5 Desain Dapur Kecil ini Paling Bisa Bikin Betah!

desain dapur kecil, sarae.id

Beberapa orang kerap mempermasalahkan dapurnya yang berukuran terbatas. Menyulitkan saat bergerak hingga tak ada space penyimpanan untuk alat masak. Hem, tapi kira-kira bisa nggak ya menyulap interior dapur kecil jadi super nyaman dan super multifungsi? Tentu saja bisa.

5 desain dapur kecil berikut akan menginspirasimu, simak yuk!

Inspirasi Desain Dapur Kecil

Sobat sarae, dapur memang menjadi ruang khusus dalam rumah yang harus didesain dengan tepat. Sebab hal tersebut bisa mempengaruhi produktifitas para penggunanya. Lantas, seperti apa sih desain dapur yang direkomendasikan?

1. Dapur dengan Kabinet Full sampai Plafon

Inspirasi desain yang pertama, sobat sarae bisa coba menerapkan dapur dengan penerapan kabinet full sampai plafon dimana tak akan ada ruang atau space antara kabinet dan atap. Desain ini bisa diterapkan bila ukuran ruangan cukup terbatas. Dengan begitu, kamu bisa tetap memiliki tempat penyimpanan yang maksimal.

desain dapur kecil, sarae.id

Area memasak tak akan terganggu dengan peralatan masak yang biasa di simpan di atas top tabel. Space mencuci pun jadi lebih nyaman. Bila memiliki elektronik dapur seperti oven, kamu bisa membuat kabinet khusus untuk menyimpannya.

2. Dapur dengan Kabinet Atas dan Bawah Super Multifungsi

desain dapur kecil, sarae.id

Saat merancang desain dapur, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur ruang dapur, Jangan langsung memilih desain ya! sebab bisa jadi desain yang kamu pilih tak bisa diterapkan pada ukuran dapurmu.

desain dapur kecil, sarae.id

Bila sudah tau berapa ukuran ruang dapurmu, selanjutnya tentukan space apa saja sih yang dibutuhkan di dalam kabinet? Misalnya, space untuk menyimpan gas, menyimpan alat masak, menyimpan rak piring, rak gelas, rak sendok, kulkas, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa membuat space kabinet yang ukurannya proporsional.

3. Dapur dengan Top Table Pilihan

Ada banyak jenis top table yang bisa kamu pilih, mau yang terbuat dari batu alam atau dari material kayu? Meskipun dapur berukuran kecil bukan tak mungkin kalau urusan top table kamu bisa memilih sesuai keinginan.

desain dapur kecil, sarae.id

Bila ingin yang lebih kuat dan tahan lama kamu bisa coba terapkan material batu alam granit atau marmer. Namun bila budget terbatas menerapkan material kayu dengan finishing HPL pun tak ada salahnya. Tingkat keawetan akan bergantung pada pengguna, apakah bisa merawatnya dengan tepat atau tidak?

Sebab tak jarang dapur yang awalnya dirancang sebagus mungkin namun pengguna tak mampu merawat akhirnya malah berakhir tak nyaman.

4. Desain Dapur Estetik dengan Material Tahan Lama

Sobat sarae, bila menerapkan konsep desain tertentu pada dapur biasanya sobat akan merasa lebih nyaman loh. Seperti contoh desain berikut ini yang menerapkan konsep scandinavian.

desain dapur kecil, sarae.id

Penerapan warna dominan putih dikombinasikan dengan woodgrain terasa lebih estetik, clean dan super nyaman. Apalagi dengan penerapan material berkualitas. Top table dari material marmer yang kuat dan tampilannya terkesan lebih mewah serta elegan. Lalu, bagian backsplash pun terlindungi oleh keramik dinding.

Di bagian bawah kabinet atas diterapkan lampu kerja, mendukung pengguna dapur bisa lebih produktif karena pencahayaan yang maksimal. Agar sirkulasi udara di dapur tetap terjaga, exhaust hood pun menjadi solusi paling tepat. Uap yang dihasilkan saat memasak tak akan membuat dapur lembab sebab langsung dihisap oleh exhaust.

5. Dapur Kecil dengan Meja Bar Multifungsi

Ruang dapur kecil, kira-kira bisa nggak ya dibuatkan meja bar? Bisa banget dong, cobalah berkonsultasi pada interior desainer yang tepat. Mintalah mereka mengatur tata letak yang pas untuk meja bar di area dapur.

desain dapur kecil, sarae.id

Nah, agar tak hanya sekedar meja untuk menyimpan makanan, kamu bisa coba custom meja bar yang multfiungsi. Dimana terdapat kabinet penyimpanan pada bagian bawah meja atau memberikan sedikit space kabinet di salah satu sisi mejanya.

Itulah 5 desain dapur kecil yang bisa jadi refrensi dalam merancang dapur yang bikin betah. Jadi, mana nih desain favorit kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis