Smart Home System: Kelebihan dan Kekurangan

, sarae.id

By Nadhifah Salsabila Firdaus

Dewasa ini teknologi berkembang pesat dimana perkembangan tersebut tidak hanya mencakup lingkup bisnis, namun juga domestik. Karenanya munculah istilah smart home yang menggambarkan rumah berbasis teknologi. Tentu kehadiran teknologi ini memberikan kepraktisan dan memudahkan seseorang dalam mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh, anytime and anywhere.

Beberapa perangkat yang terhubung pada sistem smart home adalah sistem keamanan, termostat, pencahayaan, hingga turn on/off AC, TV, streaker listrik dari jarak jauh. Keamanan dan efisiensi menjadi poin utama dari perkembangan smart home system ini. Penghematan biaya pun dapat dilakukan dengan signifikan karena perangkat elektronik digunakan lebih efisien. Tertarik untuk mencoba? Eitss sebelum itu, ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan dari Smart Home System ini ya. So, check this out! 😄

, sarae.id

Projek: Home Interior | Klien: Ibu Rizaldi, Cimahi

 

Kelebihan Smart Home

  • Penggunaan Energi Lebih Terkontrol

Dengan menggunakan sistem smart home kamu akan lebih mudah mengendalikan penggunaan energi. Kamu tak perlu panik lagi ketika lupa mematikan perangkat elektronik, seperti AC dan lampu, karena kamu dapat dengan mudah mematikannya melalui perangkat smartphone dari jarak jauh. So, penggunaan listrik di rumah akan lebih terkontrol dan tidak mubazir. 

  • Meningkatkan Keamanan Rumah

Penggunaan sensor khusus seperti smart door lock dan smart camera cctv yang diletakan di pintu atau jalur keluar masuk rumah tentu akan meningkatkan keamanan pada rumah. Bagaimana juga perangkat smart door lock tersebut menjadikan tidak sembarang orang dapat keluar masuk rumahmu. Sedangkan penggunaan smart camera cctv dapat mengawasi keadaan sekitar rumah dan mengawasi dari pergerakan yang mencurigakan baik pada siang dan malam hari ataupun saat kamu berada dan tidak ada di rumahmu.

  • Memudahkan Pekerjaan Rumah

Kamu terlalu sibuk untuk mengurusi pekerjaan rumah? Tenang, beberapa perangkat pintar dapat membantumu menyelesaikan pekerjaanmu. Misalnya kamu bisa mempercayakan pekerjaan untuk membersihkan lantai pada vacuum cleaner yang dapat membersihkan dengan sendirinya. Kamu juga tidak perlu repot menyalakan dan mematikan lampu karena kamu bisa mensetting kapan lampu di rumahmu menyala dan mati dengan sendirinya.

  • Meningkatkan Kualitas Hidup

Walaupun biaya pemasangannya relatif mahal, mencapai puluhan juta untuk sistem nirkabel dan belasan juta untuk sistem kabel. Hal itu sebanding dengan manfaat yang didapatkan, bagaimana tidak kualitas hidup kamu dan keluarga pun akan meningkat seiring dengan kemudahan dalam beraktivitas di rumah.

Kekurangan Smart Home

  • Tidak Semua Perangkat Smart Home Kompatibel

Walaupun saat ini banyak perusahaan yang memproduksi berbagai perangkat untuk sistem smart home, tidak menutup kemungkinan perangkat-perangkat tersebut tidak kompatibel (tidak sesuai) antara yang satu dan lainnya. Beberapa perangkat terkadang memerlukan tenaga ahli dalam proses pemasangannya sehingga perangkat tersebut dapat digunakan.

  • Sangat Bergantung pada Koneksi Internet

Sistem smart home sangat bergantung pada koneksi internet. Karena bagaimanapun router pada internet yang akan mengirimkan sinyal pada perangkat smart home. Gangguan (down) pada internet juga akan mengganggu kelancaran dari penggunaan perangkat tersebut hingga koneksi internet kembali normal. Walaupun begitu, tidak semua perangkat bergantung pada internet secara penuh. Karena ada beberapa perangkat yang masih bisa digunakan walaupun koneksi internet terganggu.

  • Biaya Pemasangan Relatif Mahal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, biaya pemasangan sistem smart home memakan biaya yang relatif mahal. Dari belasan hingga puluhan juta. Kondisi listrik di Indonesia yang belum stabil sepenuhnya pun dapat menjadi kendala. Semisal jaringan listrik mati sewaktu-waktu, kamu perlu memiliki back-up dan safety system sehingga tidak membahayakanmu saat sedang berada di dalam maupun luar rumah.

  • Risiko Peretasan

Risiko ini juga perlu menjadi perhatianmu, pasalnya risiko keamanan dan bug ini seringkali mengganggu kamu sebagai pengguna sistem smart home. Peretas yang andal bisa saja memperoleh akses pada perangkat smart home yang terhubung dengan internet. Walaupun sebenarnya kamu bisa melindungi perangkat tersebut dengan kata sandi yang kuat, penggunaan enkripsi yang tersedia, dan memberikan akses perangkat smart home hanya kepada mereka yang terpercaya.

Yups, itulah serba-serbi dari kelebihan dan kekurangan penggunaan sistem smart home. Saat ini lebih dari sepertiga rumah tangga menggunakan perangkat smart home ini. Kamu masih tertarik menggunakannya? Kalau masih ragu, yuk simak penerapan smart home pada salah satu project yang kami kerjakan di Smart Home ala Bapak Rizaldi 😄

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *