Ide Furniture Kayu untuk Interior Rumah

furniture kayu, sarae.id

Furniture Kayu – Sepertinya, hampir semua orang di seluruh dunia menyukai furniture yang terbuat dari kayu. Apapun bentuknya, furniture kayu memang masih menjadi favorit terutama untuk hunian yang ada di Indonesia. Namun, tidak selamanya anda harus selalu membeli furniture dari material kayu sebab sebenarnya anda juga bisa membuatnya sendiri dari mulai tempat tidur tingkat, rak multifungsi bahkan sampai rak untuk bumbu dapur yang nantinya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Ide Furniture Kayu

Sebagai inspirasi tambahan, berikut akan sarae berikan ulasan tentang apa saja furniture berbahan dasar kayu yang bisa anda buat sendiri di rumah atau juga bisa menggunakan jasa dari tukang kayu.

1. Furniture Kayu Tempat Tidur Tingkat Lengkap Dengan Soda Beda

Untuk inspirasi furniture berbahan kayu pertama yang bisa anda buat sendiri di rumah adalah tempat tidur tingkat yang dilengkapi juga dnegan sofa bed. Tidak hanya menjadi perabot kayu wajib di kamar tidur anak anak zaman dulu, namun tempat tidur kayu ini juga masih cocok diterapkan untuk hunian sekarang sebab bisa disesuaikan dengan tema ruangan.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Hanya dengan sedikit kreasi dan tambahan rekayasa, kasur tingkat ini sangat cocok digunakan untuk kamar tidur anak remaja dan juga bisa digunakan untuk kamar tidur orang dewasa. Untuk material kayu terbaik adalah kayu ek atau kayu jati yang meski memang berat namun bisa lebih awet hingga bertahun tahun.

2. Furniture Kayu untuk Dapur yang Fungsional

Furniture kayu buatan sendiri juga bisa ditempatkan pada area dapur seperti salah satunya adalah furniture dapur fungsional. Sifat kayu yang fleksibel membuat material ini akan lebih mudah dibentuk menjadi furniture yang sebaguna.

Jika dilihat, lemari dapur sepert

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

i gambar di atas terlihat seperti rak kecil lengkap dengan beberapa laci pada bagian bawahnya. Ditambah lagi dengan pintu yang juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan bumbu dapur sehingga tampilan dapur akan terlihat rapi secara menyeluruh.

 

3. Tempat Tidur Kayu Lengkap Dengan Kanopi

Pilihan lain furniture berbahan dasar kayu yang bisa anda buat sendiri adalah tempat tidur kayu yang dilengkapi dengan kanopi. Ini menjadi pilihan sempurna bagi para pasangan agar bisa menghadirkan suasana yang romantis setiap hari.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Kehadiran tempat tidur kayu yang dilengkapi dengan kanopi ini bisa menghadirkan suasana yang lebih intim dan bahkan bisa anda tambahkan kembali dengan berbagai elemen hias sesuai selera untuk menyempurnakan tampilan tempat tidur ini. Kombinasi warna coklat dari kayu asli yang berpadu dengan warna putih dari tiari kanopi dan warna putih dari tirai jendela dan lantai serta tambahan furniture berbahan kayu lain seperti lemari kecil nantinya akan memberikan tampilan kamar tidur yang tidak hanya romantis namun juga elegan.

4. Hiasan Dinding dan Langit Langit

Untuk anda yang ingin mendesain kamar tidur berukuran sempit, maka elemen kayu juga menjadi pilihan yang paling cocok. Untuk membuat furniture kayu berupa hiasan dinding dan juga langit langit ini, anda bisa menggunakan jasa dari tukang kayu langganan anda dan tunjukkan desain yang sudah anda buat tersebut.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Nantinya, hiasan dinding dan juga langit langit di kamar akan terlihat sangat indah dengan tambahan lampu yang berpendar untuk menciptakan efek 3 dimensi pada kamar tidur yang akan semakin indah terlihat di malam hari.

Supaya tampilannya bisa serasi, sebaiknya gunakan warna pastel namun tidak terlalu ramai seperti warna biru muda pada gambar di atas yang bisa memberikan nuansa teduh dan menenangkan.

5. Furniture Kayu untuk Rak Serbaguna

Furniture kayu selanjutnya yang bisa anda buat sendiri di rumah adalah rak serbaguna. Rak yang terbagi bagi menjadi beberapa bidang ini bisa anda pakai untuk meletakkan berbagai kotak sesuai dengan isinya.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Rak serbaguna berbahan dasar kayu ini akan terlihat sempurna untuk menyimpan berbagai mainan di dalam kotak kotak terpidah di kamar anak yang tidak hanya bisa membuatkamar menjadi rapi, namun juga memudahkan anak anak ketika mencari berbagai benda yang mereka inginkan.

Untuk menambah keamanan, anda bisa membuat rak serbaguna dengan bobot yang sedikit berat sehingga tidak mudah bergeser atau jatuh menimpa anak anak.

6. Rak Tersembunyi Dapur

Untuk anda yang ingin memiliki rak penyimpan namun ruangan di dalam rumah sangat terbatas, maka rak tersembunyi ini menjadi pilihan yang tepat. Rak yang memiliki lebar tidak lebih dari 20 cm namun cukup tinggi ini letaknya tersembunyi seperti berada di balik dinding.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Rak tersembunyi berbahan dasar kayu ini nantinya bisa anda gunakan untuk menyusun panci serta peralatan masak lainnya dan pastikan membuat rak ini dengan bobot yang cukup berat agar tidak mudah roboh.

7. Furniture Daur Ulang

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Untuk membuat furniture kayu berupa furniture daur ulang, sepertinya anda membutuhkan jasa dari tukang kayu profesional agar hasilnya juga bisa terlihat sempurna. Dari berbagai bahan kayu yang tidak terpakai, sebenarnya bisa diolah kembali menjadi berbagai furniture cantik seperti contohnya meja kopi di gambar atas yang dulu sebetulnya adalah bekas dari sebuah pintu.

8. Rumah Rumahan Untuk Anak

Berbagai kayu bekas yang sudah tidak terpakai juga bisa anda ubah menjadi tempat main anak anak di halaman belakang rumah seperti rumah rumahan.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Anda hanya perlu menyusun berbagai balok kayu yang sudah tidak terpakai dan merangkainya menjadi sebuah rumah rumahan mini lengkap dengan tangga seperti yang ditampilkan pada gambar di atas. Sesudah itu, anda bisa mengecatnya sesuka hati untuk mempercantik tampilan rumah rumahan dari kayu bekas tersebut.

9. Furniture Kayu untuk Mengisi Ruang Bawah Tangga

Biasanya, area bawah tangga akan dibiarkan kosong terbuka yang sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai rak penyimpanan tambahan. Anda bisa memanfaatkan area kosong tersebut sebagai rak penyimpanan mantel, sepatu dan berbagai alat lainnya agar rumah anda tidak terlihat berantakan.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Agar warnanya bisa lebih serasi, pastikan anda mengecat rak kayu tersebut dengan warna yang senada dengan warna tangga, sehingga ketika tertutup akan terlihat menyatu dengan tangga.

10 Rak Pelengkap Taman

Bagi anda yang senang berkebun, anda juga bisa mengubah kayu bekas menjadi furniture kayu lain yang bermanfaat seperti rak pelengkap taman. Anda bisa menyusun papan papan kayu yang tidak terpakai menjadi satu yang nantinya bisa dibentuk horizontal untuk tempat menggantungkan tanaman rambat.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Selain itu, kayu juga bisa anda susun untuk membentuk box box kecil kemudian susun rapi di bawah rak gantung yang bisa digunakan juga untuk tanaman sehingga bisa menciptakan kombinasi cantik di taman tanpa memakan banyak ruang.

11. Pintu Serbaguna

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Anda juga bisa memanfaatkan pintu kayu sebagai pembatas ruangan untuk akses keluar dan masuk sebuah ruangan. Agar tidak terlihat terlalu biasa, anda juga bisa menambahkan dengan cermin yang ditempe dibalik pintu dengan ukuran yang juga sama seperti pintu. Nantinya, pintu ini juga bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih luas karena pantulan yang dihasilkan cermin.

12. Meja Belajar atau Meja Kerja

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Furniture kayu selanjutnya yang bisa mempercantik tampilan ruangan adalah meja belajar atau meja kerja. Agar tidak terlalu banyak memakan ruangan, anda bisa meminta tukang kayu untuk membuat meja belajar atau meja kerja dari kayu yang bisa dilipat seperti gambar yan dicontohkan di atas.

13. Tempat Tidur Dengan Laci

Agar tempat tidur bisa lebih multifungsi, anda bisa menambahkan beberapa buah laci di bagian bawah tempat tidur sehingga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan tanpa perlu menambahkan furniture lain ke dalam kamar anda.

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Tampilan tempat tidur dari kayu lengkap dengan laci laci yang bisa ditarik keluar nanrinya akan terlihat semakin sempurna ketika ditambahkan dengan lantai kayu serta nuansa cat coklat untuk seisi kamar tidur anda.

14. Bangku Dengan Tambahan Laci

furniture kayu, sarae.id
Sumber: Pinterest

Bangku yang ditambahkan dengan dengan beberapa buah laci di bagian bawahnya memang masih bisa dikatakan jarang digunakan di hunian Indonesia meski sudah menjadi hal yang umum digunakan di luar negeri.

Menambahkan laci pada bagian bawah bangku panjang juga bisa anda jadikan solusi memperbanyak tempat penyimpanan tersembunyi agar tampilan rumah anda tidak terlihat berantakan. Anda hanya perlu menambahkan beberapa box yang terbuat dari kayu kemudian serasikan cat box tersebut dengan cat bangku panjang dan sudah bisa anda isi dengan berbagai barang yang ingin anda simpan.

Demikian ulasan dari sarae kali ini tentang ide furniture kayu yang bisa anda buat sendiri di rumah atau dengan menyewa jasa tukang kayu untuk merubah kayu yang tadinya tidak terpakai menjadi lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis