7 Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

tanaman hias gantung, sarae.id

Tanaman Hias Gantung – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekorasi rumah agar tampak lebih indah. Salah satunya adalah dengan menghadirkan tanaman hias. Selain bisa membuat visual ruangan jadi berbeda, tanaman juga bisa meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah loh.

Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi

Tanaman hias juga ada banyak modelnya salah satunya adalah tanaman hias gantung. Cocok diterapkan untuk mendekorasi eksterior ruangan, namun bukan tidak mungkin bila diterapkan pada interior juga. 

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias gantung yang mungkin bisa kamu letakkan di rumahmu.

1. Tanaman Hias Gantung Syngonium

Syngonium merupakan tanaman hias gantung pertama yang bisa kamu pilih untuk mempercantik sekaligus menjaga sirkulasi udara di area hunianmu. Tanaman ini berada dari Meksiko, Kosta Rika, Brazil, Bolivia dan Guatemala. Syngonium bisa hidup dengan baik di daerah yang memiliki cuaca tropis. Tumbuhan ini bisa merambat hingga 15 meter, oleh sebab itulah pemilik tanaman harus rajin melakukan perawatan agar rambatannya tidak menggantung.

tanaman hias gantung, sarae.id
pinterest.com

Bentuk daunnya sangat unik, tampak seperti mata tombak, itulah yang membuat orang-orang menyukai Syngonium. Peletakannya bisa di dalam pot, diletakkan di bawah atau akan lebih cantik bila digantung.

2. Tanaman udara

Tanaman Udara atau yang memiliki nama lain Tillandsia adalah jenis tanaman hias epifit yang cara hidupnya menempel atau bisa juga bergantung pada sebuah batang, ranting serta tangkai tanaman lain yang lebih tinggi. Namun biarpun begitu, tanaman ini bukan parasite ya.

tanaman hias gantung, sarae.id
airplantshop.com

Nah, kalau kamu pernah melihat tumbuhan nanas-nanasan, tanaman ini hampir mirip karena memang masih satu spesies. Ada bulu halus berbentuk duri yang menjalar di seluruh bagian tanamannya. Bulu tersebut berfungsi untuk menyerap uap air, mengambil nutrisi dan unsur hara yang berasal dari debu udara. Orang-orang yang memelihara Tillandsia biasanya meletakkannya pada sebuah pot lalu menggantungnya dan direkatkan pada bebatuan atau kayu.

3. Hoya Carnosa

Hoya Carnosa, apakah kamu pernah mendengar nama tanaman hias satu ini? Tanaman yang bisa menghadirkan suasana natural pada sebuah hunian. Merupakan bagian dari spesies Kingdom Hoya asi yang tersebar di beberapa negara seperti Burma, China dan India. Saat malam hari, tanaman Hoya Carnosa kerap mengeluarkan aroma yang unik yaitu seperti coklat. Daunnya berwarna hijau, bila dipegang akan terasa halus dan cukup tebal. Pertumbuhannya bisa mencapai 8 cm.

tanaman hias gantung, sarae.id
etsy.com

Kamu bisa meletakkan tanaman hias gantung ini di depan rumah atau area khusus yang dijadikan sebagai tempat mengoleksi tanaman. Sebaiknya dihadapkan pada cahaya matahari dan jangan mengubah posisinya saat sedang berbunga kuncup agar tidak menghambat proses mekarnya.

 4. Baby’s Tears (Soleirolia soleirolii)

Tanaman hias selanjutnya memiliki nama yang unik yaitu Baby’s Tear. Tanaman yang akan cenderung tumbuh ke arah atas. Lama kelamaan akan nampak seperti gerombolan yang melingkar, terlihat sangat cantik dan unik. Bisa membuat tampilan rumah menjadi berbeda serta udara yang lebih menyegarkan.

tanaman hias gantung, sarae.id
peacetreefarm.com

Baby’s Tear sendiri masuk ke dalam jenis Hemianthus Micranthemoides atau sama seperti Cuba dan Monte. Berasal dari Amerika Utara, memiliki warna daun hijau yang cerah. Sedikit tips bagi kamu yang ingin memelihara tanaman hias gantung Baby’s Tear. Agar pertumbuhannya semakin rimbun, sebaiknya kamu harus sering melakukan pemangkasan pada bagian cabangnya. Dengan begitu, tanaman juga akan nampak rapi.

5. Petunia

tanaman hias gantung, sarae.id
gardendownsouth.com

Mencari tanaman yang pertumbuhanya menjuntai ke bawah? Kamu bisa coba memelihara Petunia. Tanaman hias yang bentuk bunganya cantik, nampak seperti terompet. Asalnya dari Amerika Selatan dan bisa tumbuh hingga 16 sampai 30 cm. Hal yang membuat Petunia unik adalah karena warna bunga yang dihasilkan beragam. Ada merah, biru, ungu tua, kuning pucat dan putih. Namun bagian cabangnya cukup lembah, itulah yang membuatnya menjuntai. Sangat cocok diletakkan di luar ruangan agar bisa tumbuh dengan baik.

6. Tanaman Hias Gantung Paku Tanduk Rusa (Staghorn Fern)

tanaman hias gantung, sarae.id
etsy.com

Paku Tanduk Rusa, namanya unik sekali ya? Jenis tumbuhan epifit yang sebagian besarnya tumbuh di Kawasan tropis yang cukup lembab. Oleh sebab itulah, cocok sekali bila dipelihara di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Paku Tanduk berasal dari genus Platycerium, bentuknya sangat unik dan eksotis. Ukurannya juga sangat besar, bisa melebihi manusia dewasa bila tumbuh dengan baik dan maksimal. Tanaman hias satu ini pada umumnya akan tumbuh dicabang pohon besar dengan kondisi ternaungi oleh 60 persen sinar matahari.

7.  Tanaman Hias Lili Paris

tanaman hias gantung, sarae.id
pinterest

Lilis Paris atau disebut juga sebagai spider plant merupakan jenis tanaman hias yang bentuknya cukup unik. Bisa tumbuh kurang lebih 60 cm dan mempunya akar berdaging dengan duri sepanjang 5 sampai 10 cm. Pertumbuhannya sangatlah serta mudah beradaptasi dengan berbagai macam kondisi serta cuaca lingkungan. Lili Paris sangat cocok dipelihara oleh kamu yang memiliki hunian minimalis. Sebab bentuknya tak terlalu besar. Jadi, kamu bisa menaruhnya di dalam pot yang berukuran sedang bahkan kecil.

Tips Memelihara Tanaman Hias Gantung

Sobat sarae, dari 7 tanaman hias yang sudah disebutkan sebelumnya, mana nih yang paling kamu sukai? Bila sudah ada pilihan yang cocok, selanjutnya sarae akan memberikan sedikit tips untuk memelihara tanaman agar bisa hidup dengan baik.

Meletakkan sesuai karakter tanaman hias

Setiap tanaman memiliki karakter yang berbeda. Ada yang tidak membutuhkan cahaya matahari berlebihan, ada pula yang membutuhkannya setiap hari. Oleh sebab itulah, kamu harus meletakkan tanaman sesuai karakternya agar tidak menghambat pertumbuhan.

Melakukan pemangkasan rutin pada tanaman hias gantung

Beberapa tanaman juga ada yang tumbuh dengan cepat. Bila kamu membiarkan tanpa perawatan maka akan membuat hunian terlihat berantakan. Agar menjaga keindahan yang didapat dari tanaman hias, sebaiknya kamu melakukan pemangkasan secara rutin. Entah pada bagian daun atau tangkai, sesuai dengan jenis tanaman yang dipelihara.

Menyiram dengan rutin

Selain pemangkasan, penyiraman juga harus kamu lakukan secara rutin. Baiknya sih setiap pagi. Nah, untuk menambah nutrisi pada tanaman kamu bisa juga menyiram menggunakan air beras.

Menggunakan media tanam yang tepat

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa tanaman hias memiliki banyak jenisnya dan karakternya pun berbeda. Oleh sebab itulah media tanam yang digunakan pun harus sesuai. Kamu bisa menggunakan pot berukuran kecil kalau tanaman yang dipelihara tidak tumbuh terlalu rimbun, seperi Paris Lilis.

Oke sobat sarae itulah 7 jenis tanaman hias gantung untuk dekorasi rumah agar nampak lebih indah dan sirkulasi udara pun tetap terjaga. Agar bisa tumbuh dengan baik, jangan lupa terapkan beberapa tips tambahan yang sudah dipaparkan juga ya. Selamat memilih tanaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis