Bingung memilih warna cat tembok untuk rumah yang bagus? Jangan bingung! Karena pada pembahasan kali ini, kita akan memberimu tips memilih warna cat tembok untuk rumah. Pemilihan warna cat untuk rumah, merupakan suatau hal yang penting, khususnya bagi Kamu yang sednag merenovasi atau membangun rumah.

Dan jikasalah pilih, warna cat bisa membuat suasana tidak mengasyikkan, dan anggota keluarga tidak betah berlama-lama di rumah. Agar Kamu tidak menyesal atau repot-repot mengecat kembali karena salah pilih warna cat rumah, yuk perhatikan tips memilih warna cat tembok untuk rumah di bawah ini.

Tips Memilih Warna Cat Tembok untuk Rumah agar Terlihat Lebih Menawan

1. Kenali Tipe Rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memilih warna cat rumah, adalah mengenali tipe rumahmu sendiri. Apakah modelnya minimalis? Modern? Western? Klasik? Atau justru tradisional?

Dalam membangun atau merenovasi rumah, konsep dasar tipe rumah mempunyai peran penting, karena bisa berpengaruh pada perabotan yang akan mengisi rumah, bentuk, dan penataan masing-masing ruangan, dan pasti saja, warna cat rumah.

2. Tentukan Mood yang Ingin Dibentuk dari Rumah

Proses ini membutuhkan diskusi yang mendalam dengan  anggota keluarga. Apakah rumah ingin dicat dengan palette warna yang sama untuk tiap tiap ruangan, atau justru sesuai dengan  keinginan masing-masing pemilik ruangan? Mood atau kesan apa yang ingin ditimbulkan dari keseluruhan rumah itu: ceria, simpel, mewah, elegan, atau hangat?

3. Buat Palet Warna

Diskusikan dengan  arsitek maupun tukang bangunan rumahmu terkait palet warna, yang akan digunakan sebagai pedoman mengecat rumah. Atau Kamu bisa membuat palet warna sesuai keinginan sendiri, mencari inspirasi paduan warna dari internet, atau mengamati tren warna cat rumah yang kembali ‘In’ saat ini.

4. Tes dan Eksperimen Warna di Dinding Putih

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menguji perpaduan warna cat rumah, adalah dengan  mengecatnya langsung ke dinding. Oleh karena itu, siapkan satu dinding putih dalam rumah impianmu untuk digunakan sebagai tempat eksperimen.

5. Mencermati Pencahayaan

Saat Kamu mengetes warna di dinding putih, pertimbangkan juga penampilan warna di bawah pencahayaan yang berbeda. Inilah mengapa sangat penting untuk menunggu 24 jam sebelum membuat keputusan.

Kamu sebaiknya melihat bagaimana hasil warna di dinding pada pencahayaan berbeda: saat pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Lalu berdasarkan hal ini, sesuaikan warna dan pencahayaan planning peletakan barang di masing-masing ruangan.

6. Sesuaikan dengan  Aksesori Ruangan

Apakah Kamu berencana memasang aksesori seperti lukisan dinding, hiasan tempel, vas bunga, atau coffee table dalam ruangan itu? Sebaiknya pertimbangkan juga bentuk, warna, dan peletakan dekorasi dengan  warna cat rumah, agar tampilan ruangan nantinya tidak terkesan sembarangan atau tidak matching satu sama lain.

Aksesori ruangan memang bisa menjadi trik yang baik untuk meramaikan suasana, jika Kamu kurang nyaman bermain dengan  warna-warna yang menantang. Jadi, meski warna cat rumah hanya warna-warna dasar seperti putih atau krem, Kamu bisa memberi tambahan aksen dengan  aksesori berwarna senada atau justru berwarna terang.

Di dalam memilih warna cat rumah, penting juga untuk mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari terangnya warna, kesan yang diinginkan, hasil finishing, tampilan dalam beragam pencahayaan, dan juga kualitas serta warna itu sendiri. Pastikan kamu udah benar-benar memikirkannya dengan  baik, sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Selamat bereksperimen!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

" "