Tips Menata Ruangan Minimalis, Terlihat Estetik!

Tips Menata Ruangan Minimalis, sarae.id

Memiliki rumah minimalis dan sederhana mungkin membuatmu senang. Salah satu alasannya adalah kamu tidak perlu susah payah kesulitan untuk merapikan rumah. Namun, cara menyimpan barang agar terlihat rapi di tempat yang terbatas menjadi kendala tersendiri. Tapi kamu tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas tips menata ruangan minimalis yang bisa membantumu.

A. Tips Menata Ruangan Minimalis bagian Kamar

Kamar tidur menjadi ruang personal yang paling sering ditempati di rumah. Karenanya, penting untuk membuat kamar terasa senyaman mungkin. Agar kamar minimalis lebih nyaman dan indah untuk dipandang, berikut tips penataan yang baik untuk kamar kamu.

Tips Menata Ruangan Minimalis, sarae.id

1. Perabotan Hemat Tempat

Jika kamu ingin memiliki kamar tidur yang minimalis, pilih furniture atau perabotan yang hemat tempat. Dengan furniture yang lebih kecil, penataan ruangan akan lebih mudah. Terlebih lagi kamu akan mempunyai ruang untuk bergerak, menyimpan barang, dan melakukan kegiatan lain.

2. Penggunaan Cermin

Kamu bisa memanfaatkan cermin untuk membuat ruang minimalis terlihat lebih luas. Selain itu, ruang kamar akan terkesan sejuk dan luas.

Banyaknya pilihan desain dan model kaca yang menarik dapat sekaligus menjadi hiasan di kamar. Untuk menjadikannya lebih indah lagi, kamu bisa mengkreasikannya dengan menempelkan lampu tumblr di tepian cermin. Dengan begitu, kamar kamu akan terlihat lebih estetik dan minimalis.

3. Pencahayaan Kamar yang Baik

Agar kamar di rumah minimalis kamu tidak memiliki kesan yang sumpek, kamu harus memberikan ruang agar pencahaayaan yang masuk ke kamar kamu lancar. Hal itu bisa membuat kamar kamu terasa segar dan lebih luas.

Kamu juga bisa memanfaatkan pencahayaan alami saat siang hari dengan penggunaan jendela yang maksimal. Dengan begitu, kamu akan lebih hemat energi dan biaya listrik.

4. Penataan Ruang

Tantangan yang biasa dialami jika kamu memiliki ruang minimalis adalah penyimpanan barang. Maka dari itu, kamu harus bisa mensiasati setiap ruang kosong diisi oleh barang dengan maksimal.

Kamu bisa membuat kasur berfungsi ganda dengan menempatkan kotak kosong pada area bawah kasur. Selain itu, rak kosong pada area kamar bisa kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan buku dan hiasan lainnya. Jadi kamar kamu tidak hanya fungsional, namun juga terlihat menarik.

5. Penggunaan Wall Art

Agar kamar minimalis kamu tidak terasa monoton, kamu bisa memasang wall art untuk menimbulkan kesan indah dan menarik. Kamu bisa memajang jam dinding, lukisan, ataupun koleksi foto untuk memanjakan matamu. Pemasangan wall art akan menimbulkan kesan lebih luas dan mengalihkan perhatian ruang kamar yang kecil.

6. Hindari Headboard

Pemasangan headboard di kamar minimalis bisa menimbulkan kesan penuh. Sebagai gantinya, kamu bisa memasang lemari atau hiasan di atas dinding kosong bagian kasur. Selain terlihat menarik, ruang juga dimanfaatkan dengan maksimal.

 

B. Tips Menata Ruangan Minimalis bagian Ruang Keluarga

Ruang keluarga menjadi tempat untuk mengjabiskan waktu dengan kelurga. Oleh karena itu, penataan ruang keluarga merupakan hal yang penting dilakukan agar setiap anggota keluarga merasa nyaman.

Agar penataan ruang keluarga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, berikut Tips Menata Ruangan Minimalis di ruangan keluarga.

Tips Menata Ruangan Minimalis, sarae.id

1. Tempat Duduk yang Sesuai

Pilih tempat duduk berdasarkan kondisi ruangan dan jumlah anggota keluarga. Selain itu, sesuaikan juga dengan aktivitas yang biasa kamu dan keluarga lakukan. Jangan sampai tempat duduk menjadi penghambat kegiatan kamu. Kamu juga perlu menyesuaikan desain dan warna tempat duduk dengan keseluruhan ruangan.

2. Kolaborasi Meja yang Tepat

Selain tempat duduk, kamu juga bisa menempatkan meja di ruang keluarga. Pilih meja dengan ukuran yang sesuai berdasaran ruangan dan tempat duduk.

3. Meja TV sebagai Pelengkap Kenyamanan

TV seringkali ditemukan di ruang keluarga. Agar lebih menarik, kamu bisa melegkapinya dengan meja TV. Selain menambah keindahan, meja juga bisa menjadi tempat penyimpanan barang.

Jangan lupa juga untuk memastikan jarak TV dan tempat duduk baik agar setiap anggota keluarga merasa nyaman.

4. Penggunaan Tekstil sebagai Penambah Kehangatan

Penambahan tekstil akan membuat ruangan keluarga kamu lebih hangat. Misalnya dengan menambahkan selimut, bantal, gorden, tirai dan karpet ataupun barang lainnya yang terbuat dari tekstil.

Hal tersebut bisa membuat ruangan keluarga terlihat lebih indah dan bisa membuat kamu lebih nyaman.

5. Tanaman Hijau sebagai Penyegar Ruangan

Tempat melepas kepenatan adalah ruang keluarga. Elemen yang dekoratif dan bermanfaat seperit tanaman hijau bisa membantu kamu melepaskan kepenatan. Tanaman hijau dapat membantu kamu berelaksasi. Selain itu, tanaman hijau akan membuat sirkulasi udara ruangan menjadi bersih dan segar.

6. Gunakan Dekorasi yang Menarik

Untuk menambah polesan keindahan ruangan keluarga, kamu bisa menambahkan dekorasi, misalnya galeri seni, yaitu dengan memakai bingkai yang diisi oleh foto ataupun gamabar desain grafis dengan pola yang menarik dan unik. Kamu bisa menambahkan beberapa pajangan seperti kerajinan tangan untuk menambah kesan menarik,

Terakhir, untuk memperindah ruangan, sangat diperlukan penataan ruangan yang teliti dan penuh kreasi. Gunakan daya imajinasi yang kamu miliki untuk melakukan penataan ruangan minimalis.

Agar penempatan ruangan minimalis kamu tepat, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan konsultan profesional. Semoga Sobat Sarae terbatu dengan tips menata ruangan minimalis ini, ya!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis