Kitchen set Galley (Two Row)

, sarae.id

Layout Two Row Kitchens adalah desain hemat ruang yang menggabungkan perlengkapan dapur menjadi sepasang bar linier yang dioptimalkan. Didesain mirip dengan Single Row Kitchens, Double Row Kitchens membutuhkan zona terpusat interior yang menyediakan akses pengguna ke setiap sisi. Lebar izin antara 4′-6 ‘| 1,2-1,8 m harus disediakan di antara dua batang linier untuk memungkinkan pengguna menggunakan dan mengakses peralatan dapur dengan nyaman. Two Row Kitchens memiliki panjang linier yang berkisar antara 7’-12.5 ‘| 2.1-3.8 m dan harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 108 kaki2 | 10 m2.

, sarae.id

Penjelasan Umum Kitchen Set Galley (Two Row)

Kitchen Set Galley jenis Two Row adalah sebuah dapur dengan luas kecil yang memanjang dan lebar, dimana kitchen set ini berada diantara lorong dan koridor dibagian ruang dapurnya. Efisien atau tidaknya kitchen set jenis two row ini tergantung dari perencanaan yang baik. Hunian jenis apartemen atau rumah minimalis banyak yang menerapkan kitchen set jenis ini. Sebagian besar koki yang lebih senang menerapkan jenis kitchen set ini karena mereka anggap lebih efisien ketika melakukan kegiatan. Jenis kitchen set jenis two row ini dapat menghemat pergerakan orang-orang di dalam ruang untuk memaksimalkan keselamatan kerja, mencegah gangguan lalu lintas pejalan kaki, kebakaran, serta terjadinya kekacauan.

Jenis kitchen set ini didesain dengan rak terbuka tanpa pintu. Jika memakai rak dengan pintu tertutup, akan menimbulkan kesan yang sempit ke dalam ruang dapur dan dapat membuat perasaan terkekang. Salah satu alternatif supaya dapur dengan menerapkan kitchen set jenis two row dapat bekerja secara maksimal, maka Anda dapat menerapkan jendela besar yang dapat menghubungkan antara dapur serta ruang makan. Meski memiliki kesan yang sempit akan tetapi dapur dengan jenis ini bisa menjadi desain yang efisien jika beberapa perencanaan yang matang masuk ke dalam desain tersebut.

Layout kitchen set jenis two row ini dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan laci-laci untuk penyimpanannya sehingga ruang dapur dapat bekerja secara efisien dan maksimal. Penggunaan pass through atau jendela terbuka yang menghubungkan ruang dapur dan ruang makan dapat menjadi solusi yang tepat. Penggunaan kabinet juga akan sangat efisien untuk diterapkan kedalam pass through ini.

Kitchen Set Two Row dapat Menghemat Ruang

, sarae.id

Jenis dapur two row ini merupakan desain yang hemat ruang dimana kitchen set ini menggabungkan perlengkapan dapur menjadi sepasang bar linier yang dapat dioptimalkan. Desain two row ini mirip dengan desain kitchen set jenis single row yang membutuhkan zona terpusat interiornya yang menyediakan aksespengguna di setiap sisinya.

Lebar ruang bebas antara 4’-6’ (1,2 m – 1,8 m) harus disediakan di antrara dua batang linier untuk memungkinkan penghuni rumah dalam mengakses serta menggunakan dapur yang nyaman. Jenis Two Row ini memungkinkan penghuni rumah dalam mengakses peralatan dapur dengan nyaman. Panjang linier dari kitchen set jenis two row ini berkisar antara 7’-12,5’ atau sekitar 2,1-3,8 m serta harus direncanakan dengan luas total keseluruhan sekitar 10 m2.

Tata Letak Kitchen Set jenis Two Row

Tata letak kitchen set dengan jenis two row merupakan gabungan dari semua perlengkapan dapur menjadi 2 bar yang disusun secara linier. Kitchen set jenis ini dirancang dengan meletakkan koridor yang jelas di antara dua garis linier untuk pergerakan aktifitas penghuni rumah yang berada di ruang dapur.

Kitchen set jenis two row ini menggabungkan banyak peralatan dapur menjadi dua baris bar yang efisien. Penerapan dalam menggunakan kitchen set ini harus memperhatikan ruang atau koridor pararel yang kelas sebagai pergerakan dari penghuni rumah sehingga akan nyaman secara maksimal.

Standar dapur Apa Saja yang Dibutuhkan dalam Merancang Kitchen Set jenis Two Row?

Dalam merancang dapur dengan kitchen set jenis two row, harus memperhatikan lebar ruang yaitu antara 4’-6’ atau setara 1,2-1,8 m sebagai akses yang cukup dalam mengakses dapur bagi penghuni rumah. Sebagai penghuni rumah yang salah satunya menggunakan ruang dapur sebagai salah satu kegiatan utamanya, maka luas dapur perlu dipertimbangkan secara matang.  Dapur dengan kitchen set jenis two row ini harus menyediakan luas sekitar 108 ft2 atau setara dengan 10 m2. Panjang linier yang efisien pada umumnya memiliki panjang sekitar 7’-12,5’ atau setara 2,1-3,8 m. Sedangkan lebar ruang ruang bebas ini dapat bervariasi antara 4’-6’ atau 1,2-1,8 m.

Bagaimana Cara Mendesain Dapur dengan Kitchen Set jenis Tow Row?

Dapur dengan Kitchen Set jenis two row ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan oleh penghuni rumah baik perorangan maupun penghuni rumah yang sudah berkeluarga. Selain itu bagi penghuni rumah yang sering melakukan aktifitas memasak di dapur ini lebih merasa nyaman bila kitchen yang mereka gunakan berbentuk two row.

Bentuk dapur dengan tipe linier memanjang ini bisa Anda bagi menjadi beberapa zonasi kerja atau kegiatan. Setiap landasan atau meja dari kitchen set jenis ini harus memiliki ketinggian dan panjang yang relatif sama sehngga akan memberikan permukaan kerja yang maksimal serta akan memberikan kesan proporsi  visual yang menarik.

Untuk mendesain kitchen set jenis two row, ketinggian kabinet perlu dipertimbangkan secara matang. Untuk memberikan kitchen set yang optimal, alas kabinet dipasang pada ketinggian 36 inchi, sedangkan kabinet dinding atasnya adalah 54 inchi dari atas lantai. Kedalaman dasar yang perlu diperhatikan ketika memasang kitchen set jenis two row ini minimal 24 inchi serta diperlukan ruangan yang memadai untuk tempat kaki-kaki dari kitchen setnya.

Dalam konsep kitchen set jenis two row, Anda dapat memaksimalkan ruang dapur yang ada dengan membuat rak vertikal sebagai tempat penyimpanan barang-barang tambahan bila sewaktu-waktu diperlukan. Area yang terletak di atas lemari es serta kompor ini  dapat mengakomodasi tempat penyimpanan khusus yang bisa menjadi sangat efisien.

Disini Anda bisa menerapkan segitiga pekerjaan untuk menghasilkan ruang dapur yang optimal. Susunan arena memasak, penyimpanan hingga penyimpanan makanan utama perlu diperhatikan secara optimal. Penempatan kulkas dapat digunakan sebagai elemen utama dari segitiga kerja. Jika Anda memakai kulkas yang standar, maka letakkan sebagai salah satu  elemen di dindingnya yang memiliki dua elemen.

Penerapan Kitchen Set Two Row

, sarae.id

Pada kitchen set jenis ini, lantai keramik yang mengkilap dapat Anda manfaatkan untuk mencerahkan ruang dapur. Dengan material tersebut, Anda dapat menggunakan hal-hal yang sedikit lebih reflektif sehingga ruang dapur menjadi lebih bersih.

Kitchen set jenis tow row ini dapat maksimal bila Anda memperhatikan material furniturnya. Salah satu yang dapat Anda terapkan adalah dengan menggunakan elemen kayu. Material kayu ini dapat membuat suasana dapur menjadi lebih terhubung ke seluruh dapur. Sedangkan untuk merancang rak dapat menggunakan material kayu dengan bahan yang netral, ringan, dan sejuk.

, sarae.id

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam ruang dapur dengan kitchen set jenis two row ini. Dalam rancangan desain ini, sebaiknya meminimalisir penggunaan lampu gantung ke dalam area koridor kitchen set karena dapat mengganggu pergerakan penghuni yang beraktifitas di dapur. Sebagai alternatifnya, Anda dapar menggunakan dekoratif besar yang diletakkan di langit-langit sehingga dapat menyatukan ruangan dapur.

Ada beberapa macam layout yang dapat Anda gunakan ketika menerapkan kitchen set jenis two row

, sarae.id

Kitchen set jenis two row dengan rak dan dapur di satu sisi sedangkan aktifitas lain berada di sisi lainnya

Jenis penempatan ini sangat efisien ketikan akan memaksimalkan segitiga aktifitas atau kitchen triangle. Namun kekurangannya, Anda perlu menyiapkan saluran listrik untuk ke dua sisi kitchen setnya.

, sarae.id

Kitchen set jenis two row dengan semua aktifitas utamanya berada di garis rak yang sama

Semua aktifitas dalam kitchen set ini berada dalam satu sisi, sedangkan sisi lain dapat Anda gunakan sebagai rak atau tempat meracik bahan masakan. Namun jika Anda menerapkan konsep ini, Anda perlu memperhatikan jarak antara pencuci piring dengan peralatan listrik lain seperti kulkas atau yang lainnya.

, sarae.id

Kitchen set jenis two row dengan alat pemasak berada di satu sisi sedangkan aktifitas lain berada di sisi lainnya

Konsep ini juga salah satu yang efisien ketika penghuni rumah melakukan aktifitas utamanya di dapur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis