12 Ide Desain Interior Kantor yang Akan Membuat Anda Makin Betah Bekerja

desain interior kantor, sarae.id

Sebagai tempat di mana orang melakukan pekerjaannya, kantor haruslah bisa memenuhi syarat fungsi dan estetikanya, sebab hal tersebut jelas akan meningkatkan produktivitas pekerjaan.

12 Ide Desain Interior Kantor

Terlepas dari apakah Anda bekerja di kantor atau WFH dari rumah di masa pandemi ini, ada beberapa ide desain interior kantor yang pasti akan membuat Anda semakin betah bekerja.

1. Kantor dengan sentuhan minimalis

desain interior kantor, sarae.id

Bagi Anda yang tak suka dengan meja kantor penuh barang-barang dan terlihat berantakan, gaya desain interior kantor minimalis seperti ini pasti cocok deh. Di meja hanya terdapat komputer saja, selebihnya tidak ada. Anda pasti bisa lebih berkonsentrasi bekerja dalam suasana seperti ini. Dinding yang dicat warna kelabu juga semakin menambah sentuhan minimalis. Agar suasana tak terkesan kaku, lantai menggunakan parket alias panel kayu yang menambah hangat suasana. Jangan lupa lighting juga harus diperhatikan agar menambah kenyamanan saat bekerja.

2. Padukan suasana formal dengan sentuhan warna pastel

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Untuk menimbulkan kesan resmi, desain interior kantor biasanya identik dengan warna-warna nude dan monokrom. Nah, kalau Anda ingin menambahkan sedikit sentuhan berbeda agar desain kantor tambah unik, coba variasikan cat dinding dengan warna putih dan pink. Padukan kedua warna tersebut dengan furniture berwarna hitam dan putih agar kesan formal sebuah kantor tidak lantas hilang begitu saja.

3. Bright colors, kenapa tidak?

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Bila Anda ingin menghadirkan suasana casual di kantor, pilihlah furniture dengan warna terang seperti putih. Lalu, kombinasikan dengan dinding yang dicat warna cerah seperti biru langit dan panel bermotif geometris. Perpaduan unsur-unsur ini dapat menghasilkan suasana interior kantor yang menarik, fun, dan inspiratif. Jenis desain interior seperti ini cocok bagi Anda yang bekerja di industri kreatif. Tidak hanya sebagai ruang kerja, tetapi desain interior ini juga dapat digunakan pada ruang meeting atau tempat berdiskusi.

4. Perpaduan dua gaya kontras

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Jangan terjebak dengan pemikiran bahwa sebuah ruang kantor hanya bisa ditata menggunakan 1 gaya desain saja. Malah, Anda bisa mendesain kantor dengan mengombinasikan 2 gaya atau lebih. Misalnya saja, Anda memiliki ruangan dengan gaya minimalis yang ditandai dengan bentuk kursi dan meja yang memiliki garis simple dengan dominan warna abu-abu. Nah, Anda bisa memasukkan unsur country, western style, atau classic dengan menghadirkan sofa berlapis kulit di dalam ruangan itu. Hasilnya? Ruangan pun terlihat lebih berkarakter.

5. Ruang kantor sekaligus perpustakaan pribadi

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Bila Anda adalah orang yang suka membaca, maka tak ada salahnya menggabungkan kantor dengan perpustakaan, alias membangun perpustakaan pribadi di dalam kantor. Anda bisa menaruh rak besar di salah satu atau dua dinding yang kosong. Bila ruangan cukup besar, Anda malah bisa memasang rak di sekeliling kantor dengan meja kerja diletakkan di tengah ruangan.

6. Menggunakan meja siku sebagai meja kerja

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Salah satu keuntungan menggunakan meja siku atau meja sudut adalah Anda bisa memiliki tempat kerja yang jauh lebih luas dibandingkan meja biasa. Misalnya, di satu sisi Anda bisa meletakkan laptop atau komputer, dan di sisi meja yang lain bisa Anda gunakan sebagai tempat menulis. Lampu meja bisa Anda letakkan di bagian yang menyudut. Untuk mempercantik suasana, taruh juga vas bunga kecil di atas meja.

7. Ruang kerja pribadi dengan sentuhan hangat

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Kalau Anda memiliki kantor pribadi, tentu Anda bisa lebih bebas mendesain sesuai dengan keinginan. Nah, salah satu desain interior kantor yang bisa jadi pilihan adalah kantor dengan sentuhan nuansa yang hangat dan akrab. Untuk mendapat ambience seperti ini, gunakan warna-warna hangat seperti coklat pada cat tembok dan furniture Anda. Bila tak ingin terlihat terlalu gelap, pilih warna coklat muda seperti warna kopi susu. Anda bisa memadukan warna tadi dengan meja kerja dan rak berwarna hitam. Jangan lupa juga untuk lampu di atas meja agar Anda semakin nyaman bekerja.

8. Memanfaatkan sudut ruangan sebagai home office

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Situasi COVID-19 memang membuat hampir semua sektor pekerjaan terkena imbasnya. Akibatnya, banyak pekerjaan dilakukan dari rumah atau yang selama ini kita kenal dengan istilah WFH. Nah, supaya situasi saat WFH tetap kondusif, coba buat home office dengan memanfaatkan sudut di rumah. Jadi, Anda bisa fokus bekerja di sudut ruangan tersebut. Agar tak merasa bosan, pilih sudut yang dekat dengan jendela agar Anda bisa sekalian menikmati pemandangan halaman sambil bekerja.

9. Kaca jendela di sekeliling ruang meeting

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Rapat biasanya adalah momen yang sangat membosankan, apalagi kalau dilakukan dalam waktu yang lama hingga berjam-jam. Nah, untuk menghindari hal itu, coba letakkan ruang meeting di ruangan yang memiliki banyak akses jendela. Dengan begitu, para peserta rapat bisa sesekali menikmati pemandangan di luar kantor dan tidak sempat merasa bosan atau mengantuk lagi. Bila tidak ingin terlalu silai oleh cahaya matahari yang datang dari luar, Anda bisa memasang kerai di beberapa bagian jendela.

10. Buat panel dinding yang menarik

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Selain lewat pemilihan furniture, Anda juga bisa mendesain kantor menjadi lebih menarik dengan memasang panel-panel dinding yang unik. Misalnya saja, memasang panel kayu berbentuk asimetris yang dipadukan dengan lampu. Walaupun terlihat sederhana, tetapi sentuhan semacam ini bisa membuat desain interior kantor tampak lebih unik dan tidak membosankan, serta berkesan futuristik. Anda juga bisa menutupi seluruh lantai dengan karpet agar menimbulkan kesan lebih nyaman.

11. Partisi ruangan dengan menggunakan kaca

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Bila di kantor ada ruangan yang cukup besar, jangan bagi keduanya dengan menggunakan panel dinding gipsum seluruhnya. Coba kombinasikan dengan menggunakan jendela kaca, sehingga walaupun ruangan tersebut dibagi menjadi 2, tetap terlihat luas dan terang. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan meja yang besar di mana siapa pun bisa menggunakannya untuk bekerja. Konsep open space office seperti ini sekarang sedang digandrungi banyak perusahaan. Selain lebih praktis, karyawan juga bisa memilih bekerja di tempat yang mereka sukai.

12. Sentuhan alami dalam kantor

desain interior kantor, sarae.id
pixabay.com

Saat menata desain interior kantor, jangan lupa memasukkan unsur alami agar kantor tetap terlihat segar, misalnya saja menaruh tanaman yang berukuran cukup besar. Pilih tanaman indoor yang mudah perawatannya dan tahan udara dingin, karena biasanya kantor menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan. Anda bisa mengombinasikan tanaman-tanaman tersebut dengan gaya desain apapun. Bila tak ingin kantor terlihat terlalu sesak, gunakan furniture berwarna putih dengan desain yang simple.

Nah, itu tadi 12 ide desain interior kantor yang bisa Anda aplikasikan untuk menata ruang kerja Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Kalau masih merasa kesulitan, Anda bisa kok meminta bantuan jasa desain interior kantor. Selamat mendesain kantor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis