7 Tips Memilih Furniture yang Ramah untuk Rumah

furniture, sarae.id

Apa jadinya bila ruangan dalam rumah tanpa adanya furniture? Ruangan akan terasa kosong dan sepi, bukan?

Adanya furniture, selain untuk memenuhi aspek fungsional, juga mempengaruhi aspek estetika ruangan dan rumah secara keseluruhan. Furniture dapat memberikan nilai lebih pada suatu ruangan. Kesalahan dalam memilih furniture tentu akan berdampak pada kedua aspek tersebut, baik fungsional maupun estetika. Karenanya, perlu ketepatan dan keselarasan antara konsep ruangan dan furniture yang dipilih. 

Lalu bagaimana cara memilih furniture yang tepat agar rumah terlihat lebih indah? Berikut 7 Tips memilih furniture yang ramah untuk rumah yang bisa kamu lakukan!

 

  • Perhatikan Ukuran Furniture

Pernah menggunakan baju yang ‘kebesaran’? Apakah kamu akan nyaman menggunakannya? Tentu tidak. Begitupun dengan furniture, kamu perlu mengetahui ukuran yang ideal agar furniture pas dengan kondisi ruang dan konsep rumah. 

Misalnya, furniture minimalis akan cocok bagimu yang memiliki ruangan dengan ukuran kecil sampai sedang. Ketika kamu memilih furniture dengan ukuran besar, ruangan akan menjadi sempit, sumpek, dan membuatmu tidak nyaman.

furniture, sarae.id

Projek: Home Interior | Klien: Ibu Jenny, Bandung

Source: https://sarae.id/

 

Sedikit catatan, agar ruanganmu menjadi semakin estetik sebisa mungkin hindari penggunaan furniture dengan ukuran yang besar. Memilih furniture dengan ukuran yang besar juga berdampak pada pengeluaran yang besar juga, lho! Oleh karena itu, belilah furniture yang kamu butuhkan dengan ukuran yang tepat agar rumah semakin nyaman.

 

  • Memilih Furniture dengan Warna Netral

furniture, sarae.id

Projek: Home Interior | Klien: Ibu Jenny, Bandung

Source : https://sarae.id/

Tips memilih furniture selanjutnya adalah tentang pemilihan warna. Warna akan mempengaruhi kesan pada ruangan. Dalam memilih warna furniture kamu bisa melakukan 2 (dua) cara agar furniture yang dipilih pas dan menyatu dengan ruangan dan rumahmu. Pertama, pilihlah furniture dengan warna yang senada dengan warna cat tembok atau menyesuaikan dengan warna dominan dari ruangan dan rumahmu; dan Kedua, hindari menggunakan warna dengan kontras yang rendah ya.

  • Perhatikan Fungsi Furniture dan Ruang

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, pilihlah furniture yang sesuai dengan fungsi ruangan, tempat furniture tersebut diletakkan. Misalnya, ruang makan. Ruang makan memiliki fungsi sebagai tempat berkumpul keluarga untuk menyantap makanan pagi sampai dengan malam. Bahkan pada beberapa kondisi, ruang makan digunakan sebagai ruang multifungsi yang menyenangkan untuk berbagai aktivitas anggota keluarga.

 

Oleh karena itu, kamu bisa memilih kursi dan meja makan yang nyaman dan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Maraknya furniture dengan desain dan model yang unik pun dapat menjadi pilihan untuk menambah estetika ruangan. Selain itu, penataan meja makan yang baik dan dekorasi yang cantik juga akan membuatmu semakin nyaman dan betah berlama-lama berada di ruang makan.

furniture, sarae.id

Projek: Home Interior | Klien: Ibu Jenny, Bandung

Source: https://sarae.id/

Berbicara soal ruang makan, kamu juga harus memperhatikan penggunaan furniture yang tahan noda makanan ataupun minuman. Sedangkan untuk menata rapi peralatan makan lainnya, kamu bisa inisiatif menggunakan furniture dengan tempat penyimpanan yang besar.

 

  • Sesuaikan Desain Furniture dengan Desain Ruangan

furniture, sarae.id

Projek: Home Interior | Klien: Ibu Jenny, Bandung

Source: sarae.id

 

Memilih desain furniture yang sesuai desain ruangan dan rumah menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, kamu perlu memilih furniture dengan desain timeless agar rumahmu semakin tak lekang oleh waktu. Selain itu, pemilihan desain yang sesuai juga akan menghemat budgetmu, karena kamu tidak perlu berkali-kali mengganti furniture dan cukup berkreasi mengatur tata letak dan tampilan furniture sesuai perkembangan zaman.

  • Pilih Furniture dengan Bentuk Geometri

Pada dasarnya, suatu karya seni akan kembali pada satu hal, yaitu bentuk geometris. Furniture dengan bentuk geometri menjadi pilihan untukmu yang menyukai rumah dengan gaya minimalis. Bentuknya yang disusun sesuai fungsi dan simple akan mempertegas ruang dan memberikan kesan yang lapang dan bersih.

  • Pilih Bahan yang Kuat dan Berkualitas

Saat ini, pasaran luas menyediakan berbagai macam furniture. Namun, yang perlu menjadi perhatianmu adalah bagaimana kualitas dan kekuatan bahan yang digunakan untuk membuat furniture tersebut.

 

Contohnya, penggunaan kayu jati sebagai bahan mebel atau furniture. Kayu jati memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang lebih dibandingkan dengan kayu lainnya. Disisi lain, kamu juga perlu memastikan finishing dan kain pelapis yang baik untuk furnituremu. 

 

Beberapa hal yang perlu kamu cermati adalah terkait bahan dan teknik finishing yang digunakan, ketahanan material terhadap kotoran maupun noda, kemudahan untuk membersihkan dan merawatnya, dll.

  • Sesuaikan dengan Budget

Tips yang terakhir untuk memilih furniture rumah yang ramah adalah sesuaikan dengan budgetmu bagaimanapun desain furniturenya, materialnya, juga warnanya. Meskipun tidak saklek dan sama untuk semua kasus, hindarilah membeli furniture dengan harga yang murah karena biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas furniture yang diberikan. Kalau budgetnya terbatas, kamu bisa mencicilnya satu-satu dan jangan sekaligus membeli seluruh furniture rumah!

 

Memilih furniture yang ramah untuk rumah memang tidak mudah. Karenanya, 7 hal tadi perlu kamu perhatikan sebelum membeli atau memesan furniture agar tidak menyesal kemudian. Butuh inspirasi menata rumah? Temukan inspirasi berbagai furniture untuk ruangan dan rumahmu di saraei.id

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *