudah bisa diterapkan pada elemen utama sebuah ruangan.

10. Dekorasi Interior Minimalis untuk Kitchen Set Menggunakan Backsplash Motif

Interior minimalis, sarae.id
signaturehardware.com

Bagi sebagian orang, dapur adalah ruangan utama yang harus diatur senyaman mungkin. Kalau dapur nyaman maka mood memasak pun akan bagus. Bila kamu merasa dapur terasa monoton, cobalah menambahkan elemen dekoratif di bagian dinding yaitu dengan melapisi backsplash motif. Warna cabinet kitchen yang polos dipadukan dengan motif backsplash, dijamin akan menambah keindahan ruangan.

11. Memahami Karakter Konsep Interior Minimalis

Interior minimalis, sarae.id
dailysia.com

Dan tips yang terakhir adalah harus memahami betul bagaimana sih karakter konsep interior minimalis. Dengan begitu kamu bisa mengontrol dekorasi yang akan kamu hadirkan dalam sebuah ruangan agar tidak berlebihan atau melenceng dari konsep utama.

12. Berkonsultasi pada Jasa Interior Profesional

Interior minimalis, sarae.id
lingkarwarna.com

Bila kamu tidak paham soal dekorasi interior, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi langsung pada ahlinya. Penataan ruangan pun akan terkontrol mulai dari konsep hingga budget yang harus dikeluarkan. Ada banyak jasa interior, kamu bisa mencarinya melalui google atau meminta rekomendasi dari orang-orang terdekatmu.

Oke sobat sarae, itulah beberapa tips dekorasi interior minimalis yang bisa membantumu. Bila artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan di social mediamu agar semakin banyak orang yang bisa mengatur ruangan dengan baik dan benar.

Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah tak sabar ingin mendekor interior rumah? Kalau iya, tunggu apa lagi? Yuk mulai tata ruangan sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis