Mengenal Batu Marmer untuk Interior, Luxury dan Elegan

batu marmer, sarae.id

Batu Marmer – Keinginan orang dalam penataan interior tentu berbeda-beda. Salah satunya ingin menciptakan kesan luxury dan elegan. Hal tersebut bisa terwujud dengan konsep interior yang matang dan pemilihan material furniture yang tepat.

Batu Marmer Memberi Kesan Mewah pada Ruangan

batu marmer termasuk jenis batuan alam yang banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin menciptakan nuansa mewah dalam suatu ruangan. Mungkin kita beberapa kali melihat marmer diterapkan pada dinding, lantai, hingga meja dapur.

Alasan mengapa batu ala mini banyak dipilih karena tampilannya yang indah, sangat terkesan luxury. Bahkan hunian minimalis yang menggunakan marmer sebagai bagian dari interiornya pun bisa menciptakan nuansa berbeda pada ruangan.

Lantas, apa sih kelebihan dari marmer?

Warna dan Motif yang Bervariasi

Dalam pemilihan motif atau corak yang akan diterapkan pada ruangan setiap orang memiliki selera yang berbeda. Oleh sebab itulah, saat diberikan beberapa pilihan akan sangat antusias. Nah, marmer sendiri memiliki pilihan motif serta warna yang bervariasi. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri untukmu agar bisa memilih sesuai selera.

Pengaplikasiannya pun bisa secara utuh, bongkahan bidang atau pun dipotong beberapa bagian menjadi tile yang tersusun tanpa harus ada proses pemolesan lagi.

Tahan Panas, Cocok untuk Lingkungan Beriklim Tropis

Beberapa material furniture ada yang memiliki kekurangan tak tahan panas. Jadi saat terkena hantaran panas, akan memuai dan merusak material dasarnya. Namun hal tersebut tak berlaku pada batu marmer.  Batu ini merupakan jenis konduktor yang tak terlalu baik sehingga tidak mudah menghantarkan panas. Oleh sebab itulah, marmer sangat cocok diaplikasikan di dalam ruangan maupun luar ruangan.

 Tidak Mudah Tergores

Bagian permukaan batu marmer mengkilap dan tak akan mudah memudah biarpun sudah digunakan dalam waktu lama. Biarpun terkena banyak gesekan khususnya saat diaplikasikan pada lantai, batu ini cukup tahan terhadap goresan.

 Proses Membersihkan Batu Marmer Sangat Mudah

Kelebihan selanjutnya adalah dari proses membersihkan marmer saat ada noda sangatlah mudah. Kamu hanya tinggal mengelapnya menggunakan kain lembut.

Kuat dan Tahan Lama

Saat memilih material furniture, kamu tentu harus memastikan bagaimana kualitasnya, apakah tahan lama atau tidak. Karena kalau murah tapi cepat rusak, kamu sendir yang akan rugi. Nah, memilih material marmer untuk diterapkan pada interior ruangan sangatlah tepat sebab kekuatannya terjamin sehingga tahan lama sekali. Marmer juga tak akan mudah melengkung biarpun terkena panas.

Namun sedikit kekurangan dari batu alam ini adalah pori-porinya cukup besar. Sehingga bila ada noda air dan tidak cepat dibersihkan maka noda tersebut akan mudah menyerap ke dalam. So, kamu harus melakukan perawatan dengan rutin agar marmer terjaga dengan baik apalagi bila digunakan di area dapur yang sangat beresiko menimbulkan noda saat memasak.

Di samping itu, harga marmer juga cenderung mahal. Kurang cocok untuk kamu yang memang sangat meminimalisir budget dalam penataan interior. Proses pemasangan yang sulit pun membuat kita harus mengeluarkan biaya lain untuk sewa jasa profesional yang memang ahli dan paham dalam bidangnya.

Inspirasi Desain Pengaplikasian untuk Interior Ruangan

Nah, sobat sarae agar kamu bisa mendapatkan inspirasi pengaplikasian marmer, berikut adalah desain ruangan yang mungkin bisa menjadi referensi.

1. Batu Marmer pada Dinding Kamar Mandi, Minimalis & Elegan

batu marmer, sarae.id
lacueva.nl

Menerapkan marmer untuk dinding kamar mandi, kenapa engga? Biarpun hunian berkonsep minimalis, menggunakan marmer masih cocok sekali loh. Pilih marmer berwarna putih dengan corak motif yang tak terlalu ramai seperti desain di atas, sangat cantik sekali kan? Apalagi dipadukan dengan elemen wood grain pada cabinet wastafelnya, kesan minimalis ataupun Scandinavian pada ruangan masih terasa sekali.

2. Marmer untuk Kitchen Set

batu marmer, sarae.id
homestolove.com.au

Membuat nyaman kitchen set bukan hanya karena fungsinya saja. Namun tampilan yang indah pun mampu menjadi moodbooster tersendiri untuk para penggunanya. Betul tidak? Kalau melihat dapur cantik kamu pasti senang kan? Marmer bisa menjadi solusi untuk menghadirkan view yang berbeda pada interior ruangan. Kamu bisa coba menerapkan batu alam ini pada bagian dinding atau top table.

3. Marmer untuk Lantai

batu marmer, sarae.id
actua.es

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa marmer cukup tahan terhadap goresan sehingga cocok diterapkan untuk lantai suatu hunian. Tampilan ruangan pun akan semakin teras mewah dan elegan.

4. Batu Marmer untuk Wastafel Kamar Mandi

batu marmer, sarae.id
pinterest

Semakin maksimal penataan interior rumahmu, maka akan semakin nyaman juga suasana di rumah. Kamu akan makin betah untuk tinggal dalam waktu lama, apalagi di musim pandemic yang menuntun kita untuk work from home. Sentuhan marmer para interior rumah salah satunya bisa diterapkan pada wastafel kamar mandi seperti desain di atas.

Tips Pengaplikasian Marmer untuk Interior Ruangan

Nah, sobat sarae bila kamu tertarik untuk menggunakan marmer sebagai salah satu material yang akan melengkapi keindahan interior rumah berikut adalah beberapa tipsnya:

  •  Tentukan Apa Konsep Interior Secara Keseluruhan

Tips pertama tentu saja kamu harus menentukan konsep interior rumah secara keseluruhan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu tau dimana sih marmer akan ditempatkan, apakah area kitchen, kamar mandi atau justru ruang tamu?

  • Memastikan Motif Marmer Sesuai dengan Konsep Ruangan

Selanjutnya, kamu juga harus memilih motif marmer apakah sudah sesuai dengan konsep ruangan atau belum. Sebenarnya sih, marmer sendiri cukup netral jadi motifnya akan cocok diterapkan pada konsep apapun. Namun bila kamu ingin memilih sesuai dengan selera, sangat bisa sekali kok.

  • Menyewa Jasa Profesional untuk Pemasangan Marmer

Tentu tak mungkin bila kamu harus mengerjakan pemasangan marmer sendirian. Selain tidak mempunyai keahlian hal tersebut juga akan beresiko menimbulkan kesalahan dalam pemasangan. Oleh sebab itulah, kamu harus menyewa jasa profesional yang memang ahli dan paham dalam persoalan pasang memasang marmer.

  •  Berkonsultasi pada Jasa Interior

Konsultasi pada jasa interior seringkali dilewatkan dengan alasan sudah mendapatkan banyak referensi dari internet. Namun, apakah kamuy akin bila pengalikasia di lapangannya sudah sesuai dengan ukuran ruangan dan konsep secara keseluruhan? Agar tidak meraba-raba sendiri sebaiknya serahkan pada jasa profesional yang memang memahami bidang interior.

Oke sobat sarae itulah ulasan singkat mengenai material batu alam marmer mulai dari penjelasan bahannya, kelebihannya, inspirasi desain hingga bagaimana sih tips sebelum mengaplikasikan marmer untuk interior.

Batu alam ini memang menjadi salah satu material istimewa yang sangat diinginkan oleh banyak orang, khususnya yang ingin menampilkan kesan mewah pada suatu hunian. Bila kamu tertarik dengan marmer, sebaiknya konsultasikan dulu pada jasa interior desain professional dan jangan lupa untuk mempelajari proses perawatannya agar marmer bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis