Apa sih Perbedaan Arsitek dan Desain Interior?

desain interior, sarae.id

Desain Inrterior – Sobat sarae, pernah nggak sih merasa bingung mau memilih arsitek atau desainer interior untuk kebutuhan interior rumah? Bagi sebagian orang, membedakan dua profesi ini memang sedikit sulit terlebih kalau kamu masih awam.

lantas apa sih perbedaan keduanya? 

Arsitek dan desain interior adalah dua profesi yang mempunyai fokus serta tanggung jawab berbeda. Namun keduanya mempunyai persamaan dalam objek yang digeluti, yakni sebuah bangunan. Bagaimana mereka bertanggung jawab dalam mendesain serta menciptakan suatu bangunan agar lebih indah dan fungsional.

Bila melihat secara teknis, arsitek akan bertugas merancang interior hingga eksterior suatu rumah yang akan dibangun. Sementara desain interior cenderung lebih berfokus pada tampilan interior yang telah dibangun. Bagaimana, sudah sedikit terbayangkan gambaran tugas masing-masingnya kan?

desain interior, sarae.id

Arsitek akan selalu dikelilingi oleh garis, sudut dan angka yang dipadukan dalam rencana perancangan bangunan. Berfokus pada hal tersebut nantinya arsitek harus bisa menggabungkan fungsi ruangan ataupun bangunan, keamanan serta kebutuhan apapun dalam perancangan. 

Sementara itu, seorang desain interior akan lebih mengedepankan estetika dalam perancangan interior ruang atau bangunan yak tak akan lepas dari nilai kenyamanan, efisiensi, efektivitas, serta keamanan tiap elemen ruangan. Mulai dari pemilihan furniture, pencahayaan, tata letak, ceiling, motif pola lantai hingga pemilihan warna cat. 

Baik arsitek atau desain interior, kedua sama-sama bisa membantu mewujudkan hunian sesuai yang kamu harapkan.

desain interior, sarae.id

Apa Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek dan Jasa Desain Interior

Lantas, seberapa pentingkah menggunakan jasa arsitek atau desain interior dalam perancangan suatu bangunan? penting sekali dong. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, berikut beberapa diantaranya.

Perencanaan yang Matang untuk Desain Interior dan Bangunan

Hal yang perlu dilakukan sebelum sobat sarae membangun suatu rumah atau membuat furniture yaitu melakukan perencanaan. Tentukan konsep yang ingin diterapkan agar terstruktur, rapi serta terencana.

Sebelum berkonsultasi dengan jasa desain profesional, kamu bisa coba mencari konsep dan model yang diinginkan. 

Selanjutnya, saat hendak berkonsultasi dengan arsitek dan desain interior mereka akan mencoba mempelajari apa sih yang jadi keinginan dan kebutuhan clientnya. Hal ini bertujuan agar bisa membuat perencanaan sesuai dengan budget serta konsep yang ingin diterapkan. Sehingga resiko over budgeting bisa dihindari. 

Efisien, Client Tak Perlu Terjun Langsung

Sobat sarae tentu memiliki kesibukan yang membuat sobat tak bisa turun langsung ke lapangan serta mengawasi project interior. Bila menyewa jasa profesional, kamu tak perlu lagi melakukan hal tersebut sebab mereka akan bertanggung jawab penuh. 

Pasalnya, arsitek atau desain interior akan memberikan pelayanan mulai dari tahap awal seperti menentukan konsep, anggaran biaya, serta hal-hal teknis lainnya. Kamu hanya tinggal menerima laporan progress pengerjaannya saja. Lebih efisien kan?

Profesionalitas

Arsitek atau desain interior biasanya sudah memiliki jam terbang serta pengalaman tinggi. Bahkan kalau soal taste yang unik dalam perancangan interior sudah tak perlu diragukan lagi. Begitupun soal pemilihan material yang berkualitas. 

Eye catching

Kamu pasti ingin mendapatkan hasil akhir perancangan interior yang indah dan sesuai keinginan, betul tidak? 

Arsitek maupun desainer interior dapat memberi jaminan hasil akhir sesuai apa yang telah dikonsepkan sejak awal. Nilai estetika pun bisa semakin nampak. 

Harga jual

Apapun yang dirancang serta didesain oleh seorang desainer interior atau arsitek profesional biasanya mempunyai nilai jual tinggi. Kenapa? Sebab nilai estetika serta keamanan bagunan meruoakan key selling pointnya. 

Sobat Sarae, itulah perbedaan arsitek dan desainer interior yang penting diketahui agar kedepannya bisa lebih mudah menentukan jasa mana sih yang akan dipilih sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis