Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Hunian Kecil

kolam ikan minimalis, sarae.id

Kolam Ikan Minimalis – Sobat sarae, apakah kamu pecinta ikan? Kalau iya, pasti kamu akan merasa senang sekali kalau kamu bisa membuat sebuah kolam ikan di rumah. Hem, tapi bagaimana kalau huniannya terbilang cukup kecil? Apakah bisa membuat kolam ikan? Bisa sekali dong. Cobalah membuat desain kolam ikan minimalis yang memang cocok dengan ukuran rumah.

Desain Kolam Ikan Minimalis

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kolam ikan minimalis kaca atau yang lainnya adalah bentuk serta fiture yang akan memudahkan si pemilik rumah untuk merawat kolam tersebut. Harga kolam ikan minimalis pun tentu harus jadi prioritas. Kali ini, sarae akan merekomendasikan beberapa desain kolam ikan yang mungkin bisa menginspirasimu. Simak ulasan berikut ini.       

Gaya Akuarium Rendah, Kolam Ikan untuk Outdoor

Memang menyenangkan bila bisa melihat pemandangan ikan peliharaan di luar ruangan. Selain bisa menambahkan kesan lebih indah, suasana pun terasa lebih nyaman. Di samping itu, sebagai pemilik rumah juga akan dimudahkan dalam proses perawatan kolam tersebut.

kolam ikan minimalis, sarae.id

Rekomendasi pertama, kamu bisa coba membuat kolam ikan minimalis yang bergaya akuarium rendah, ditempatkan pada lantai sebagai pengganti dinding. Jadi, kamu tak perlu membutuhkan banyak ruang. Kolam ikan model ini pun akan membuat area luar tetap terasa luas dan tak sumpek.

Sentuhan Dekorasi Alami untuk Kolam Ikan 

kolam ikan minimalis, sarae.id

Biarpun kola mikan di rumah tak terlalu besar namun agar bisa membuat suasana sekitar semakin hidup, cobalah menambahkan dekorasi alami. Seperti tanaman-tanaman atau bebatuan.

Kolam Ikan yang Dipadukan dengan Vertical Garden

Meskipun hunian mu minimalis, kamu masih tetap bisa membuat sebuah kolam ikan yang dipadukan dengan vertical garden kok. Ukuran kolam yang tidak terlalu besar namun bisa terasa lebih menyegarkan karena ada kebun vertikal dengan tanaman pilihan.

kolam ikan minimalis, sarae.id

Konsep ini bisa diterapkan pada kolam ikan indoor atau pun outdoor. Namun bila ditempatkan pada area outdoor, kamu harus sering-sering merawat vertical gardennya, lakukan penyiraman dengan rutin. Kalau perlu buatlah bagian atap transparan khusus area kolamnya saja sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam secara alami.

Aquascape yang Super Estetik

Bila tak bisa membuat sebuah kolam, kamu bisa menggantinya dengan aquarium atau kolam buatan yang terbuat dari kaca. Kamu bisa menggunakan metode aquascape dengan menambahkan beberapa elemen penting untuk ditempatkan dalam aquarium. Seperti rumput, bebatuan, dan lain-lain.

kolam ikan minimalis, sarae.id
successfulaquarium.com

Adanya Aquarium pun akan semakin memberikan sentuhan dekoratif pada ruangan. Penggunaan material kaca tak akan membuatmu merasa sumpek sebab kesan luas masih sangat terasa.

Tips Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis

Ada sedikit tips yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat kolam ikan minimalis:

  •         Tentukan spesies ikan apa yang akan kamu pelihara. Sebab ada beberapa jenis ikan yang perawatannya sedikit berbeda
  •         Tentukan budget yang akan kamu keluarga untuk pembuatan kolam ikan
  •         Carilah referensi desain kolam ikan yang memang sesuai dengan budget yang sudah dibuat
  •         Pilih beberapa elemen dekorasi kolam yang tepat, kamu bisa coba meminta saran pada orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang ini
  •         Lakukan perawatan secara rutin, apalagi kolam ikan tersebut ada di area rumah. Bila tak terawat tentu saja akan terasa sangat tak nyaman

Nah sobat sarae di atas adalah beberapa tips yang perlu kamu lakukan sebelum membuat kolam ikan minimalis. Bagaimana, artikel ini cukup membantumu kan? Apalagi bagi yang sedang berencana ingin membuat sebuah kolam ikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis