5 Tips Menata Apartemen Studio Agar Makin Cozy

, sarae.id

Bagi kaum urban, sekarang ini apartemen kian diminati sebagai salah satu jenis hunian yang ideal apalagi dengan mobilitasnya yang tinggi. Khususnya bagi mereka yang masih single atau belum berkeluarga, apartemen studio menjadi pilihan tepat. Ukurannya yang minimalist, harganya pun masih cukup terjangkau.

, sarae.id
Sumber Gambar: dekoruma.com

Menata Apartemen Studio

Kalau kamu baru saja memiliki apartemen atau sedang berencana untuk membelinya, tentu hal yang harus kamu pikirkan selanjutnya adalah menata apartemen. Bagaimana agar hunian minimalis tersebut dapat ditinggali dengan nyaman dan tentunya sesuai dengan karakter dan kebutuhan si pemilik.

Oleh sebab itulah, agar tidak kebingungan saat menatanya. Berikut adalah beberapa tips untuk menata apartemen Studio dari Sarae! Simak yuk.

1. Pilih Warna yang Sesuai

Tau nggak sih kalau warna yang kamu tentukan untuk studio apartemenmu akan berpengaruh pada gaya serta kesan ruang. Jadi, bila kamu ingin menerapkan konsep minimalis dengan kesan agar ruangan terasa lebih luas maka akan lebih baik untuk memilih warna yang lebih netral.

, sarae.id
Sumber Gambar: lushome.com

Seperti warna putih, coklat atau cream. Kamu juga bisa saja mengkombinasikan warna, namun sangat disarankan hanya 2 warna saja ya agar masih bisa masuk ke dalam konsep minimalis.

Sementara itu kalau kamu ingin memberikan kesan lebih ceria, kamu bisa juga menerapkan warna yang lebih terang. Namun tentunya agar kesan luas pun tidak hilang, kamu harus memberikan ruang pada beberapa bagian. Sehingga tidak terkesan sumpek atau penuh.

2. Jangan Asal Pilih Furniture

Ukuran studio apartemen yang terbilang minimalis tentu harus ditata dengan tepat. Apalagi untuk pemilihan furniturenya. Jangan asal pilih dan tidak mempertimbangkan ukuran. Pilihan furniture yang minimalis dengan ukuran yang ideal untuk studio apartemen. Pastikan juga kalau bisa multifungsi ya.

, sarae.id
Sumber gambar: article.com

Misal, memilih credenza. Bagian dalamnya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa perabotan atau barang lainnya. Sementara bagian atas credenza bisa digunakan sebagai area galeri mini. Kamu bisa memajang foto atau tanaman hias, sehingga ruangan pun terasa lebih hidup dan estetik.

Pemilihan furniture yang berkaki jenjang juga bisa memberi kesan luas. Selain itu kamu pun akan lebih mudah saat hendak membersihkan furniture di apartemen. Bila ada debu di bagian bawah atau kolong furniture, dengan mudah bisa langsung disapu.

3. Terapkan Dekorasi Tanaman

Ingin suasana ruang lebih hidup dan udaranya pun tetap terjaga? Kenapa tidak coba menerapkan dekorasi tanaman saja? Ada banyak tanaman yang direkomendasikan untuk ditaruh dalam ruang, selain karena mudah dalam hal perawatan, bisa juga menjaga sirkulasi udara.

Contoh tanaman hias yang bisa diaplikasikan pada penataan ruang seperti Kaktus, Lili, Anggrek, Lidah Mertua, dan banyak lagi. Kamu bisa pilih pot yang berukuran kecil sebagai media tanamnya. Kemudian tempatkan di atas credenza atau ambalan. Ini bisa mempercantik ruangan.

4. Atur Cahaya Ruangan

Nah, pencahayaan pun ternyata dapat menjadi unsur penting loh agar memberikan kesan pada ruang apartemen. Kamu bisa mulai dengan coba mengkombinasikan 3 cahaya berbeda. Misal cahaya terpusat, focus dan tambahan.

, sarae.id
Sumber gambar: babe.news

Untuk cahaya terpusat, gunakanlah lampu gantung. Untuk cahaya focus gunakanlah standing lamp yang memang disesuaikan dengan konsep ruang yang kamu usung. Sementara untuk cahaya tambahan, kamu bisa coba menggunakan lampu dinding.

5.  Memasang Rak Display untuk Kesan Ruangan Lebih Luas

, sarae.id
Sumber gambar: farmhousetx.com

Tips menata apartemen studio yang terakhir adalah dengan memasang rak display yang tidak memiliki kaki. Atau bisa disebut rak gantung atau ambalan. Ini solusi paling tepat untuk kamu yang memang mempunyai apartemen studio minimalis. Selain akan memberikan kesan lebih luas, ruangan pun akan mudah dibersihkan.

Bagaimana, tips menata studio apartemen di atas cukup membantu bukan? Agar hasilnya bisa maksimal dan memberikan kenyamanan untukmu, yuk langsung saja rencanakan bagaimana kamu akan menata apartemenmu. Bisa mulai dengan menentukan konsep yang akan diusung, apakah minimalist atau modern atau industrial dan yang lainnya. Setelah itu ikuti langkah tips di atas agar lebih memudahkan. Selamat menata ruangan apartemenmu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis