5 Hal Wajib Harus Dilakukan Sebelum Membuat Kitchenset Minimalis

Kitchenset Minimalis, sarae.id

Kitchenset Minimalis – Sobat sarae, kamu pasti ingin dong memiliki dapur yang tertata rapih dan terlihat cantik. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan agar mendapatkan hal tersebut adalah dengan menggunakan kitchen set. Sebuah furniture yang dibuat khusus, terdiri dari lemari cabinet untuk tempat penyimpanan alat dan perlengkapan dapur serta area memasak. Selain bisa membuat dapur semakin nyaman dan tertata, kehadiran kitchenset minimalis juga bisa memberikan kesan estetika.

Kitchenset Minimalis, sarae.id

Namun sayangnya, tak sedikit loh yang melakukan kesalahan pengaturan kitchen setnya. Entah karena desain tak sesuai dengan keinginanmu, kitchen set terlalu besar sehingga membuat sempit atau problem lain yang malah akan membuat kurang nyaman.

Hal Penting dalam Penataan Kitchenset Minimalis

Nah, Sobat sarae apakah kamu ingin membuat kitchen set minimalis yang bisa menjadi solusi kebutuhan atas masalah di dapurmu? Bila iya, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting berikut yang harus ada dalam sebuah kithchen set.

1. Mengetahui Berapa Ukuran Ruang Dapur

Sebelum menentukan gaya kitchen minimalis yang akan ditetapkan, sebaiknya kamu ketahui dulu berapa ukuran ruang dapurmu? Hal ini tentu akan berpengaruh pada proses setting tata letak cabinet yang akan diterapkan serta konsep desain yang diinginkan.

Kitchenset Minimalis, sarae.id

Sebetulnya tak apa bila ingin mulai dari pemilihan desain, misal mencari model kitchen set minimalis terbaru 2020 di pinterest, atau model lainnya. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk acuan gambaran besarnya saja. Artinya secara keseluruhan konsep akan kembali lagi pada berapa ukuran ruang dapur.

2. Pemilihan Material untuk Area Kitchenset Minimalis 

Sobat sarae, penting diketahui bahwa ada banyak sekali jenis material yang bisa digunakan untuk pembuatan furniture seperti pinus, blockboard, multipleks, jati, dan lain-lain. Kamu harus memilih yang memang cocok diaplikasikan pada furniture dapur alias kitchenset. Material rekomendasi dari sarae adalah Plywood berjenis multipleks yang ketahanannya bisa sampai 15 tahun, tergantung perawatan. Material ini merupakan lapisan kayu yang terbilang cukup kuat. Sehingga cocok sekali bisa digunakan untuk pembuatan kitchen cabinet.

Kitchenset Minimalis, sarae.id

Sementara itu, untuk lapisan dalam dan terluar pun kamu juga harus memilih dengan tepat. Sebab bukan hanya bahan baku utama saja yang akan berpengaruh pada kitchen namun finishing pun berperan penting pada tingkat keawetan serta keindahan. Misal, finishing duco yang menggunakan cat khusus dengan teknik finishing disemprot ada pula finishing HPL dengan teknik finishing ditempel menggunakan lem khusus.

3. Membagi Kabinet berdasarkan Kebutuhan

Kitchenset Minimalis, sarae.id

Kabinet merupakan bagian penting dalam pembuatan gambar kitchen set minimalis. Agar bisa berperan secara maksimal untuk kebutuhan mu, sebaiknya tentukan cabinet apa saja yang memang perlu ada di dapur. Seperti cabinet untuk tempat bumbu, cabinet rak piring, cabinet khusus sampah, cabinet perlengkapan masak, dan lain-lain. Semakin tau apa yang kamu butuhkan maka semakin mudah juga untuk mengatur ruang cabinet nantinya.

4. Aksesoris Pada Kitchen Set

Aksesoris seperti engsel, handle, atau rel juga penting loh untuk kitchen cabinet. Bayangkan saja, saat kamu hendak membuka cabinet terasa lebih berat lalu saat menutupnya malah mengeluarkan bunyi yang nyaring. Atau bagian relnya tak berfungsi dengan baik, itu pasti akan membuatmu jengkel. Iya tidak? Ingin memasak dengan nyaman malah repot membetulkan hal-hal yang sebenarnya bisa diatur sejak awal.

Kitchenset Minimalis, sarae.id

Kamu bisa menentukan aksesoris apa yang mau digunakan? Kalau engsel, mungkin bisa menggunakan yang soft close. Sangat nyaman untuk buka tutup dan tak mengeluarkan bunyi nyaring. Atau engsel yang slow motion, pergerakan relnya teratur dan mampu menstabilkan tarikan dorongan. Bahkan ada juga loh aksesoris yang sudah didesain dengan high technologi. Hanya tinggal pencet menggunakan remot, pintu cabinet sudah bisa terbuka sendiri.

5. Memilih Elektronik Dapur yang Diperlukan

Hal penting terakhir yang perlu sekali ada pada sebuah kitchen tentu saja elektronik dapurnya. Seperti kompor, exhaust hood, rice cooker, dan lain-lain. Paling utama sih tentu kompor dan exhaust hood. Kedua item elektronik ini super wajib ada di ruang dapur dan terpasang di kitchen cabinet.

Kitchenset Minimalis, sarae.id

Ada banyak pilihan kompor, namun yang direkomendasikan adalah kompor tanam. Apalagi bila ingin menerapkan konsep dapur minimalis. Jumlah tungkunya pun beragam ada yang satu tunggu, dua tunggu bahkan empat tungku. Sesuaikan dengan kebutuhan. Kompor tanam juga bisa memberikan kesan model kitchen set minimalis mewah yang super nyaman.

Sementara untuk exhaust hood, berguna untuk menyedot asap atau uap yang dihasilkan karena proses memasak. Item ini juga bisa membuat sirkulasi udara dapur tetap terjaga dan tidak lembab.

Sobat sarae, membuat kitchen sesuai keinginan pun tak bisa sembarangan. Agar bisa lebih nyaman dan fungsional, beberapa hal di atas wajib sekali diperhatikan. Apalagi bila kamu menyewa jasa interior desainer, pilihlah yang memang memahami betul hal-hal penting dalam penataan dapur.

Sarae akan memberikan sedikit tips untuk kamu yang ingin menyewa jasa interior desainer:

  • Pilihlah jasa interior yang berpengalaman, terbukti dengan adanya portofolio hasil kerja yang sudah pernah dilakukan
  • Pastikan bahwa jasa yang kamu sewa adalah yang memahami mengenai material serta kebutuhan dapur clientnya
  • Memilih jasa custom furniture yang memberikan garansi sebagai bentuk tanggung jawab bila nantinya terjadi kerusakan pada furniture

Bagaimana, sudah siap untuk membuat dapur makin cantik, nyaman dan fungsional? Yuk rencanakan rancangan kitchenset mu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis