Inspirasi Cat Eksterior Rumah dengan Gaya Modern

, sarae.id

Pilihan warna cat untuk eksterior atau fasad rumah akan menentukan tampilan akhir hunian anda. Jika berbicara teknis dan detail cat eksterior rumah haruslah yang khusus dan tentunya berbeda dengan cat interior. Cat eksterior harus dapat tahan terhadap panas matahari dan air hujan. Tahan artinya tidak cepat pudar atau pun berubah warna terkena terpaan cuaca. Di tengah trend ekspos material bagi eksterior rumah, penyelesaian akhir menggunakan cat masih banyak disukai dan dilakukan pada hunian modern. Perpaduan ekspos material seperti ekspos bata, semen, metal dan kayu masih banyak mengombinasikan dengan cat untuk tampilan yang lebih harmonis. Dari segi estetika, warna dan tekstur cat eksterior rumah akan membentuk dan memperkuat konsep desain arsitektur yang ingin anda capai bagi rumah anda. Selain warna, dewasa kini telah banyak inovasi teknik mengecat sehingga tampilan tidak melulu monoton 1 warna. Berikut adalah pilihan warna, tekstur dan teknik pengecatan eksterior rumah yang menjadi favorit dan ideal bagi hunian gaya modern.

1. Raw / Exposed Material Look

, sarae.id
source: interiorzine.com

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya tentang bagaimana tampilan raw / mentah seperti ekspos material menjadi trend masa kini, salah satu yang menjadi primadona adalah dinding semen ekspos. Banyak yang menyukai tampilan seperti ini, namun karena finishing yang minim dan tanpa coating, semen ekspos dapat  cepat menimbulkan bercak hitam jika sering terkena air ataupun retak rambut yang lebih terlihat jika kualitas pekerjaan petukangannya kurang apik. Dalam hal ini, beberapa orang memilih untuk mengecat eksterior rumah dengan tampilan mimik ekspos look itu sendiri. Salah satu trik yang dapat digunakan adalah membuat dimensi dari warna cat yang lebih tua, misal abu tua, dan mencampurnya dengan warna abu muda dilapisan akhir dengan teknik tertentu yang membuat tampilan dinding tidak flat dan nampak seperti ekspos semen.

2. Cat Eksterior Hue Monokrom

, sarae.id
source: concretehouse.be

Warna monokrom terdiri dari putih, hitam dan abu-abu dari abu terang ke gelap mendekati hitam. Perpaduan warna monokrom sebagai warna cat eksterior rumah akan menegaskan gaya modern rumah anda. Seperti yang kita ketahui, masyarakat sangat menyukai istilah gaya minimalis dimana merupakan gaya berkebalikan dari klasik yang rumit didalam bayangan mereka. Minimalis artinya tidak menggunakan warna-warni tajam dan cenderung berdiri pada pilihan aman warna cat rumah yaitu warna monokrom. Cocok untuk anda yang menginginkan kesan dingin bagi rumah anda. Yang harus diperhatikan adalah jika anda memilih warna putih sebagai warna general interior anda, gunakan yang tahan air dan mudah dibersihakn apabila ada noda ataupun bercak kotor.

3. Cat Eksterior Hue Pastel

, sarae.id
source: kaboompics.com

Warna pastel atau warna turunan dari warna primer yang tajam juga cocok untuk menjadi finishing cat eksterior gaya modern. Bagi mereka yang merasa warna monokrom terasa membosankan, warna-warni hue pastel dapat menjadi pilihan. Dari warna beige atau cream yang merupakan pilihan aman bagi cat eksterior hingga warna pink atau biru langit dapat menjadi cat warna eksterior yang cantik jika dipadupadankan dengan material lain seperti kaca, metal dan batu alam.

4. Cat Eksterior Tekstur Kamprot

, sarae.id
source: archdaily.com

Dinding kamprot pada dasarnya adalah teknik pembuatan penyelesaian permukaan dinding yang memiliki tekstur kasar. Pengertian dari tekstur kasar di sini cukup beragam dari segi variasi bentuk, corak. dan finishing itu sendiri. Dinding kamprot akan terlihat acak alias tidak sempurna, bertekstur timbul dan kasar jika disentuh, namun tampilan yang tidak sempurna inilah yang sering diburu untuk kesan unik yang berbeda dan menarik. Dinding kamprot juga menjadi bagian jenis tampilan eksterior rumah. Dinding kamprot tidak hanya bisa dibuat dengan warna abu layaknya semen namun berbagai warna. Cat eksterior kamprot cocok untuk tampilan natural yang modern juga tidak membosankan.

5. Paint Sheen Type

, sarae.id
source: behance.net

Paint sheen adalah tingkat kilau tampilan cat eksterior anda. Hal ini adalah yang penting diperhatikan juga selain warna. Tingkat kilau cat berhubungan langsung dengan jenis tampilan yang anda sukai dan karakteristik setiap tampilan kilau memiliki pro dan kontra dalam aplikasi dan perawatannya. Paint sheen terbagi menjadi 3 tipe, matte atau tanpa kilau, eggshell / satin, dan glossy. Kelebihan dari matte finish adalah lebih modern, dapat menutupi bagian yang tidak rata atau kekurangan dari permukaan dinding dan lebih cepat mengering, kekurangannya adalah lebih mudah terkelupas dan sulit dibersihkan. Satin finish dan glossy, membuat permukaan lebih mudah dibersihkan, memberikan kesan mewah pada eksterior rumah. Namun, membutuhkan waktu lebih lama untuk kering dan jika permukaan dinding tidak rata atau tidak sempurna, cat glossy akan lebih menampakannya.

6. Cat Metalik

, sarae.id

Walaupun banyak digunakan sebagai tampilan cat interior, tampilan cat metalik juga banyak digemari sebagai finishing fasad rumah. Efek metalik sebagai hasil akhir dari cat eksterior dapat membuat tampilan rumah anda tidak hanya modern namun bahkan futuristik. Padukan cat metalik dengan jenis cat yang lebih general dan polos agar lebih seimbang dan menonjol. Cat metalik dapat membuat eksterior rumah terlihat lebih mewah.

7. Cat Eksterior Kayu

, sarae.id
source: southernlivin.com

Panel kayu sebagai material eksterior banyak kita temukan di rumah ala American. Modern ataupun classic, di perumahan pinggiran kota akan banyak kita jumpai rumah dengan gaya American classic yang memiliki ciri fasad dari bilah-bilah kayu yang dicat. Pada praktiknya, eksplorasi banyak warna untuk jenis rumah seperti ini banyak dilakukan. Walau di negara tropis seperti Indonesia, tidak banyak rumah yang menggunakan material kayu sebagai material eksterior dikarenakan curah hujan yang tinggi dan atau musim kemarau yang sudah pasti akan membuat kayu cepat rusak dan membutuhkan perawatan ekstra jika digunakan sebagai material eksterior, laiknya kita mengetahui juga jenis cat eksterior pada tampilan kayu seperti ini.

, sarae.id
source: gardenista.com

Cat eksterior yang banyak digunakan adalah warna gelap dan berkarakter seperti hijau tua atau zamrud, abu tua, biru gelap dan cokelat tua. Warna gelap cocok jika rumah anda menghadap ke arah utara atau selatan. Dimana matahari tidak terlalu tajam. Warna cerah seperti putih, merah muda dan beige cocok jika rumah memilki banyak pohon dan ingin tampl cerah.

Demikian beberapa tipe cat eksterior berdasarkan warna, tekstur dan efek tampilan. Anda dapat menggunakan satu atau lebuh jenis cat eksterior diatas dengan memadukannya dengan material lain pada elemen eksterior rumah seperti kanopi, pekerasan lantai, warna genting dll dengan harmonis dan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis