10 Inspirasi Desain Laundry Room yang Fungsional

Desain Laundry Room, sarae.id

Desain Laundry Room – Ruang Laundry adalah area yang ada di dalam sebuah hunian dan sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas mencuci, setrika bahkan menjemur pakaian. Ruangan ini tidak dituntut untuk berukuran besar, asalkan penataannya tepat maka ruangan bisa berfungsi secara maksimal, bisa memenuhi kebutuhanmu selama beraktivitas di sana.

Oleh sebab itu, bila sobat sarae sedang berencana menata laundry room pilihlah desain yang fungsional dan efisien.

Inspirasi Desain Ruang Laundry

Berikut ini Sarae rekomendasikan inspirasi desain ruang laundry yang mungkin bisa sesuai untuk hunianmu. Simak yuk!

1. Laundry Room Berwarna Putih dengan Kabinet Multifungsi

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber gambar: Pinterest

Putih memang menjadi salah satu warna cat interior terfavorit, warnanya netral dan bisa menghabiskan kesan yang clean dan luas. Sangat cocok diterapkan pada ruangan-ruangan berukuran kecil, termasuk desain laundry room minimalis. Agar semakin efisien, kamu bisa coba membuat cabinet multifungsi yang memiliki space penyimpanan luas dan bagian atasnya bisa dijadikan sebagai meja setrika.

2. Desain Laundry Room Minimalis dengan Kabinet Atas

Ruang laundry berukuran minimalis dan sangat terbatas? Desain berikut bisa menjadi inspirasi yang mungkin cocok dengan ruanganmu.

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber gambar: decorfacil.com

Pembuatan cabinet menyesuaikan dengan space kebutuhan. Ada area mesin cuci, tempat menyimpan pakaian, peralatan & perlengkapan mencuci pakaian, area wastafel, dan lain-lain. Penggunaan backsplash di laundry room juga bisa membantumu untuk merawat tembok agar tidak cepat lembab karena cipratan air. Kabinet yang dibuat pun full sampai plafon membuat area penyimpanan sangat maksimal sekali.

3. Laundry Room Bentuk L Full Kabinet

Memiliki ruangan yang menjorok ke dalam dan bingung mau dijadikan apa? Bagaimana, bila membuat ruang laundry seperti desain berikut?

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber gambar: regardsetmaisons.blogspot.fr

Bentuknya leter L, kamu bisa memiliki banyak space penyimpanan yang maksimal. Mulai dari space untuk mesin cuci, pakaian kotor, pakaian bersih, hanger area untuk menggantung pakaian yang sudah rapi, dan lain-lain. Bagian ambalan terbuka yang ditempatkan di bawah cabinet atas juga sangat membantumu. Kamu bisa menjadikannya sebagai area khusus untuk menyimpan deterjen, pewangi pakaian, dan lain-lain.

Kalau dibutuhkan, kamu juga bisa sekali membuat meja setrika fleksibel yang bisa dinaik turunkan. So, satu ruangan bisa memenuhi berbagai aktivitas yang berkaitan dengan laundry. Efisien banget kan?

4. Laundry Room Indoor + Area Menjemur

Ingin membuat laundry room yang sudah include dengan area jemur pakaian? Bagaimana, dengan desain berikut ini apakah cocok dengan keinginanmu?

Desain Laundry Room, sarae.id

Penataan ruangannya sederhana, indoor namun tetap terlindungi karena ada atap transparan sejenis polycarbonate. Matahari tetap bisa masuk dan membuat kering pakaianmu dengan cepat. Untuk menghadirkan nuansa natural, kamu bisa menyimpan beberapa tanaman seperti lidah mertua, atau aglaonema.

5. Laundry dengan Meja Setrika untuk Ruangan Minimalis

Design laundry room minimalist menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada area untuk menyimpan pakaian kotor, mencuci dan tentunya meja setrika.

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber gambar: renonation.sg

Sobat sarae bisa melakukan aktivitas laundry dengan efisien. Selepas mencuci dan pakaian kering, kamu bisa langsung memanfaatkan meja bagian atas untuk setrika pakaian. Bila ingin menggantung pakaian yang sudah rapih, bisa langsung melakukannya di hanger bagian atas. Sederhana sekali namun cukup multifungsi kan?

6. Wallpaper Cantik untuk Laundry Room agar Semakin Nyaman

Membuat nyaman ruang laundry bukan hanya dari pembuatan cabinet multifungsi saja, menggunakan wallpaper motif cantik pun bisa sekali loh.

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber gambar: Homestoriesatoz.com

Bagi yang tak menyukai suasana monoton, menghadirkan motif pada dinding atau area lantai pun bisa menjadi pilihan tepat. Di samping itu, agar tidak keluar dari konsep minimalis, pilihan cat temboknya bisa menggunakan warna-warna netral seperti putih.

7. Membuat Furniture Portable yang Fleksibel, Kenapa Enggak?

Furniture portable memang bisa menjadi pilihan tepat nih untuk ruang laundry yang ukurannya tak terlalu besar. Selain fleksibel juga tak memakan banyak tempat.

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber: Hgtv.com

Kamu bisa melakukan bongkar pasang sesuai kebutuhan. Di samping itu adanya furniture portable juga sangat bisa meminimalisir bagian dinding yang rusak akibat pemasang rak.

8. Laundry Room Warna Hitam, Anti Mainstream Banget!

Minimalis nggak harus selalu warna putih kok, kamu bisa juga memilih warna-warna gelap seperti hitam yang anti mainstream seperti desain berikut.

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber gambar: Pinterset

Idealnya menggunakan warna lebih cerah dan soft memang bisa memberikan kesan clean. Namun bila penataannya tepat, warna hitam yang gelap pun sangat bisa memberikan kesan bersih bahkan terkesan luas, bahkan sentuhan luxury pun bisa sangat terasa. Bila laundry berada di dalam ruangan, sebaiknya ditempatkan dekat dengan jendela berukuran besar agar bisa mendapatkan pencahayaan maksimal.

9. Ruang Laundry yang Tersembunyi

Area laundry ingin dijadikan secret room yang tersembunyi? Bisa sekali dong, desain berikut bisa menginspirasimu.

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber gambar: pinterest

Ruangan satu ini tidak harus selalu terlihat kok. Kalau ingin menjadikan sebagai secret room saat tidak sedang dipakai juga sangat bisa. Ide seperti ini juga bisa menguntungkan saat laundry room sedang berantakan dan kamu sedang ada tamu, kamu bisa menutupinya dengan rapi dari luar.

10. Memberikan Sentuhan Warna dan Motif Mencolok untuk Ruang Mencuci

Sebagian orang biasanya ada saja yang lebih menyukai ruangan yang dipenuhi dengan motif sehingga terkesan colorfull namun tetap selasar. Bila kamu menyukainya, kenapa tidak menerapkan pada laundry room?

Desain Laundry Room, sarae.id
Sumber gambar: Hgtv.com

Kebanyakan ruang laundry dibuat nampak simple dengan warna putih karena memang ruangan tersebut bisa terlihat berantakan oleh pakaian. Namun bila kamu menyukai motif-motif tertentu yang bisa meningkatkan mood serta warna mencolok yang menarik perhatian, kamu masih bisa menerapkannya. Kenyamanan penggunaan adalah hal yang perlu diutamakan.

Tips Membuat Design Laundry Room

Sobat sarae, bagaimana inspirasi desain di atas? Apakah bisa menjadi referensi untukmu? Nah, agar tak ada kesalahan saat menata ruangan ini, sarae memiliki beberapa tips yang sebaiknya dilakukan.

Tentukan Lokasi

So first things first, where is the perfect place to locate your laundry? Ini adalah hal yang perlu kamu tentukan sejak awal. Idealnya ruangan laundry harus berada jauh dari kamar dan living area. Jadi, saat kamu mencuci menggunakan mesin cuci atau menggunakan pengering pakaian, bunyi yang dihasilkan dari mesin tidak akan mengganggu.

Pilih Peralatan Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Tips selanjutnya untuk membuat laundry design yang nyaman adalah dengan memiliki peralatan sesuai dengan ukuran ruangan. Seperti mesin cuci, pilih yang memang sizenya tidak membuat sumpek laundry room.

Menentukan Layout atau Tata Letak

Penentuan tata letak yang tepat bisa membuat ruangan semakin nyaman dan mudah diakses. Oleh sebab itulah sangat disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu bagaimana sih kondisi ruangan itu mulai dari berapa ukuran dan apa kekurangannya.

Oke sobat sarae, itulah pembahasan mengenai inspirasi desain laundry room dan tips penerapannya. Semoga artikel ini membantu dalam proses penataan interior laundry!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis