Desain Kamar Tidur Sederhana, Cocok untuk Ruangan Sempit!

Desain kamar tidur, sarae.id

Desain Kamar Tidur – Sobat Sarae, mendesain ruangan pada rumah dengan super nyaman memang menjadi suatu kebutuhan. Benar tidak? Apalagi bila ruangan tersebut sangat penting untuk kita seperti Kamar Tidur yang selalu dijadikan area privat dalam suatu rumah.

Tak bisa dipungkiri menciptakan desain kamar tidur sederhana memang sedikit sulit. Sebab furniture pada kamar tidur biasanya cenderung berukuran besar; lemari pakaian, divan, belum lagi elemen lain yang diterapkan guna mempercantik kamar. Beberapa orang yang salah dalam mendesain terkadang malah bisa membuat ruang kamar terasa sumpek.

Desain Kamar Tidur Sederhana

Sebetulanya bila kamu merencanakan dengan baik, bukan tak mungkin bisa menciptakan desain kamar tidur sederhana sesuai keinginanmu. Asalkan bisa mengendalikan elemen yang ada; menentukan dengan tepat pemilihan furniture dan dekorasinya. Agar sobat sarae bisa mendapatkan referensi desain kamar yang tepat, yuk simak beberapa referensi desain berikut ini!

Penerapan Desain Kamar dengan Furniture Multifungsi

Apakah kamu tipe orang yang selalu menghabiskan banyak waktu dalam kamar bila sedang di rumah? Kalau iya, desain kamar tidur super multifungsi sangat cocok untuk mu.

Desain kamar tidur, sarae.id
Sumber: Homesthetics

Memilih furniture minimalis sekaligus multifungsi. Sehingga tidak hanya membuat ruangan terasa lebih luas, namun kamu memiliki cukup banyak ruang untuk menyimpan barang pribadimu. Seperti divan yang didesain dengan banyak storage pada bagian bawahnya, kamu bisa meletakan bad cover, sarung bantal dan perlengkapan tidur lain pada storage tersebut.

Ada pula lemari yang ukurannya menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Tak lebar namun dibuat lebih tinggi sehingga space penyimpanan tetap bisa digunakan semaksimal mungkin. Begitupun dengan meja belajar serta furniture kamar lainnya. Perpaduan warna netral antara putih dan woodgrain pun semakin menambah kesan luas dan nyaman.

Bila kamu ingin memberikan sentuhan estetik, cobalah memajang lukisan abstrak atau apapun yang kamu sukai di bagian dinding. Atau kalau ada ambalan, kamu bisa meletakkan di sana, sehingga terlihat seperti susunan mini galeri yang tersusun rapi dan cantik.

Lemari Built-in untuk Memperluas Area Kamar

Bila ruangan relatif lebih kecil, desain ruangan dengan menerapkan lemari model built-in atau lemari tanam sangatlah cocok. Dimana bagian kabinet lebih menjorok ke dalam, bagian pintu akan sejajar dengan dinding. Sehingga tak perlu lagi mengorbankan space ruangan untuk lemari.

Desain kamar tidur, sarae.id
Sumber gambar: homify.co.id

Agar tak terlalu monoton, kamu bisa coba menambahkan sentuhan dekorasi pada dinding kamar. Bila ingin lebih meriah, cobalah membuat mural atau menerapkan stiker dinding dengan karakter tertentu. Atau bila kesan minimalis tak mau hilang, cukup dengan memajang beberapa karya lukisan.

Kamar Tidur dengan Kasur Bertingkat

Sederhana namun nyaman itu kan yang ingin kamu rasakan? Referensi desain selanjutnya sangat cocok nih bila ukuran ruangan kamar sobat sarae benar-benar minimalis.

Desain kamar tidur, sarae.id
Sumber gambar: casaindonesia.com

Menerapkan desain tempat tidur bertingkat, tak ada salahnya dicoba. Dimana peletakan tempat tidur akan sedikit lebih atas dengan akses menggunakan tangga yang sudah dicustom sesua keinginanmu. Pada bagian bawah tempat tidur bisa digunakan sebagai ruang belajar, dan tempat menyimpanan koleksi pakaian, sepatu serta aksesoris lainnya.

Sediakan karpet bulu dengan ukuran tak terlalu besar agar sobat sarae bisa dengan nyaman saat ingin duduk di lantai. Penggunaan lantai vinyl pun semakin menyempurnakan desain kamar, lantai akan terasa lebih dingin. Sementara itu, untuk warna cat dinding sangat disarankan memilih warna-warna netral kalaupun ingin mengkombinasikan warna sebaiknya tak lebih dari 3 warna ya.

Desain Ruang Tidur yang Unik

Apakah sobat sarae sangat suka mengeksplore hal-hal unik? Bila iya, referensi desain selanjutnya mungkin bisa menginspirasi.

Desain kamar tidur, sarae.id
Sumber: Pinterest agus_supriyansy

Ruang terbatas juga bisa banget didesain dengan unik. Kamu bisa lihat pada referensi gambar di atas. Divan dibuat sederhana menggunakan material plywood dan bagian finishing dibiarkan terlihat seperti kayu saja, bisa dilapisi oleh HPL atau dihaluskan menggunakan teknik khusus. Sebuah tangga kecil yang terbuat dari bambu pun dengan unik bisa difungsikan sebagai tempat menyimpan handuk, sarung, dan yang lainnya. Warna cat mengkombinasikan dua warna netral yakni hijau tosca dan putih. Pajangan dinding serta gambar peta memberikan kesan lebih hidup dan berbeda.

Kombinasi Minimalis-Modern dalam Satu Ruangan

Pada umumnya desain kamar tidur sederhana dibuat untuk menciptakan sebuah ruangan dengan kesan multifungsi. Dimana bukan hanya bisa digunakan sebagai tempat istirahat saja, namun kamar bisa digunakan sebagi ruang belajar atau aktivitas lain. Oleh sebabitulah penataan perabotan harus dipikirkan secara matang.

Desain kamar tidur, sarae.id
Sumber gambar: pinterest

Beberapa furniture utama bisa dibuat sefungsional mungkin. Seperti tempat tidur yang merangkap dengan kabinet, layak sekali ditiru. Bisa menjadi solusi storage yang terkadang menjadi kendala pada desain ruang tidur yang sederhana. Di samping itu, agar menghidupkan suasana dalam kamar, cobalah menerapkan kombinasi warna pada titik yang tepat; karpet, sprei dan tirai.

Oke sobat sarae, itulah inspirasi desain kamar tidur yang bisa coba kamu terapkan! Bagaimana cukup bermanfaat dan mengispirasikan? Yuk makeover kamar sesuai keinginanmu sekarang juga, jangan lupa share hasil makeovermu ke sosial media agar bisa menginspirasi banyak orang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis