Beberapa Tipe Mural Sebagai Sentuhan Seni Pada Hunian

, sarae.id

Mural dapat menjadi sentuhan dekorasi yang unik bagi interior hunian anda. Mural ada seni lukisan yang langsung dibuat pada dinding, plafon atau bagian arsitektural lainnya yang permanen. Mural memiliki sejarah yang cukup panjang, dimana berasal dari lukisan yang dibuat oleh manusia didalam gua bahkan sejak jaman sebelum masehi. Dalam perkembangan gaya arsitektur, mural banyak ditemukan dalam arsitektur gaya gothic / victorian dimana bangunan publik seperti gereja, perpustakaan, dan museum memiliki lukisan di langit-langit dan dinding interior nya. Mural adalah bagian dari konsep yang terintegrasi dengan aspek lain didalam interior sebuah bangunan. Jika anda adalah penggemar seni sebagai elemen estetik, tidak diragukan lagi bahwa anda akan menyukain mural sebagai bagian dalam dekorasi rumah anda. Berikut adalah beberapa tipe mural sebagai inspirasi anda!

1. Mural Klasik

, sarae.id
source: elledecor.com

Mural dengan tipe lukisan naturalis dan warna monokrom seperti ini sangat cocok dengan desain interior tipe klasik. Sama seperti elemen interior lainnya, mural pun harus memiliki tipe dan konsep yang sejalan dengan perabot dan gaya interiornya, karena biasanya mengambil area dinding yang cukup luas. Anda tentu tidak menginginkan mural yang terlihat tidak satu tema dengan interiornya. Seperti misalnya, gaya klasik dengan perabot berliku atau ukir tentu tidak sesuai dengan mural kontemporer atau karikatur. Terlihat dari gambar diatas bahwa selain menjadi vokal point desain interior, mural dapat dijadikan latar belakang yang jadi pelengkap ruangan anda.

2. Mural Naturalis dengan Warna Senada

, sarae.id
source: walmart.com

Mural dengan tema warna yang senada dengan kain-kain yang terdapat dalam interior anda seperti tirai, bantal sofa atau karpet juga dapat membentuk kesatuan yang estetik bagi ruangan. Mural seperti ini akan membuat tampilan interior yang terdesain dengan baik dengan konsep yang dipikirkan secara matang. Warna natural seperti merah muda, kuning muda dan biru langit yang tidak mencolok dapat menjadi pilihan yang ideal untuk konsep mural seperti ini.

3. Mural 3D

, sarae.id
source: Aliexpress.com

Untuk desain yang lebih modern dan futuristik, mural dengan efek 3D dapat menjadi pilihan yang akan menjadi vokal point interior anda. Warna primer dan bold seperti biru, merah ataupun ungu bisa digunakan untuk efek yang lebih tajam. Mural 3D adalah mural yang nampak timbul dan berniat memberi kesan desain yang tidak flat. Warna yang dipilih boleh saja bold dan cerah, namun pilihlah warna yang berada dalam 1 hue seperti biru muda ke biru tua dll.

4. Mural pada Plafon

, sarae.id
source: Etsy.com

Selain dinding, mural juga dapat dilukis diceiling atau plafon ruangan. Mural pada plafon biasanya merupakan gambar awan ataupun bintang-bintang sebagai mimik dari langit sungguhan untuk memberi efek dramatis pada interior anda. Mural pada plafon dapat lebih terapresiasi dengan membingkainya dengan kornis seperti pada gambar dibawah. Selain langit-langit warna pastel, lukisan bintang ataupun langit malam juga dapat memberi efek menyenangkan terutama bila di terapkan pada plafon kamar tidur.

, sarae.id
source: thehoneycombhome.com

5. Black and White Mural

, sarae.id
source: dropitmodern.com

Mural hitam dan putih dipilih biasanya untuk anak muda ataupun keluarga muda yang memiliki selera yang unik. Mural hitam putih biasanya berbentuk doodle atau gambar corat-coret berupa bentuk abstrak, karikatur, ataupun seni kontemporer lainnya. Mural hitam putih seperti ini dapat menjadi komplemen bagi interior degan perabot yang cenderung berwarna mencolok seperti oranye, merah ataupun kuning. Warna perabot ataupun dekorasi yang mencolok dapat di tone-down sehingga lebih nampak nyaman dimata.

6. Mural dengan Kutipan Motivasi

, sarae.id
source: Etsy.com

Mural dengan kata-kata mutiara penyemangat hari juga banyak dipilih biasanya untuk dekorasi dinding cafe ataupun restoran, namun dapat juga dipersonalisasi menjadi lukisan dinding hunian anda. Anda dapat memilih jenis tulisan yang anda sukai dan kata-kata yang anda favoritkan seperti misalnya, motto hidup, kata-kata orang sukses idola anda dan lainnya. Mural seperti ini dapat berbentuk hanya tulisan ataupun tulisan dengan gambar pelengkap sehingga menjadi satu kesatuan desain dinding. Sebelum anda memutuskan untuk melukis mural seperti ini, terlebih dahulu buatlah beberapa opsi font atau tipe tulisan yang diinginkan. Familierkan diri anda dengan tipe tulisan serif, sans serif ataupun dekoratif.

7. Mural yang Memberi Warna bagi Interior Minimal

, sarae.id
source: muralwallpaper.com

Jika black and white mural merupakan komplemen dari perabot dan interior yang berwarna cerah, mural yang berwarna dapat menyeimbangakan interior yang berwarna monokrom. Interior monokrom saat ini dapat dibilang tengah menjadi trend. Warna kayu muda, dinding putih, warna tirai ataupun bedcover putih dan abu. Elemen-elemen dekorasi lainnya juga menggunakan material dengan warna muda yang natural. Seperti lampu kayu, keranjang rotan dan lainnya. Interior seperti ini terkadang terlihat terlalu sepi dan polos. Mural yang cukup berwarna dan elegan dengan objek- objek yang sederhana dapat membuat interior menjadi lebih hidup.

8. Optical Illusion Mural

, sarae.id
source: limitlesswall.com

Optical illusion mural adalah lukisan pada dinding atau plafon yang memberikaan efek ilusi dalam beragam bentuk. Seperti pada gambar diatas, ilusi jembatan dan langit serta laut yang membuat kamar mandi yang kecil terkesan lebih luas dan atraktif. Seni ilusi mata ini awalnya berkembang dari seni melukis di jalan atau dinding kota. Mural yang membuat kota menjadi lebih atraktif bagi lokal ataupun turis. Misalnya gambar jalan yang terlihat terbelah menunjukan laut ataupun jurang dibawahnya, dll. Mural ini hampir sama dengan 3D mural yang memberi efek lebih dari yang tergambar, Namun jika 3D painting berfokus pada ilusi bentuk geometri, ilusi optik fokus terhadap gambar impressionis seperti pemandangan atau apapun yang menjadi kesatuan desain dari interior.

9. Mural Ilustrasi dan Karakter

lustrasi gambar hewan ataupun kartun yang memiliki anak kecil dirumah. Mural kartun atau karakter dapat dijadikan karya tambahan bagi desain ruang belajar, kamar, dan ataupun ruang bermain anak anda. Karakter hewan, kartun favorite ataupun superhero kesukaan anak anda dapat dijadikan referensi karya mural ini. Mural seperti ini dapat menjadikan desain ruangan lebih playful dan memecah kekakuan desain interior anda. Libatkan anak dalam memilih karakter apa yang ingin dilukis.

, sarae.id
source: mydeal.com.au

Sekian beberapa tipe mural yang dapat dijadikan inspirasi projek interior anda dimasa depan. Dapat diingat bahwa jika anda melakukannya sendiri dan bukan menyewa seorang seniman yang jago lukis, buatlah terlebih dahulu mock-up pada kanvas ataupun media kertas dengan skala yang lebih kecil. Gunakan imajinasi dan kreatifitas anda dalam penyesuaian antara proporsi bidang dinding dengan objek yang ingin dilukis. Lalu, buatlah sketsa pada dinding dengan pensil tipis untuk dapat diperbaiki sebelum cat digunakan. Selain mock-up lukisan, buatlah dulu percampuran warna yang diinginkan, sapukan sepetak kecil pada dinding untuk melihat kecocokannya dengan tekstur dinding dan cahaya interior anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis