ketahui atap seng, sarae.id
Pinterest
Atap seng emang punya daya tarik tersendiri, tapi kalau kita cermati, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pakai atap jenis ini untuk rumah atau bangunanmu. Yuk, kita bahas kekurangan dan kelebihannya!

Kelebihan

Pertama-tama, mari kita bicarakan soal kelebihannya. Atap seng tuh bener-bener tahan lama. Dia kuat melawan cuaca ekstrem, kayak panas terik atau hujan lebat. Makanya, dia jadi pilihan banyak orang buat atap rumah atau gudang mereka. Selain itu, seng juga ringan dan mudah dipasang. Jadi, waktu pemasangan atap seng bisa lebih cepat dibandingkan dengan bahan atap lain yang lebih berat.
ketahui atap seng, sarae.id
Pinterest

Kekurangan

Tapi, jangan seneng dulu. Atap seng punya sisi kurang menguntungkan juga. Salah satu kekurangannya adalah kebisingan. Ketika hujan turun, bunyi gemeretaknya bisa terdengar cukup keras di dalam rumah. Kadang-kadang, suara ini bisa mengganggu, terutama kalau kamu pengen suasana tenang di rumah.
Selain itu, atap seng rentan terhadap korosi. Lama kelamaan, seng bisa berkarat karena paparan cuaca yang terus-menerus. Jadi, perlu perawatan rutin buat memperpanjang umur pakai atap seng ini. Jangan lupa juga, seng bisa menyerap panas dengan cepat, jadi kalau di daerah yang panas, bisa bikin suhu di dalam rumah jadi lebih tinggi.
Ada juga masalah estetika. Beberapa orang mungkin nggak terlalu suka dengan penampilan atap seng yang terkesan biasa aja. Beda sama atap yang lain, atap seng kadang kurang memberikan nuansa yang unik atau menarik dari segi tampilan.
Tapi, jangan langsung putus asa, ya! Kekurangan-kekurangan ini bisa diatasi dengan langkah-langkah tertentu. Misalnya, buat mengurangi kebisingan, bisa dipasang bahan peredam suara di bawah atap seng. Buat masalah panas, kamu bisa tambahkan lapisan insulasi agar nggak terlalu cepat menyerap panas dari sinar matahari. Dan untuk masalah karat, perawatan rutin adalah kuncinya.
Jadi, intinya, atap seng punya kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Jangan lupa untuk selalu pertimbangkan kondisi lingkungan tempat tinggalmu juga sebelum memilih jenis atap yang cocok. Gimana, tertarik mencoba atap seng untuk rumahmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

" "