Menerapkan Teraso Keramik untuk Hunian Modern

teraso keramik, sarae.id

Teraso Keramik – Sobat sarae, apakah kamu pernah mendengar material keramik bernama Teraso? Salah satu material daur ulang yang sempat booming 40 tahun lalu ini ternyata kembali menjadi tren desain interior yang begitu artsy.

Apa Itu Teraso Keramik?

Teraso adalah produk daur ulang yang terbuat dari campuran pasir, semen, peahen marmer, keramik, kaca sampai kulit kerang. Puncak popularitas Teraso di Indonesia ini berkisar antara tahun 1970 sampai 1980-an. Pengaplikasiannya juga sudah dilakukan pada berbagai hal yang berkaitan dengan bangunan; teraso lantai, dinding hingga perabot rumah.

Mengaplikasikan Teraso Keramik untuk Interior

Karakter kuat yang dimiliki teraso ternyata menjadikannya sangat berbeda dari segi tampilan. Oleh sebab itulah, mereka yang ingin menampilkan kesan mewah dan berseni kerap memilih Teraso untuk diaplikasikan pada penataan interior rumahnya.

teraso keramik, sarae.id
casaindonesia.com

Nah, material daur ulang ini biasanya diterapkan pada beberapa elemen interior berikut ini:

1. Teraso Keramik untuk Dinding

Dulu memang kebanyakan orang menggunakan Teraso hanyalah untuk lantai saja. Namun sekarang, orang-orang mulai tertarik untuk mengaplikasikan pada dinding. Bagian yang menjadi daya tarik utama saat orang masuk ke dalam sebuah ruangan. Kamu bisa mengaplikasikan pada satu dinding penuh atau sebagian saja. Mau di kamar mandi, ruang keluarga, kamar atau dapur pun bisa sekali!

2. Top Table Menggunakan Material Teraso

Di samping batu alam seperti marmer atau granit, kamu juga bisa menjadikan teraso sebagai pilihan material untuk diterapkan pada top table kitchen set. Coraknya sangat unik bahkan ada yang colorfull, cocok sekali untuk kamu yang tidak menyukai ruangan monoton. Kesan artsy bisa dihadirkan dalam dapur hanya melalui top table kitchen set.

3. Teraso untuk Bathtub, Kenapa Tidak?

Selain memiliki tampilan yang indah dan elegan ternyata karakter material satu ini juga terkenal akan kekuatannya. So, penerapan pada area kamar mandi pun tidak menjadi masalah termasuk pada bagian bathtub.

4. Sentuhan Teraso pada Furniture Rumah

Teraso juga bisa diaplikasikan pada beberapa furniture di rumah agar bisa menciptakan nuansa yang lebih mewah, elegan dan semakin begaya. Coraknya sangat nyentrik, membuat ruangan semakin terasa hidup. Estetika dalam suatu ruanganpun akan terbentuk dengan sendirinya. Tak perlu memberikan sentuhan dekorasi berlebihan, karena corak teraso cukup mendominasi.

Mengenal Ciri & Karakter Material Keramik Teraso

teraso keramik, sarae.id

Nah, sobat sarae sebelum benar-benar mengaplikasikan Teraso keramik untuk interior rumah. Sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja sih karakter yang ada pada material satu ini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Memiliki 2 Variasi Permukaan

Mungkin beberapa diantara kamu masih ada yang belum tau bahwa material ini ternyata memiliki 2 variasi permukaan yang berbeda; polos mengkilap dan kasar. Nah, bagian teraso polos yang agak mengkilap cenderung memiliki tingkat kelicinan yang tinggi. Sehingga tidak cocok untuk dijadikan sebagai lantai di luar khususnya bila sering terkena air.

Bila ingin menerapkan pada eksterior rumah sebaiknya gunakan permukaan teraso kasar. Sebab tidak akan beresiko licin saat terkena air, sehingga cenderung lebih aman.

2. Keramik Teraso Tahan Terhadap Goresan

Teraso juga cukup tahan terhadap gesekan atau goresan. Oleh sebab itulah banyak orang yang mengaplikasikannya untuk lantai hunian. Baik permukaan kasar atau pun polos keduanya sama-sama anti gores. Bahkan saat ingin menggeserkan furniture dalam kamu pun tak perlu merasa khawatir akan menggores bagian lantai.

3. Ketahanan Teraso Lebih Baik Dibandingkan Keramik Biasa

Bila kamu ingin membandingkan antara material teraso dengan keramik biasa, maka kekuatan teraso lebih unggul. Teraso mampu menopang beban yang cukup berat dalam waktu lama. Bahkan lantai pun masih akan terlihat apik meskipun sudah berusia puluhan tahun lamanya. Karena kekutannyalah tak sedikit beberapa pabrik yang produktif dengan alat berat memilih menggunakan lantai teraso dibandingkan keramik biasa.

4. Memiliki Banyak Pilihan Corak yang Beragam

Bagi kamu yang ingin menghadirkan nuansa corak atau motif pada ruangan memang sangat direkomendasikan untuk memilih teraso. Selain tampilannya artsy, kamu juga bisa memilih corak sesuai dengan selera. Sebab ada cukup banyak pilihan corak yang bisa disesuaikan dengan konsep ruanganmu.

5. Proses Perawatan Teraso Keramik Jauh Lebih Mudah

Dalam hal perawatan, material teraso pun cenderung lebih mudah. Bila ada noda, kamu cukup membersihkan menggunakan kain lembu dan sabun yang dicampur dengan air hangat. Bersihkan secara perlahan. Kalau digunakan pada lantai, jangan lupa untuk selalu menyapunya agar tidak menjadi sarang debu. Hal ini tentu berbeda dengan keramik yang harus melakukan perawatan dengan cairan pembersih khusus agar tampilannya tidak memudah dan tetap sama.

6. Harga Lantai Teraso Cukup Mahal

Meskipun teraso bisa menjadi alternatif pilihan material selain marmer atau granit namun dari segi harga, keramik ini memang tergolong cukup mahal bila dibandingkan material batu alam asli. Oleh sebab itulah, kamu harus membuat perencanaan sedetail mungkin. Apakah material ini sesuai dengan budget atau tidak?

7. Proses Pemasangan Tidak Bisa Dilakukan Sendiri

Proses pemasangan teraso berbeda dengan pemasangan keramik biasa. Agar tidak ada kerusakan sebaiknya kamu menyewa jasa profesional yang memang sudah berpengalaman dalam hal pemasangan teraso.

Itulah pembahasan mengenai material keramik teraso. Bagaimana, sobat sarae tertarik untuk menerapkannya pada interior rumah? Atau masih bingung karena harganya yang cukup mahal? Agar tidak bingung sebaiknya konsultasikan kebutuhan interior pada jasa interior berpengalaman untuk mendapatkan insight yang tepat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis