Solusi Mendapatkan Penerangan Alami dengan Glass Block

glass block, sarae.id

Glass Block – Sobat sarae, penerangan di dalam rumah tentu menjadi hal yang penting sekali harus kamu perhatikan. Kalau tidak, rumahmu akan sangat gelap seperti tak berpenghuni. Biasanya orang bisa mendapatkan cahaya melalui penerangan lampu yang diletakkan di berbagai ruangan. Saat siang hari, lampu-lampu bisa dimatikan sebab sudah ada cahaya matahari yang mampu memberikan penerangan alami.

Namun sayangnya beberapa ruangan terkadang tidak bisa mendapatkan penerangan alami tersebut. Tapi tenang saja, sarae punya solusinya!

Glass Block untuk Penerangan Alami

Bila kamu ingin membuat hunian tampak lebih terang saat pagi dan siang hari, meskipun tanpa menyalakan lampu, kamu bisa pertimbangkan menggunakan glass block. Material ini bisa difungsikan layaknya sebuah kaca yang membuat ruangan lebih terang dan cahaya matahari dapat masuk. Tapi tidak tembus pandang sehingga kamu masih bisa menjaga privasi di dalam rumah.

Jadi, Apa itu Glass Block?

Kamu pasti pernah melihat material satu ini, entah saat melewati sebuah bangunan atau justru sudah terpasang di rumahmu. Glass Block atau biasa disebut juga dengan nama Glass Brick merupakan salah satu material bangunan yang bahan dasarnya adalah kaca tebal. Biasanya digunakan untuk pembuatan struktur arsitektur; dinding partisi, screen wall, dan lain-lain. Sehingga mampu menghadirkan pencahayaan alami pada rumah di pagi atau siang hari.

Keuntungannya, biarpun bahan dasarnya terbuat dari kaca namun material ini tidak transparan loh sobat sarae. Sehingga privasi kamu akan tetap terjaga. Ukuran, warna, bentuk dan teksturnya juga beragam, sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta konsep rumah yang kamu terapkan.

Namun secara umum bentuknya persegi, berukuran kurang lebih 20 x 20 cm dengan ketebalan bisa mencapai 11 cm. Inilah alasan kenapa glass block terbilang lebih kuat bila dibandingkan dengan material kaca biasa.

glass block, sarae.id
pinterest

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Glass Block

Berikut ini adalah beberapa fungsi glass block untuk sebuah hunian, langsung saja simak yuk!

  • Mampu Memberikan Penerangan Alami

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa salah satu fungsi utama dari material bangunan saat ini adalah guna memaksimalkan pencahayaan alami pada sebuah ruangan di dalam hunian di pagi dan siang hari. Dengan begitu kamu bisa menghemat pemakaian listrik.

  •  Memberikan Kesan Estetis pada Sebuah Ruangan

Estetika sebuah ruangan pada hunian tidak hanya bisa hadirkan karena elemen dekorasi. Glass brick atau block bisa juga menghadirkan nuansa tersebut. Sebab material ini memang memiliki berbagai macam warna, motif hingga mampu memberikan efek bias yang indah pada sebuah ruangan. Bahkan tampak lebih dramatis bila dibandingkan cahaya masuk melalui kaca biasa.

Glass Brick benar-benar memiliki sisi ilusi yang baik sehingga dapat mengurangi noise serta panas dari luar rumah. Dengan begitu rumahmu akan terasa lebih nyaman alias tidak panas biarpun tidak menggunakan kipas angin atau AC.

Bahkan tau nggak sih, kalau sekarang material bangunan ini tidak hanya digunakan pada dinding partisi atau screen walls namun juga digunakan untuk lantai. Wah, multifungsi banget kan sobat sarae?

Bagaimana Proses Pemasangan dan Perawatan?

Nah, untuk proses instalasi atau pemasangan glass block sebetulnya tidak terlalu sulit bila dibandingkan material kaca pada umumnya. Sebab kamu tidak memerlukan terlalu banyak material pendukung seperti aluminium atau kusen kayu.

Sementara untuk perawatannya juga mudah sekali. Bila ada bagian glass block yang berdebu, kamu hanya tinggal membersihkan menggunakan sebuah kain lap yang sudah dibasahi. Bila ingin membuatnya semakin mengkilap gunakanlah cairan khusus pembersih kaca.

Oke sobat sarae itulah pembahasan singkat mengenai material bangunan glass block. Penataan interior sendiri tidak terbatas hanya dari dekorasi atau furniture saja. Detail material pada sebuah bangunan juga bisa mempengaruhi konsep interior loh. Oleh sebab itulah kamu bisa mempertimbangkan lebih dulu apalagi bila kamu berencana membangun sebuah rumah dalam waktu dekat ini. Agar perencanaan semakin matang, yuk konsultasikan pada jasa interior profesional!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis