10 Kitchen Hacks, Dapur Jadi Fungsional!

kitchen hacks, sarae.id

10 Kitchen Hacks — Dapur jadi tempat yang sering digunakan setiap harinya. Karenanya, dapur perlu lebih fungsional dan nyaman agar kegiatan memasak lebih mudah dan waktu yang kamu habiskan di dapur tidak berlebihan.

Untuk memudahkan kegiatan memasak dan dapur menjadi cantik, ada beberapa alat dan barang yang bisa kamu gunakan. Apa sajakah itu? Ini dia 10 kitchen hacks agar dapur jadi lebih fungsional dan nyaman!

 

Pasang Exhaust Hood

kitchen hacks, sarae.id

Kegiatan memasak menghasilkan banyak asap kotor. Tak jarang hal ini membuat udara di dapur menjadi tidak sehat. Di tambah dengan ruangan yang tidak terlalu besar dan minimnya sirkulasi udara dapat memperburuk keadaan.

Jika tempat dapur di rumahmu tidak memungkinan memiliki jendela untuk sirkulasi udara, sebaiknya kamu memasang exhaust hood. Exhaust hood dapat menghirup asap dan menjadi penggerak sirkulasi udara di dapur.

Selain itu, exhaust hood dapat menjaga kelembapan udara ruangan. Jadi, meskipun dapur memiliki jendela, kamu tetap disarankan memasang exhaust hood karena jendela hanya berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara saja.

Rel Gas dan Wajan

Biasanya gas dan wajan disimpan dalam kabinet bawah yang tertutup agar dapur tetap terlihat rapi. Namun tempat penyimpanan tersebut membuat alat susah diakses dan tidak praktis.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba memasang rel pada tempat penyimpanan gas dan wajan. Selain alat menjadi mudah diakses, rel juga praktis dan membuat alat tersimpan rapi karena adanya gantungan.

Kitchen Hacks Pull-Out Kabinet

Dibandingkan dengan kabinet satu ruang, kabinet dengan beberapa ruang dan sistem pull out dinilai lebih space-saving. Kabinet biasa tidak bisa menampung banyak, bahkan ruang di bagian atas akan terbuang.

Kamu bisa membuat kabinet pull-out untuk wadah makan pada bagian bawah dan tempat sedok bagian atasnya. Sistem pull-out juga memudahkan pengambilan alat dapur.

Kabinet Tisu

Ada banyak berbagai kabinet untuk menyimpan beragam benda, termasuk tisu. Kabinet tisu ini adalah inovasi yang dapat mempermudah dan membuat efesien kegiatan memasakmu. Ditambah lagi kabinet ini tidak memakan banyak tempat, sebaliknya kabinet tisu ini memanfaatkan tempat yang ada.

Jadi, sekarang ambil tisu lebih mudah dan dapur tetap rapi plus bersih! Tapi kabinet tisu ini tidak bisa kamu dapatkan dengan mudah. Kamu perlu custom dan Sarae bisa membantumu mewujudkannya!

Kabinet Full-Plafond

Dibandingkan dengan membiarkan space atas kosong, pasang kabinet full-ceiling atau full-plafond di dapur. Sekarang, tempat penyimpanan peralatan dapur menjadi lebih luas!

Kabinet full-plafond juga membuat dapur terkesan mewah dan elegan. Namun, kamu perlu tangga kecil untuk mencapai bagian atas kabinet karena akses yang sedikit sulit apabila tidak menggunakan bantuan.

Rak Terbuka

kitchen hacks, sarae.id

Dapurmu punya space yang terbatas? Bukan jadi masalah! Coba kombinasikan kabinet tertutup dengan kabinet terbuka seperti ambalan. Dengan begitu, kesan luas akan terasa di dapurmu.

Rak terbuka ini bisa menjadi tempat untuk menaruh peralatan dapur yang memiliki nilai estetika. Nilai dekoratif di dapurmu menjadi bertambah dan tampilan dapur lebih cantik.

Kitchen Hacks Island

kitchen hacks, sarae.id

Kegiatan dapur terdiri dari tiga bagian utama: persiapan, memasak, dan mencuci. Karenanya, dapurmu idealnya harus memenuhi kriteria triangle work. Dapur berbentuk L adalah yang paling pas untuk memenuhi kebutuhanmu ini. Apalagi jika kamu memilih menggunakan kitchen island.

Kitchen island dapat memudahkanmu melakukan persiapan maupun menghidangkan makanan. Dengan pemilihan material dan motif yang tepat kamu bisa membuat dapur menjadi elegan.

Meja Beton

kitchen hacks, sarae.id
sarae.id

Budget untuk custom kitchen set terbatas? Tenang saja! Kamu bisa menggunakan berbagai alternatif, seperti meja beton untuk top table kitchen set. Tampilan meja beton tidak kalah menariknya dengan meja dapur material lainnya.

Pilih motif dan warna keramik yang sesuai dengan konsep dapurmu agar penampilan menjadi lebih menarik. Selain lebih hemat budget, meja beton tergolong kuat. Cara perawatannya pun mudah sehingga kamu tidak perlu repot.

Engsel BLUM

kitchen hacks, sarae.id

Konsep rumah pintar sekarang ini sedang banyak digemari. Kemudahan dan tampilan yang clean jadi alasannya. Kalau kamu ingin menerapkan konsep smart pada dapur, pakai engsel BLUM untuk kabinet agar lebih praktis.

Engsel BLUM membuat pintu kabinet terbuka secara otomatis. Cukup tekan tampak depan pintu kabinet untuk membuka kabinet, dan tombol pada bagian dalam untuk menutup kabinet. Jika kamu ingin menggunakan engsel sejenis ini, kamu perlu menyiapkan budget yang berlebih.

Kitchen Hacks Dekorasi

kitchen hacks, sarae.id

Salah satu trik membuat dapur menjadi nyaman dan memiliki tampilan estetik adalah dekorasi. Kamu bisa memakai berbagai jenis benda dan tumbuhan untuk menghias dapur.

Tanaman menjadi dekorasi yang paling direkomendasikan. Selain tampilannya yang indah, tumbuhan jenis tertentu juga bisa membuat udara di dapur menjadi bersih dan sehat. Ditambah lagi dapur mampu memberikan kesan positif sehingga suasana akan lebih hangat dan menyenangkan.

Nah, itu dia 10 kitchen hacks yang bisa membuat kegiatan lebih mudah dan dapur lebih nyaman. Kitchen hacks mana yang jadi favorit kamu dan ingin segera kamu aplikasikan ke dapur yang kamu miliki?

Jika kamu ingin dapurmu menjadi lebih nyaman dan kegiatan masak lebih mudah, Sarae dengan senang hati membantu! Dengan konsultan dan desainer berpengalaman, kamu akan memiliki dapur impian secara mudah. Kunjungi laman utama kami di sini atau hubungi CS kami di sini.

Actualize your dream with Sarae!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *