Tips Memilih Jenis Sofa yang Sesuai dengan Gaya Interior Anda

, sarae.id

Sofa adalah salah satu perabot krusial didalam rumah anda. Beberapa ruangan utama seperti ruang tamu, kamar dan teras menjadikan sofa sebagai perabot utama yang menunjang aktifitas dari ruangan tersebut. Pemilihan sofa yang ideal harus mempertimbangkan beberapa hal seperti: ukuran ruangan, suhu ruang, jenis dan fungsi ruangan, lalu tentu saja budget yang dimiliki. Sofa memiliki harga yang beragam dengan kisaran dari 2 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah. Beberapa hal seperti material, ukuran sofa dan brand memiliki pengaruh terhadap harga.

Sofa juga merupakan investasi bagi interior rumah anda jika kelak anda akan menyewakan atau menjual rumah anda full-furnish, karena sofa dengan desain yang baik, baik secara estetika desain dan ergonominya dapat meningkatkan value interior rumah. Mari kita melihat beberapa tipe sofa sebagai pertimbangan pilihan anda.

Sofa Tradisional Indonesia

 

, sarae.id
source: bybjorkheim.wordpress.com

 

Meningkatnya popularitas desain sofa modern yang biasanya memiliki rangka yang lurus dan sederhana, tidak lantas menenggelamkan desain sofa khas Indonesia. Sofa tradisional Indonesia umumnya menggunakan material kayu jati / mahogani sebagai rangkanya. Dipadukan dengan ukiran-ukiran yang membuat rangkanya nampak lebih mewah. Sofa ini cocok untuk gaya interior etnik ataupun rustic tradisional. Bangunan seperti resort juga masih banyak yang menggunakan sofa seperti ini. Sofa tradisional hadir dengan set single, 2 atau 3 seat juga ada yang hanya merupakan kayuu tanpa bantalan duduk.

Sofa Modern Minimalis

, sarae.id
source: westelm.com

Gaya sofa minimalis banyak digemari khususnya untuk keluarga muda dan milenial. Sofa minimalis juga hadir dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan cocok untuk ruang tamu yang cenderung sempit. Sofa minimalis umumnya berbentuk kotak dengan rangka besi atau stainless steel diameter kecil. Warna – warna yang digunakan untuk sofa minimalis juga adalah warna netral seperti beige, abu – abu, hitam, off white dan cokelat. Namun tidak jarang juga menggunakan warna seperti tosca, kuning ataupun orange tergantuk dari suasana interior yang diinginkan.

Sofa Klasik Chesterfield

, sarae.id
source: tuacasa.com.br

Sofa tipe ini biasanya digunakan untuk gaya interior klasik seperti Victorian, American dan Gothic klasik. Salah satu ciri khas chesterfield sofa adalah sandaran yang dijait kedalam dengan kancing – kancing (tufted). Karena biasanya menggunakan material kain yang agak berbulu seperti beludru, faux leather dan corduroy, ruangan tempat dimana sofa tipe ini diletakan juga idealnya memiliki sistem pendinginan atau sirkulasi udara yang baik. Rangka sofa tipe ini biasa terbuat dari besi ukir dengan finishing chrome atau gold.

Sofa Sectional

, sarae.id
source: decoist.com

Sofa sectional diberi nama demikian karena mengacu kepada bentuknya yang terdiri dari dua buah sofa yang diletakan sehingga terlihat menjadi 1 bagian. Misalnya 2 seat sofa yang peletakannya berdampingan dengan 3 seat sofa atau banyak juga kombinasi yang menghasilkan jumlah dudukan yang banyak, cocok untuk ruang keluarga tempat dimana keluarga besar berkumpul untuk menonton TV bersama.

Sofa L-Shaped

, sarae.id
source: 1stdibs.com

Secara look, terdapat beberapa tipe sofa sectional yang sama tampilannya dengan sofa L-shaped. Namun perbedaannya adalah sofa bentuk L adalah satu bagian utuh yang tidak dapat dipisah secara modular. Sofa bentuk L juga banyak digunakan untuk ruang tamu kecil dipadukan dengan meja pendek kecil berbentuk oval atau kotak. Dari segi material, sofa bentuk L juga memiliki banyak variasi yang dapat disesuaikan dengan preferensi masing – masing.

Sofa Sleeper / Couch

, sarae.id
source: westelm.com

Sofa sleeper atau yang lebih idealnya disebut dengan istilah couch, adalah sofa dengan lebar dudukan 80-100cm. Lebar yang diatas rata-rata ini dimaksudkan untuk dapat digunakan untuk berbaring. Sofa sleeper biasanya diletakan di ruang keluarga dan tidak ideal jika digunakan diruang tamu. Sleeper sofa juga cocok diletakan di apartemen studio ataupun ruang membaca dirumah.

Sofa Mid-Century Modern

, sarae.id
source: housetohome.co.uk

Gaya dan bentuk tipe sofa yang merupakan transisi dari gaya klasik ke  modern. Sofa mid-century seperti namannya populer pada abad pertengahan 1950. Struktur rangka sederhana namun jika sofa minimalis banyak menggunakan rangka stainlees steel. mid-century sofa umumnya menggunakan rangka kayu. Sofa tipe ini cocok untuk gaya interior Skandinavia ataupun Japandi.

Loveseat sofa

, sarae.id
sourcce: wayfair.com

Loveseat sofa adalah sofa yang didesain khusus untuk 2 orang atau kurang. Loveseat terdiri dari 2 dudukan dan sangat ideal untuk ruang tamu atau ruang keluarga yang sempit. Sofa loveseat biasanya memiliki dimensi panjang 1.4 – 2m saja sehingga sangat fleksibel akan pengaturannya. Dapat menjadi sofa utama didalam kamar tidur ataupun menjadi bagian dari sofa set ruang tamu.

Recliner Sofa

, sarae.id
source: leatherfurnitureexpo.com

Jika anda menginginkan pengalaman duduk yang menyenangkan bagi postur badan anda yang kelelahan, recliner sofa dapat menjadi pilihan ideal. Recliner sofa adalah sofa yang dapat di atur tinggi rendah kemiringan sandarannya, juga bagian bawah dudukan yang dapat melipat keluar menyediakan tempat meluruskan kaki atau selonjoran dengan nyaman. Recliner sofa biasanya memiliki harga yang mahal karena terdapar mekanik didalam rangka dan bantalannya yang memungkinkan adjust sandaran punggu, kaki dan tangan.

Divan

, sarae.id
source: turbosquid.com

Divan adalah jenis sofa yang tidak memiliki sandaran. Divan biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran standar 40-50cm x 1.5-1.8m. Umumnya divan di sandarkan ke dinding atau diberi tambahan beberapa bantal sebagai sandaran agar lebih nyaman. Divan biasanya menggunakan dudukan yang cukup tebal dengan material kain yang beragam dari katun, polyester hingga kulit.

Sofa Bed

, sarae.id
source: 2modern.com

Sofa Bed sesuai namanya adalah perabot yang memiliki dua fungsi sebagai sofa tempat duduk dan kasur. Sofa bed dapat dilipat dan di luruskan hingga menjadi kursi ataupun tempat tidur. Sofa bed adalah pilihan ideal untuk menghemat ruangan. Misalnya didalam apartemen studio digunakan sofa bed yang dapat digunakan sebagai tempat duduk saat menonton film, lalu saat malam tiba digunakan sebagai tempat tidur. Pilihlah material yang nyaman dengan busa yang tebal agar lebih nyaman. Jangan lupa untuk mencoba terlebih dahulu transformasi dari kursi ke tempat tidur dan pastikan mekanik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis