Klasik dan Modern? Jukstaposisi Ideal Dalam Interior

, sarae.id

Jukstaposisi adalah kombinasi dua elemen yang sangat berbeda baik karakter dan sifatnya menjadi kesatuan yang menarik dan indah. Dalam interior, jukstaposisi adalah menyatukan dua gaya yang berbeda menjadi sebuah gaya yang unik dan dapat merupakan penanda transisi dari dua gaya tersebut. Gaya klasik dan modern merupakan frasa yang sudah familier bagi masyarakat umum. Klasik dan modern mengacu kepada dua lini waktu yang berbeda.

Gaya Interior Klasik

, sarae.id
Bestdesignideas.com

adalah gaya interior ataupun arsitektur yang memiliki nilai keabadian di samping ketinggian mutu dan nilainya. Gaya klasik dalam interior pada awalnya mengacu kepada gaya yang berasal dari Romawi ataupun Yunani kuno. Prinsipnya adalah gaya yang memiliki harmoni, keseimbangan, urutan yang peraturan yang jelas. Menerapkan gaya klasik kedalam interior artinya membawa interior pada masa dimana gaya interior Rococo, Victorian dan lainnya menjadi tren.

Gaya Interior Modern

, sarae.id
theultralinx.com

Sedangkan gaya interior modern adalah gaya yang mengacu kepada bentuk yang lebih sleek dan rapih juga halus. Gaya ini mulai berkembang pada akhir abad ke-19. Prinsip utama modernist adalah pendekatan yang sederhana dalam kehidupan. Sebagai hasilnya, desainer menerapkan dekorasi yang minimal namun menitikberatkan penggunaan material industrial. Fokus terhadap warna-warna utama dan berakar dari garis yang bersih.

Gaya interior modern klasik, adalah gabungan dari kedua elemen dari prinsip masing-masing gaya tersebut. Gabungan antara tekstur dengan garis yang lebih bersih, perabot seperti chandelier yang rumit dengan tirai yang bersih dan modern. Mari kita lihat beberapa contohnya.

1. Ruang Keluarga / Ruang Duduk

, sarae.id
englanderline.com

Dapat kita lihat perpaduan dua gaya klasik dan modern disini. Lampu utama yang  menonjolkan karakteristik klasik yang rumit. Bentuk furniture yang modern yang unik dengan warna-warna netral seperti biru dan putih, digabungkan dengan dinding yang memiliki kornice yang klasik. Wall panel dengan ukuran adalah ciri khas gaya klasik. Warna putih polos adalah warna general dari gaya modern. Jika anda ingin menerapkan gaya klasik modern dalam ruang duduk anda, pilih furniture yang modern dan stylish karena akan lebih murah harganya dibanding dofa yang klasik, dari segi kenyamanan juga lebih baik. Terapkan elemen klasik pada dinding, lukisan dan chandelier sebagai lampu utama.

2. Study / Working Room

, sarae.id
diff-studio.com

Study room atau ruang kerja yang nyaman sangat pentinng dimasa pandemi ini dimana sebagian besar karyawan harus bekerja dari rumah. Untuk menerapkan gaya klasik modern kedalam small office anda, pilih furniture yang nyaman dan sleek juga modern karena meja atupun kursi klasik yang memiliki banyak ukiran dapat membuat mata cepat lelah. Terapkan wall panel berukir untuk menggabungkannya dengan gaya klasik, namun piihlah material dengan warna yang soft sehingga dapat menyatu dengan baik dengan furniture serba modern. Cermin berukir juga dapat menjadi pilihan dekorasi yang unik.

3. Ruang Makan / Dining Room

, sarae.id
Bocadolobo.com

Untuk ruang makan seperti yang kita lihat dalam gambar inspirasi diatas. Wall panel yang full dengan warna dan garis yang lebih modern merupakan transisi dari gaya klasik ke modern. Artwork atau lukisan gantung yang dipilih juga sangat netral sehingga tidak balapan satu dengan yang lainnya. Pilihlaah chandelier yang dapat menjadi daya tarik utama keseluruhan ruangan. Chandelier atau lampu gantung kristal sangat atraktif dan membuat desain modern dengan warna yang soft menjadi lebih harmonis dan menarik. Dalam menerapkan panel dinding, jangan lupakan aturan simetris baik itu jarak maupun ukuran.

4. Dapur Bersih / Kitchen

, sarae.id
deringhall.com

Dapur bersih didalam rumah dapat menjadi daya tarik utama dari sebuah hunian. Betapa tidak? banyak kegiatan yang bisa dilakukan anggota keluarga didapur selain hanya untuk memasak. Seperti jika dapur didesain dengan meja island yang besar dengan beberapa stools, dapur kerapkali digunakan untuk belajar, bekerja dan juga mengobrol dengan keluargada dan teman yang mampir sambil anda memasak. Untuk mewujudkan gaya klasik dan modern kedalam dapur, karakteristik klasik dapat diterapkan pada bangku meja island atau bar, misalnya stools American Classic styla dengan warna terang dan jahitan atau kancing besi yang nampak. Baiknya island, kabinet dan kitchen sink area menerapkan gaya modern dengan material seperti granit, marbel ataupun quartz.

5. Kamar Tidur

, sarae.id
amazon.com

Kamar tidur utama adalah kamar tempat anda menginginkan ketenangan setelah melalui hari yang panjang. Gaya klasik dan modern dapat dengan mudah diterapkan kedalam kamar tidur dengan memasang wall panel dengan warna yang netral dan cenderung terang sebagai background yang tidak mengganggu mata. Karakter klasik dapat diwujudkan dengan menggunakan tempat tidur dan kasur yang memiliki banyak button padding yang timbul sehingga bukan hanya klasik namun juga tetap nyaman digunakan. Chandelier yang besar dan menonjol dari kaca bening dan gold brass metal juga dapat digunakan sebagai titik vokal dari kamar tidur yang memiliki warna general netral seperti abu-abu, putih atau beige.

6. Kamar Tidur Anak

, sarae.id
studio54.ru

Kamar tidur anak memiliki prinsip pendekatan yang sama dengan desain kamar tidur pada umumnya, namun biasanya menggunakan warna-warna yang lebih ceria seperti biru muda, peach, lilac dan kuning terang. Pendekatan kamar anak remaja dengan anak balita juga berbeda. Untuk amannya hindari desain interior yang terlalu childish agar dapat menghindari banyak perubahan jika anak beranjak dewasa. Bentuk headboar yang lengkung dan menarik cocok untuk meleburkan gaya modern yang cenderung berisi garis yang kaku. Dipadupadankan dengan lampu pendant yang cukup klasik dengan aksen gold brass. Wall panel yang bertekstur dapat dipilih untuk mewujudkan desain yang lebih playful.

7. Kamar Mandi

, sarae.id
jeanstofferdesign.com

Kamar mandi yang terdesain dengan baik, baik dari segi estetika dan fungsionalnya adalah salah satu syarat rumah ideal dan sehat. Gaya klasik dan modern dalam desain kamar mandi dapat diwujudkan dengan penggunaan lampu klasik, seperti lampu dinding dan chandelier diatas bathup yang membuat momen berendam anda terasa romantis era Victorian. Sentuhan modern dapat diterapkan pada shower box atau sanitary yang lebih praktikal yang cocok untuk masyarakat modern yang menuntut kepraktisan gaya hidup. Kabinet yang klasik seperti standing kabinet yang memiliki kaki tinggi, dengan door handle yang bulat klasik sebagai aksen. Lantai dan dinding menerapkan gaya dan pemasangan yang lebih modern.

Sekian beberapa bahasan pengertian gaya interior klasik dan modern juga inspirasi gaya tersebut kedalam beberapa ruangan-ruangan utama didalam hunian anda. Semoga dapat digunakan sebagai refrensi desain anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis