Mau Membuat Desain Tangga Rumah Minimalis? Ini Tipsnya!

Desain Tangga Rumah, sarae.id

Desain Tangga Rumah – Rumah minimalis tak selalu identik dengan satu lantai saja, namun beberapa rumah kerap memiliki ruang tambahan di lantai dua. Untuk akses menuju lantai atas tentu membutuhkan tangga. Nah, kesederhanaan desain tangga rumah minimalis sendiri sangat memerlukan perancangan, instalasi hingga finishing yang tepat serta akurat. Kamu tentu tak mau bila adanya tangga malah akan mempersempit rumah kan?

Desain Tangga Rumah, sarae.id
Sumber gambar: bramblefurniture.com

Oleh sebab itulah salah satu faktor penting agar bisa melengkapi desain rumah minimalis yaitu dengan memanfaatkan trik desain tangganya. Selain menjadi penghubung antar lantai rumah bertingkat, adanya tangga juga bisa menjadi sentuhan dekoratif tersendiri. Sehingga kesan elegan hingga estetik bisa tercipta hanya dengan sebuah tangga.

Lantas, adakah yang harus diketahui sebelum membuat tangga rumah minimalis? Tentu saja ada sobat sarae, untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut yuk!

Membuat Desain Tangga Rumah Minimalis

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum membuat desain, hal-hal ini berkaitan juga dengan proses perencanaan produksi tangga nantinya.

1. Menentukan Model dan Desain

Beberapa orang biasanya sudah memiliki suatu konsep desain interior tertentu untuk diterapkan pada huniannya. Atau justru memang sudah menerapkannya. Nah, agar tangga dan hunian bisa selaras, sebaiknya kamu pilih model dan desain tangga yang memang memiliki konsep yang sama.

Misal, kalau ingin tema rustik maka pemilihan desain tangga yang berkaitan dengan rustik. Sebelum minta bantuan desainer profesional, kamu sebaiknya coba mencari referensi desain terlebih dahulu. Pinterest bisa menjadi salah satu sumber inspirasimu.

2. Menentukan Posisi Tangga

Selanjutnya untuk posisi tangga. Sangat disarankan agar posisinya berada di area yang mudah dijangkau dari berbagai sudut rumah. Sehingga kamu akan sangat terbantu dan benar-benar mendukung mobilitas tiap orang yang ingin mengakses tangga.

3. Memastikan Tingkat Keamanan

Sobat Sarae, untuk mendukung tingkat keamanan pada tangga sebaiknya kamu menggunakan railing tangga. Entah yang berbahan dasar kayu atau besi, namun pastikan bahwa material yang digunakan memang aman.

Penerapan railing sendiri bertujuan untuk mengantisipasi dan menghindari kemungkinan adanya kecelakaan seperti terjatuh. Khususnya pada lansia dan anak-anak.

4. Memastikan Kualitas Anak Tangga

Anak tangga yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas akan berpengaruh pada tingkat ketahanan dan keamanan. Mampukan tangga bertahan dalam jangka waktu lama? Kamu harus memastikan hal ini ya sebelum membuat tangga rumah.

5. Menentukan dan Memastikan Material

Material berkualitas biasanya memang memiliki harga yang sedikit mahal. Namun, sebaiknya kamu tak masalah dengan hal tersebut bila ingin umur tangga mu bertahan dalam waktu lama.

Inspirasi Desain Tangga Rumah Minimalis 

Oke sobat sarae, bila belum mendapatkan inspirasi desain tangga yang cocok, beberapa desain berikut mungkin bisa menginspirasimu.

Tangga dengan Railing Kaca

Desain Tangga Rumah, sarae.id

Ingin mendapatkan tampilan tangga yang elegan dan matching dengan vinyl lantai yang digunakan? Kamu bisa coba menerapkan konsep desain railing kaca seperti ini. Bagian anaka tangga terbuat dari material berkualitas dilapisi vinyl motif woodgrain.

Tangga Estetik dan Multifungsi

Desain Tangga Rumah, sarae.id

Siapa bilang tangga hanya bisa berfungsi sebagai akses untuk menuju lantai atas saja? Yuk buat desain tangga seperti di atas agar terlihat lebih estetik dan multifungsi. Dimana terdapat ruang di antara anak tangga yang bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan. Kamu bisa menaruh beberapa koleksi buku atau tanaman hias agar memberikan sentuhan yang lebih dekoratif. Penggunaan railing pun semakin menambah tingkat keamanan pada tangga.

Tangga dengan Landing Multifungsi

Desain Tangga Rumah, sarae.id
Sumber desain: delution architect

Tangga karya Delution Architect di atas bisa menjadi inspriasimu selanjutnya. Bagian landing tangga yang dibuat tak terduga ternyata terlihat lebih menarik. Cukup berbeda dengan desain tangga secara umum. Kamu juga bisa menambahkan laci untuk penyimpanan ekstra atau furniture yang memang terintegrasi pada bagian landingnya.

Oke sobat sarae itulah ulasan singkat mengenai pembuatan desain tangga rumah minimalis. Bagaimana, apakah artikel ini cukup membantumu? Bila iya, yuk kepoin artikel-artikel lain yang ada di website sarae!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis