Dalam merancang desain interior yang minimalis, custom furniture seperti wardrobe menjadi pilihan utama. Kamu bisa memiliki wardrobe yang sesuai dengan preferensi kamu sekaligus mencocokkan dengan gaya minimalis ruangan. Namun, agar wardrobe custom kamu benar-benar unik dan sesuai keinginan, pemilihan bahan tentu sangat krusial.

Pemilihan bahan yang baik tentu saja disesuaikan oleh berbagai faktor. Beberapa diantaranya adalah harga, konsep desain interior yang diinginkan, dan banyak lagi. Dengan ini, kamu perlu tahu masing-masing jenis bahan secara detail.

Jika kamu kebingungan memilih bahan seperti apa yang paling sesuai untuk wardrobe kamu, jangan risau! Artikel ini akan membahas beberapa jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan wardrobe custom. Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Kayu Solid

Kayu solid merupakan pilihan utama untuk wardrobe custom, terutama dalam konteks custom furniture dan desain interior minimalis. Kayu solid memberikan tampilan yang elegan dan kehangatan alami yang sulit dicapai oleh bahan lain. Jenis kayu yang sering digunakan meliputi oak, walnut, dan maple. Kelebihan utama kayu solid adalah kekuatannya yang tinggi, memberikan ketahanan jangka panjang pada furniture custom kamu. Custom furniture dengan bahan ini tentu memiliki kekuatan yang lebih baik dari bahan-bahan lainnya. Furniture dengan bahan kayu solid dapat awet hingga bertahun-tahun lamanya. 

MDF (Medium-Density Fiberboard)

MDF adalah jenis bahan yang cukup populer untuk furniture minimalis, termasuk wardrobe custom. Bahan ini terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan dengan resin. Kelebihan MDF adalah harganya yang lebih terjangkau daripada kayu solid, namun tetap memberikan kestabilan dan kekuatan yang baik. MDF juga dapat di-finishing dengan baik, memberikan fleksibilitas dalam desain dan penampilan.

Plywood

Plywood merupakan alternatif lain untuk wardrobe custom yang sering dipilih. Bahkan, Plywood mungkin saja menjadi bahan yang paling sering digunakan untuk custom furniture karena performanya yang luar biasa. Terbuat dari lapisan-lapisan tipis kayu yang disatukan secara bersilangan, plywood memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban. Plywood juga memberikan opsi finishing yang beragam, sehingga kamu dapat menciptakan tampilan sesuai dengan konsep furniture minimalis dan desain interior yang diinginkan.

Akrilik dan Plexiglas

Jika kamu menginginkan tampilan modern dan transparan pada wardrobe custom kamu, pertimbangkan menggunakan akrilik atau plexiglas. Hal ini dikarenakan, material yang satu ini membuat kesan luas pada ruangan. Dengan sentuhan akrilik atau plexiglas, kamu dapat menciptakan desain yang elegan sesuai dengan konsep furniture minimalis yang kamu inginkan.

Logam

Logam, seperti baja atau aluminium, memberikan alternatif tangguh dan modern untuk pembuatan wardrobe custom. Bahan ini cocok untuk menciptakan tampilan industrial atau kontemporer dalam desain interior. Logam memberikan kekuatan tambahan pada furniture, sementara finishing yang tepat dapat menciptakan nuansa minimalis yang elegan.

Bambu

Bambu tetap menjadi pilihan menarik untuk mereka yang mengutamakan keberlanjutan. Dengan kekuatannya yang cukup besar, bambu dapat digunakan sebagai bahan utama wardrobe custom. Terlebih, bambu identik dengan penampilan yang natural yakni sentuhan alam yang khas. Selain itu, bambu memberikan nuansa hangat dan ramah lingkungan dalam desain interior minimalis. Tertarik mencoba?

Laminasi

Laminasi adalah teknik penutupan permukaan furniture dengan lapisan tipis material, biasanya berupa kertas melamin atau PVC. Bahan ini memberikan kekuatan tambahan pada furniture dan melindungi permukaannya dari goresan. Dalam pembuatan wardrobe custom, laminasi dapat digunakan untuk memberikan sentuhan akhir yang halus dan melengkapi desain minimalis.

Dalam merancang wardrobe custom dengan sentuhan custom furniture, furniture minimalis, dan desain interior, pemilihan bahan sangat penting. Pemilihan bahan yang tepat akan membantu menciptakan wardrobe custom yang sesuai dengan keinginanmu, menghadirkan harmoni dalam desain interior minimalis yang kamu dambakan.

Dari banyaknya jenis bahan untuk custom furniture, kamu pasti kesulitan memilih bahan terbaik yang sesuai dengan keinginan kamu. Dalam kasus seperti ini, kamu mungkin perlu bantuan dari ahlinya yakni jasa desain interior yang memiliki lebih banyak pengalaman dalam memilih bahan. 

Untuk itu, jika kamu ingin membuat custom wardrobe yang sesuai dengan keinginan kamu, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada jasa desain interior terbaik. Sarae.id adalah salah satu pilihan yang bisa kamu coba. Sarae.id memiliki pengalaman dan skill yang memadai untuk mewujudkan wardrobe terbaik yang sesuai dengan keinginan kamu. Jadi, tunggu apalagi? yuk hubungi Sarae.id sekarang juga dan wujudkan wardrobe impian kamu dengan mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

" "