Inspirasi Desain Kitchen Set jenis U-Shape

, sarae.id

U-Shape Kitchens adalah tata letak dapur kontinu yang menempatkan lemari dan perlengkapan di sepanjang tiga dinding yang berdekatan dalam pengaturan U-Shape. Fleksibel untuk berbagai variasi panjang dan kedalaman, desain U-Shape Kitchens sering menggabungkan counter pulau tengah untuk peningkatan ruang kerja dan permukaan meja. Lebar tengah minimum 5 ‘| 1,53 m harus disediakan untuk digunakan, tetapi disarankan agar zona ini diperbesar hingga antara 6’-8 ‘| 1,8-2,4 m untuk menyediakan akses yang cukup dan ruang gerak untuk banyak orang. U-Shape Kitchens memiliki lebar yang berkisar dari 9’-12 ‘| 2,7-3,7 m dan kedalaman yang bervariasi sesuai yang diinginkan. U-Shape Kitchens harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 107 kaki2 | 10 m2.

, sarae.id

Pertanyaan umum tentang kitchen set jenis U-Shape

Dapur dengan kitchen set jenis U-Shape ini memiliki bentuk layout yang menyerupai huruf U. Untuk merancang dapur dengan kitchen set ini, pemilik rumah perlu menyiapkan ruangan dengan tiga sisi dinding yang berdekatan dan saling tertutup. Standar yang dapat digunakan untuk merancang jenis kitchen set ini minimal memiliki lebar tengah minimal 5’ tau setara dengan 1,53 meter. Namun supaya pemilik dapat lebih leluasa, luasan ini dapat diperbesar hingga 6’-8’ atau setara dengan 1,8 hingga 2,4 meter. Sedangkan ukuran dapur agar optimal berada di kisaran luas 107 ft2 atau setara dengan 10 meter persegi. Lebar umum kitchen set ini berada dikisaran 9’-12’ atau setara dengan 2,7 hingga 3,7 meter sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Dapur dengan kitchen set jenis U-Shape ini merupakan salah satu tata ruang dapur yang populer dikalangan masyarakat karena bisa menyimpan banyak ruang pada rak-rak lemari kitchen setnya. Kitchen set dengan jenis U-Shape ini menempatkan 3 aktifitas di sisi-sisi dinding yang membentuk pola U. Dapur dengan kitchen set jenis ini dapat dikombinasikan dengan ruang makan atau ruang lain dalam rumah. Anda dapat menggunakan konsep open spaca atau konsep dengan ruangan terbuka yang dapat diakses menjadi 2 sisinya sehingga Anda dapat mudah mengakses ruangan dapur sekaligus melakukan aktifitas di ruangan lain.

Dapur dengan kitchen set jenis U-Shape ini mungkin merupakan tatanan ruang dapur yang paling praktis bila dibandingkan dengan ruang dapur dengan kitchen set jenis lainnya. Ruang dapur inidapat memberikan tempat penyimpanan yang lebih banyak dan lebih optimal karena memiliki 3 sisi yang dapat digunakan juga sebagai rak.

, sarae.id

Sumber: pinterest.com

Kitchen set jenis U-Shape ini akan bekerja efisien di dapur dengan ruangan yang besar. Namun bila Anda memiliki ruangan dapur yang sempit, kitchen set ini juga dapat diterpakan dengan menggunakan sistem ruang dapur yang terbuka (open space). Agar pemilik rumah dapat bekerja di ruang dapur dengan optimal, maka sediakan ruang kosong seluas 2 meter untuk memperlancar alur sirkulasi gerak pemilik rumah ketika sedang memasak. Konsep segitiga emas dalam ruang dapur ini dapat bekerja secara maksimal dengan dapur yang memiliki kitchen set jenis U-Shape ini. Dalam kitchen set ini, sediakan ruangan kosong dengan kedalaman 120 cm x 270 cm sebagai tempat untuk meletakkan kulkas. Ini akan membuat ruangan Anda menjadi lebih praktis dan efisien ketika beraktifitas di ruang dapur. Konsep segitiga emas dalam ruang dapur ini akan lebih sulit didapat ketika ruangan dapur yang diterapkan dengan menggunakan kitchen set jenis L-Shape.

Supaya ruangan dapur menghasilkan vista yang indah, maka Anda juga perlu memperhatikan aspek lain dalam ruang dapur seperti tingkat pencahayaan, material yang dipasang, konsep warna, jenis perabot, dan aspek lainnya. Material higloss modern seperti lantai keramik serta elemen alumunium atau stainless steel pada perabot dapat Anda terapkan dalam ruang dapur dengan kitchen set jenis U-Shape untuk membantu dalam menjaga tingkat pencahayaan yang sesuai. Dalam kasus ini, dapur yang memiliki ruangan yang lebih besar dapat membantu menangani warna-warna yang dalam. Anda dapat mengaplikasikannya dengan pola-pola bewarna gelap atau sentuhan material gelap lain agar dapur yang luas menjadi lebih menarik.

Beberapa referensi desain ini bisa dijadikan inpirasi desain kitchen set jenis U-Shape

, sarae.id

Sumber: pinterest.com

Ruang dapur dengan kitchen set jenis U-Shape yang bersih dengan konsep rancangan serba putih. Dengan memilih warna putih untuk kabinet, langit-langit, dinding, serta laintainya dapat memberikan kesan kitchen set jenis U-Shape yang kompak. Disini Anda juga dapat menggunakan lampi gantung bewarna putih sebagai elemen tambahannya.

, sarae.id

Sumber: pinterest.com

Jika Anda sendang mencari ide ruang dapur ala restoran, maka kitchen set jenis U-Shape ini patut untuk dipertimbangkan. Posisikan kitchen set jenis ini dengan ruangan dapur yang tersedia. Jika memungkinkan Anda dapat meletakkan meja dan kursi portabel di ruangan makan yang terhubung langsung dengan ruang dapur. Disini Anda dapat membuat tema desain yang sama antara ruang dapur dengan ruamng makan sehingga dapat terlihat menyatu meski dalam ruangan yang berbeda. Bagi Anda yang memiliki ruangan dapur yang kecil, Anda dapat menerapkan konsep kontras. Anda dapat menggabungkan konsep putih yang diterapkan dalam warna cat dinding dengan konsep gelap yang dipilih melalui pemilihan warna-warna interiornya. Untuk kitchen set jenis U-Shape yang berada di ruang dapur yang kecil, Anda sebaiknya meminimalisir penggunaan lemari karena akan terkesan penuh dan sesak ketika memasuki ruangan dapur tersebut. Dengan begitu ruangan dapur dengan kitchen set jenis ini akan terasa segar dan dapat bekerja dengan maksimal.

, sarae.id

Sumber: pinterest.com

Ketika Anda menginginkan adanya lemari di ruang dapur kecil dengan kitchen set jenis U-Shape, maka salah satu cara untuk menyiasati agar ruangan tidak sempit adalah dengan memberikan kabinet dengan ukuran pendek. Dengan begitu, dibawah kabinet ini dapat sekaligus sebagai tempat untuk meletakkan kompor, wastafel, dan lainnya. Selain itu, adanya sisa ruang yang berada di bawah kabinet ini akan memberikan kesan yang lebih luas ketika berada di ruang dapur yang sempit. Untuk memberikan efek yang lebih luas, maka Anda dapat menerapkan warna dominan putih yang diaplikasikan dengan kehangatan kayu.

, sarae.id

Sumber: pinterest.com

Anda bisa memanfaatkan ruangan kecil yang memanjang untuk merancang sebuah dapur dengan kitchen set jenis U-Shape. Disini kaki-kai ujung kabinet dapat Anda terapkan dengan sedikit menonjol. Permainan front kabinet dengan nuansa hi gloss dan carcases beneer ini membantu ruangan dapur Anda terlihat menarik. Karena memiliki ruangan yang cukup luas, maka jangan ragu untuk menerapkan rak-rak pada dinding dari dapur ini. Selain terlihat lebih rapi, menggunakan rak untuk ruangan dapur yang luas akan mengurangi pandangan terhadap ruang dapur yang kosong.

, sarae.id

Sumber: pinterest.com

Dalam desain ruang dapur dengan kitchen set jenis U-Shape diatas terdapat jendela yang bermanfaat sebagai sirkulasi cahaya dan udara yang masuk. Dapur dengan kichen set jens U-Shape ini mungkin merupakan tata ruang dapur yang paling praktis. Disini jendela dapat dijadikan titik fokus ketika berada di ruang dapur. Anda dapat memadukan dengan jenis material keramik atau material mengkilap lain yang kemudian disandingkan dengan kabinet kayu untuk menghadirkan kehangatan dan kenyamanan dari ruang dapur dengan kitchen set jenis U-Shape. Bagi Anda yang ingin menerapkan konsep pedesaan pada ruang dapur, maka pilihan jendela ini adalah salah satu yang tepat untuk diterapkan dalam kitchen set jenis U-Shape.

, sarae.id

Sumber: pinterest.com

Ruangan dapur yang kecil dengan rak yang tinggi dapat disiasati dengan menerapkan cat dinding dengan perpaduan yang kontras. Penerapan warna-warna dinding yang kontras ini dapat membatu penglihatan manusia sehingga akan lebih fokus ke dinding dan akan menyamarkan adanya lemari dari kitchen set jenis L-Shape ini. Selain itu Anda juga dapat memberikan dinding berpola agar tampilan dapur menjadi lebih menarik lagi. Jika dalam dapur dengan kitchen set jenis-U-Shape ini terdapat jendela, maka Anda juga dapat memberikan tanaman kecil dengan pot untuk menyiasati pandangan dari rak kabinet ini. Namun ketika Anda menempatkan tanaman ke dalam dapur, pastikan supaya selalu terawat. Karena jika tanaman tersebut layu akan memberikan kesan yang kurang indah di dalam ruang daput.

Bagaimana, tertarik untuk menerapkan kitchen set jenis U-Shape ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis