13 Tips Menata Interior Kamar Minimalis, Bisa Bikin Betah!

Interior Kamar Minimalis, sarae.id

Interior Kamar Minimalis – Sebagai tempat melepas penat dan lelah setelah sibuk beraktivitas seharian, tentu kamar tidur tak bisa disepelekan keberadaannya. Menciptakan kamar tidur yang nyaman tentu harus jadi pertimbangan utama saat akan menata kamar tidur. Jangan sampai waktu istirahat jadi terganggu gara-gara Anda tak bisa menikmati suasana santai di salam kamar.

Menata Interior Kamar Minimalis

Nah, berikut ini adalah 13 tips menata kamar tidur minimalis yang bisa Anda jadikan sumber inspirasi

Manfaatkan permainan cahaya

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Sebagai tempat beristirahat, tentu Anda tak ingin memiliki kamar tidur yang terlalu ramai. Tetapi, bila tak ada dekorasi sama sekali kamar tidur minimalis juga akan terasa terlalu “dingin”. Oleh karena itu, coba manfaatkan lighting di dalam interior kamar untuk menciptakan ambience yang membuat nyaman dan menenangkan. Anda bisa meletakkan lighting di atas headboard tempat tidur dengan menyebar titik-titiknya secara merata. Selain berfungsi mempercantik suasana, penempatan lighting ini juga sangat berguna bila Anda ingin membaca buku sebelum tidur.

Warna tembok interior kamar minimalis tak selalu harus putih

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Warna tembok putih memang universal dan mudah dikombinasikan dengan gaya apapun, termasuk minimalis. Tetapi, sebenarnya Anda bisa lho menggunakan warna-warna lain, contohnya saja coklat tua. Warna tembok yang tak biasa ini ternyata cocok sekali dijadikan warna utama interior kamar minimalis, terutama bila dipadukan dengan lantai kayu furnitur berwarna putih.

Pasang lukisan di salah satu bagian dinding interior kamar minimalis

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Biasanya karya seni seperti lukisan ditaruh di ruang tamu atau ruang keluarga. Tetapi, tak ada salahnya lho menggantung lukisan untuk menghiasi kamar tidur minimalis Anda. Untuk mempertahankan kesan minimalis, sebaiknya gantung satu lukisan saja dan hindari menaruh banyak dekorasi tambahan.

Gunakan furnitur bernuansa alami

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Penggunaan furnitur berbahan kayu sangat disarankan untuk menghiasi kamar minimalis. Hal itu karena unsur kayu dapat membawa nuansa kenyamanan tanpa harus didekorasi berlebihan. Anda bisa memadukan furniture kayu dengan karpet dan tembok yang dicat berwarna abu-abu untuk mempertahankan nuansa kamar minimalis. Tambahkan juga sentuhan seni dengan memasang lukisan yang bertema alam.

Gunakan warna bold pada bed cover

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Bila Anda termasuk orang yang tak suka mengambil resiko dengan mengecat dinding dengan warna yang tak biasa, Anda bisa membuat tampilan kamar minimalis menjadi lebih hidup dengan memasang bed cover yang berwarna mencolok dan kontras dengan suasana di sekitarnya. Sebagai contoh, coba gunakan bed cover berwarna biru dan silver yang kontras dengan nuansa abu-abu muda di sekitar kamar. Pasti kamar tidur Anda akan terlihat jauh lebih menarik.

Pasang panel dinding beraksen menarik

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Banyak orang menghindari pemasangan panel dinding bermotif pada kamar tidur karena takut terlihat terlalu ramai. Padahal, bila dipasang bada bagian-bagian tertentu saja, nuansa minimalis masih dapat terasa kok. Anda bisa memasang panel di sudut-sudut sisi dinding, lalu tempelkan lampu baca agar terlihat semakin cantik. Letakkan bedside table di sisi kiri dan kanan tempat tider dan taruh bunga di atasnya.

Gunakan wallpaper pada satu bagian dinding saja

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Sebenarnya, tidak ada aturan yang mengharuskan seseorang untuk memasang wallpaper sampai menutupi seluruh dinding ruangan. Jadi, Anda bisa banget lho untuk memasang wallpaper di salah satu dinding kamar saja sekadar untuk memberikan aksen pemanis pada ruangan. Kalau biasanya wallpaper memiliki motif bunga atau objek yang ukurannya kecil, Anda bisa memilih motif yang berukuran besar agar terlihat unik. Pastikan warnanya senada dengan nuansa kamar ya, agar terlihat lebih menyatu.

Berikan sentuhan warna cerah dan motif pada sarung bantal

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Bantal adalah bagian penting dari tempat tidur. Oleh karena itu keberadaannya tidak boleh sampai diabaikan. Coba pasang sarung bantal dengan warna cerah seperti kuning, dan gunakan sarung bantal bermotif etnik pada bantal yang berukuran lebih kecil. Dengan trik sederhana ini, desain interior kamar Anda akan terlihat jauh lebih menarik dan cantik, padahal biaya untuk melakukan hal ini sangatlah murah dan tidak memerlukan usaha yang sulit.

Memadukan wallpaper dengan panel dinding

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Cara lain agar penataan interior kamar minimalis terlihat indah adalah dengan memadukan penggunaan wallpaper dengan panel dinding yang memiliki warna berbeda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan wallpaper berwarna abu-abu gelap dan panel dinding berwarna coklat.  Kombinasikan dengan bed cover berwarna abu-abu terang, maka interior kamar tidur minimalis Anda akan terlihat sangat elegan.

Karpet tebal sebagai aksesori utama di kamar

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Karpet yang diletakkan di kamar tidur memang sudah tidak aneh lagi. Tapi, menjadikan karpet sebagai titik pusat atau center point dekorasi sebuah kamar rasanya masing jarang dilakukan. Untuk bisa melakukan hal ini, coba tutupi seluruh permukaan lantai kamar dengan karpet tebal berwarna gelap. Padukan dengan warna-warna terang di sisa bagia kamar, maka jadilah karpet tersebut akan membawa nuansa yang eksotis pada kamar minimalis.

Hiasi kamar dengan dinding bata ekspos

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Walaupun di Indonesia masih jarang diaplikasikan, tetapi penggunaan dinding bata ekspos pada kamar tidur sudah banyak dilakukan di luar negeri, terutama pada apartemen-apartemen bergaya tipe industrial di Amerika Serikat. Dinding bata ekspos memang dapat memberikan sentuhan unik bergaya modern pada kamar tidur, apalagi bila dikombinasikan dengan cat berwarna putih dan lantai kayu. Anda juga bisa meletakkan tanaman hias di sebelah tempat tidur dan memasang lampu di sisi kanan dan kirinya.

Memanfaatkan ruangan attic sebagai kamar minimalis

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Kalau biasanya banyak orang lebih suka menggunakan ruang di bawah atap alias attic sebagai gudang penyimpanan, kenapa Anda tidak menggunakannya sebagai kamar tidur saja? Bentuknya yang unik malah bisa membuat kamar minimalis Anda terlihat menarik. Anda bisa memakai lantai kayu dan dinding berwarna putih untuk menghilangkan kesan sempit. Tambahkan juga lukisan gantung untuk mempercantik ruangan.

Interior kamar minimalis dengan nuansa futuristik

Interior Kamar Minimalis, sarae.id
pixabay.com

Rasanya masih jarang terlihat ya orang yang menggunakan tema futuristik pada kamar tidurnya. Tapi hal ini bukan tak mungkin dilakukan, lho. Anda tak perlu membawa nuansa futuristik secara keseluruhan, cukup menambahkan sedikit saja elemen yang tepat agar nuansa futuristik bisa terasa. Pasang beam lamp gantung di sisi kanan dan kiri tempat tidur. Gunakan dominan warna silver agar memberi kesan futuristik. Supaya kamar tetap terlihat nyaman, padukan dengan panel dinding kayu di belakang headbord tempat tidur.

Nah, bagaimana 13 tips menata interior kamar minimalis tadi? Dari semua ide tadi, mana yang jadi favorit Anda? Semoga Anda bisa dapat banyak inspirasi ya dan segera melakukan makeover agar suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman untuk ditempati. Selamat menata interior kamar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis