Inspirasi Apartemen Gaya Korea Selatan

, sarae.id

Sepertinya sudah bukan hal yang janggal lagi jikalau, budaya hiburan, hari raya dan kehidupan sehari-hari Korea Selatan banyak mempengaruhi kebudayaan modern khususnya wanita dan remaja di Indonesia. ‘Demam’ k-pop adalah salah satu gelombang pertama yang membawa animo masyarakat terhadap musik dan bintang korea selatan ke puncak perhatian. Seiring berjalannya waktu, drama korea pun menjadi hiburan perfilman yang paling dicari oleh masyarakat kita. Lalu merasuk lagi ke desain fashion dan interior desain. Terutama untuk gaya interior apartemen yang banyak kita lihat didalam drama atau reality show.

Jika membahas desain interior apartemen gaya korea, tentunya tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup modern, budaya keseharian dan iklim dari negara tersebut. Walaupun sama-sama banyak menggunakan gaya interior modern seperti di negara kita juga, iklim korea selatan sangat berbeda dan menyebabkan beberapa aspek interiornya pun berbeda. Korea Selatan memiliki 4 musim. Gugur, semi, panas dan dingin. Yuk kita lihat dengan lebih detail beberapa tipe gaya interior apartemen Korsel dibawah ini!

1. The Han River View Through Big Frameless Window

Salah satu apartemen favorit yang memiliki rate tinggi adalah apartemen dengan lokasi yang memungkinkan dibuatnya jendela besar menghadap ke salah satu sungai terpanjang di Korea Selatan ini. View kota dan sungai ini adalah salah satu yang paling banyak kita temui sebagai latar belakang interior sebuah apartemen di kota Seoul tentunya. Ukuran jendela yang besar juga menjadi salah satu ciri apartemen korea.

, sarae.id

2. Shoes or Sandal Nook on the Entry

Ciri khas lainnya yang mungkin juga menjadi ciri rumah-rumah di benua Asia lainnya, adalah tempat meletakkan sepatu atau sandal dari luar rumah sebelum masuk ke dalam apartemen. Pada umumnya, bangsa negeri gingseng ini akan melepas sepatu dan menggantinya dengan sandal rumah jika masuk ke dalam rumah atau apartemen. Karena itu didekat pintu masuk akan diinstall sebuah area kecil dengan rak susun. Area ini biasanya lebih rendah 15-20cm dari level lantai ruang duduk / ruang tamu.

, sarae.id

3. Traditional Style mixed

Korea Selatan merupakan bangsa yang sangat dekat dan kental dengan budayanya. Dalam perkembangan interior apartemen pun, masih sering kita temui perpaduan gaya kontemporer yang masih memiliki percikan tradisional. Jika kita memperhatikann interior film korea kolosal, kita akan lebih familier dengan gaya tradisional korea yang banyak menggunakan kayu rustic, exposed struktur atap, furniture kayu dan lainnya. Perpaduan gaya tradisional dengan style yang lebih modern juga masih sering diterapkan pada interior apartemen di Korea.

, sarae.id

4. Floor Level Bedroom Furniture

Khusus untuk apartemen studio ataupun 1 bedroom apartment yang memiliki ukuran yang lumayan kecil, gaya furniture yang pendek atau maksimal memiliki tinggi 40-50cm dari level lantai juga banyak menjadi pilihan. Lantai kayu warna cerah dengan kasur yang diletakkan di langsung di lantai juga adalah gaya yang disukai. Warna meja dan kursi yang terdapat didalam ruangan juga cenderung cerah mengikuti dari warna kayu utama di lantai.

, sarae.id

5. Studio Apartment with Minimalist Approach

Apartemen studio, yaitu apartemen yang tiap ruangnya tidak memiliki sekat tebal dinding, juga banyak ditemukan di kota besar seperti di Seoul, Korea Selatan. Untuk gaya dari model apartemen seperti ini, pilihan menggunakan warna cat keseluruhan yang cerah seperti putih atau abu muda merupakan gaya kebanyakan apartemen di Korea. Dipadukan dengan warna lantai kayu dan furniture yang tidak terlalu gelap, membuat kesan hangat pada saat musim dingin datang.

 

, sarae.id

6. Floor or Table with a Heater

, sarae.id

Dikarenakan cuaca dingin yang cukup ekstrem setiap musim dingin kering atau salju datang, beberapa apartemen di korea juga memiliki penghangat ruangan yang biasanya diletakkan di bawah meja. Hal ini adalah salah satu ciri khas dari rumah tradisional korea yang terkadang masih menjadu kebiasaan yang diterapkan didalam interior apartemen Korea. Namun untuk apartemen yang lebih modern biasanya pemanas sudah diintegrasikan baik di sudut-sudut yang menyeluruh di kamar atau ruang duduk.

7. Round and Circle Modern Mix

, sarae.id

Gaya eksperimental seperti menggabungkan gaya memphis yang memiliki ciri khas bentuk lingkaran atau busur juga banyak diterapkan kedalam gaya modern yang cenderung minimal dan berkesan kaku. Gaya yang menggabungkan dua tipe yang berbeda ini juga banyak diterapkan dalam gaya interior apartemen di Korea. Ciri khas warna cerah dan kayu terang tetap digunakan namun material lain seperti kaca, metal dan juga cermin.

8. Lighting Ambience Arrangement

, sarae.id

Pengaturan lighting yang estetik dan tepat juga memperkuat gaya interior apartemen di Korea. Terutama bagi apartemen yang lebih luas misalnya 2 bedroom apartment ataupun penthouse. Warna lampu warm sangat nyaman dan cocok didalam interior apartemen karena membuat mata nyaman dan rileks. Terutama untuk pengaturan cahaya di kamar tidur. Beberapa jenis lampu yang berbeda dapat dipadu-padankan. Jenis lampu dan fungsi yang berbeda misalnya, spotlight untuk menerangi painting, hidden light pada drop ceiling, lampu belajar dan juga lampu general pada plafon.

Setelah mengupas beberapa inspiras interior apartemen korea ini, manakah ciri khas yang paling ingin anda terapkan kedalam interior rumaha atau apartemen anda? Konsultasikan ke SARAE ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis