Tips Memilih Warna Cat yang Tepat bagi Rumah Anda

, sarae.id

Memilih warna cat bagi dinding interior rumah anda memang bukanlah hal yang sulit, anda dapat memulai dari warna kesukaan anda dan berangkat dari warna tersebut untuk padu padannya. Warna cat adalah bagian penting dalam interior rumah anda. Keselarasannya dengan material, perabotan, aksesoris, ukuran ruang yang membuat desain interior rumah anda terlihat harmonis. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjadi pertimbangan memilih paduan warna cat interior rumah anda.

1. Warna Kesukaan / Favorit

Seperti yang menjadi awal pembuka paragraf tadi, memilih warna cat dapat dimulai dari beberapa warna favorit anda. Jika anda belum yakin apa warna yang menjadi kesukaan anda, anda dapat memperhatikan warna baju terbanyak yang ada di lemari anda. Pilih dua atau tiga warna yang menjadi warna mayoritas wardrobe anda. Selain dari isi lemari, anda dapat memilih berdasarkan foto – foto inspirasi interior yang anda sukai dan pilihlah tema warna yang paling banyak anda sukai sebagai inspirasi padu padan warnanya.

, sarae.id
source: The Creativity Exchange

2. Perabotan, Karya Seni atau Aksesories sebagai Guide

Selain dari warna kesukaan, penyesuaian berikutnya yang dapat dilakukan adalah, menjadikan perabotan yang sudah anda punyai, aksesoris ataupun karya seni sebagai guideline atau petunjuk. Misalnya, set kursi, sofa dan meja ruang tamu anda adalah warna natural kayu dengan undertone (warna dasar) coklat kekuningan, karya seni atau lukisan yang anda gantung di ruang tamu adalah foto hitam putih dan abu-abu lalu terdapat aksesoris vas bunga ataupun keramik dengan warna-warna pastel hijau dan pink. Anda dapat memilih warna cream atau beige atau coklat muda pucat sebagai warna dinding ruang tamu anda yang berperan sebagai latar belakang yang menonjolkan perabot kayu, serasi dengan karya seni monochrome. Warna aksen? dapat diberikan oleh aksesoris keramik anda.

, sarae.id
source: historiasdecasa

3. Teori Warna

Sebagai tambahan pengetahuan dan untuk melatih kepekaan kita akan kombinasi warna yang cocok ataupun kurang cocok, kita dapat terlebih dahulu mempelajari tentang teori warna secara singkat. Teori warna ini dapat diterapkan dalam membuat skema warna interior. Seperti pada gambar dibawah ini. Ini adalah gambar roda warna (color wheel) yang menunjukan kedekatan antara warna yang satu dengan yang lain. Hal ini yang menjadi dasar anda menentukan skema warna cat interior dan harmonisasinya dengan elemen interior lainnya.

, sarae.id
source: visme.co

4. Pertimbangkan Ukuran Ruangan

Ukuran ruangan seperti lebar dan tinggi ruang juga ikut menjadi faktor yang mempengaruhi skema warna seperti apa yang dipilih. Terutama untuk warna keseluruhan dari sebuah ruangan. Hal ini merupakan pengaruh warna terhadap perasaan dari penghuninya terhadap ruang dimana mereka berada. Warna-warna dengan shade yang lebih gelap dapat membuat ruangan menjadi terasa lebih sempit dimana perasaan intim dan nyaman dapat tercipta. Sementara itu, warna cerah dapat membuat ruang terasa lebih luas dan lowong. Jika ruangan sempit namun anda ingin menciptakan suasana yang lebih ceria misalnya pada ruang tamu atau ruang keluarga, warna cat yang lebih cerah dapat menjadi pilihan yang ideal.

, sarae.id
source: Stylebyemilyhenderson

5. Memperhatikan Pencahayaan dan Lampu Interior

Sebelum memilih dan memutuskan warna cat dinding yang diinginkan, sebaiknya melakukan tes terlebih dahulu bagaimana warna tersebut tampil dibawah pencahayaan atau lampu yang berbeda. Setiap lampu memiliki warna pancaran yang berbeda yang akan mempengaruhi tampilan warna cat anda. Pada umumnya lampu yang digunakan sebagai sumber cahaya utama dalam ruangan memiliki dua macam tipe, lampu dengan pancaran hangat (warm light) yang akan memberikan bayangan kekuningan yang hangat dan lampu fluorescent (cool light) yang memberikan pantulan cahaya dan bayangan ke arah warna biru.

, sarae.id
source: marset-com

6. Fungsi Ruang dan Mood yang Sesuai

Warna ternyata memiliki pengaruh terhadap mood atau yang lebih sering disebut dengan psikologi warna. Misalnya restoran yang didominasi warna merah ataupun warna aksen yang mencolok karena warna merah dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Memang tidak ada pembuktiaan yang akurat terhadap seberapa besar pengaruhnya, namun, warna – warna tertentu memang berpengaruh kuat terhadap mood atau suasana ruangan. Terang gelapnya sebuah warna juga memiliki efek yang berbeda. misalnya, warna biru. Biru gelap misalnya cocok untuk meningkatkan konsentrasi namun biru yang lebih terang menciptakan suasana yang rileks dan tenang cocok untuk area kamar tidur ataupun ruang bersantai. Contoh lainnya adalah warna ungu yang memiliki kesan feminim dan mewah cocok untuk ruangan seperti butik, salon ataupun dressing room

, sarae.id
source: etsy-com

7. Mencoba Shade yang Lebih Gelap atau Lebih Terang

Jika anda telah memilih dan menyukai skema warna tertentu lalu ternyata paduannya kurang cocok jangan langsung mengubah dengan skema warna yang sama sekali berbeda. Anda dapat mencoba warna – warna yang sama namun dengan shade yang lebih gelap atau lebih terang. Misalnya saat memilih merah ternyata kurang cocok, cobalah warna turunan merah yang lebih terang seperti merah muda, peach atau mauve.

, sarae.id
source: elle decoration

8. Memulas Cat Sampel Langsung ke Dinding

Setelah mengetahui warna yang diinginkan hal yang harus dilakukan sebelum membeli cat dalam ukuran besar dan banyak adalah membuat sampel ukuran kecil langsung pada dinding anda untuk melihat bagaimana beberapa warna pilihan anda tampil langsung pada dinding dan pencahayaan yang ada dalam rumah anda. Hal ini penting dilakukan sebelum membeli untuk menghindari terbuangnya cat yang sudah terlanjur dibeli. Lebih baik lagi untuk menghitung ukuran luas dinding untuk memperkiraan berapa liter cat yang dibutuhkan agar pembelian sesuai jumlah yang dibutuhkan. Memulas langsung ke dinding membuat anda dapat langsung melihat efek yang dibuat pada tekstur dinding cahaya dan komparasi dengan warna lain yang anda inginkan. Hal ini dilakukan karena terkadang warna contoh sampel di katalog ataupun brosur warna cat berbeda dari hasil yang sebenarnya pada sapuan dinding.

, sarae.id
source: keystoinspiration

Memilih warna cat bagi dinding interior rumah anda memang bukanlah hal yang sulit, namun juga perkara yang harus dipertimbangkan dengan hati-hati agar hasil akhir ruangan dan tema interior sesuai dengan yang diinginkan. Warna cat dalam interior sangat penting dalam menciptakan mood dan suasana sesuai ukuran dan fungsi ruang. Gaya interior dan perabot juga mempengaruhi skema warna seperti apa yang relevan. Misalnya untuk gaya interior abad pertengahan atau 1950 skema warna coklat, kuning dan merah mauve menjadi ciri khas gaya ini. Gaya interior shabby chic cenderung banyak menggunakan warna – warna pastel dengan dominan warna putih. Gaya interior skandinavia banyak menggunakan warna natural bumi seperti coklat muda, beige ataupun off white sebagai warna latar ruangan dengan warna pastel sebagai aksen pada sudut tertentu. Masih banyak lagi gaya interior dengan ciri khas warna catnya masing-masing namun karakteristik ini tidak mengikat. Anda dapat menggunakan skema warna apapun yang menjadi preferensi anda asalkan mengetahui padu-padan yang tepat. Selamat mengeksplorasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis