Tips Interior untuk Rumah Tipe 36

, sarae.id

Tipe hunian rumah di Indonesia memiliki beberapa jenis. Nah, salah satu tipe yang banyak digunakan adalah tipe 36. Biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu serta garasi. Bagi keluarga dengan jumlah banyak tentu tipe 36 akan kurang cocok untuk ditinggali. Namun untuk keluarga kecil, misal memiliki 2 anak, tipe 36 sudah cukup nyaman digunakan sebagai tempat tinggal.

Tapi kenyamanan bisa saja hilang kalau kita tidak bisa menata interior rumah dengan tepat. Terlalu banyak barang, malah bisa membuat ruangan makin sempit. Salah menentukan furniture, bisa juga membuat ruangan jadi sempit plus kurang estetik. Lantas, bagaimana sih tips interior untuk rumah tipe 36?

Interior Furniture Ruang Tamu Tipe 36

Oke, Sarae akan mulai dengan tips menata ruang tamu ya. Karena ruangan ini adalah ruang paling awal yang pasti kita lewati saat masuk ke rumah. Berikut adalah beberapa tips nya.

1. Terapkan Warna-Warna Netral dan Senada

Ruang tamu dan ruang keluarga tipe rumah 36 biasanya akan sangat terbatas. Sehingga pilihan untuk penataan interiornya, bisa dibatasi oleh partisi atau digabungkan. Sangat disarankan sih digabungkan karena kalau dibatasi partisi akan terkesan lebih sempit.

, sarae.id
Sumber: instagram.com/akki.retha/

Bila ingin digabungkan, kamu bisa pilih sofa berwarna netral lalu dipadukan dengan warna karpet yang senada. Tentunya akan terlihat lebih elegan dan nyaman. Warna earth tone seperti coklat juga bisa jadi pilihanmu, karena termasuk dalam warna netral.

, sarae.id
Sumber : pinterest

Sementara itu, kalau ingin menggunakan cabinet, sesuaikan dengan ukuran ruangan dan pilih yang multifungsi misal dengan jumlah laci lebih banyak. Ini bisa lebih memaksimalkan storage penyimpanan. Lalu, untuk menambahkan kesan lebih natural, kamu bisa menaruh beberapa tanaman kecil. Ini juga sangat membantu untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap terjaga.

2. Sofa Berkaki Bisa Bikin Ruangan Terkesan Luas

Selain warna yang senada, kamu juga sebaiknya menggunakan sofa yang memiliki kaki agak jenjang atau tinggi. Ini bisa semakin memberikan kesan luas. Begitu pun dengan mejanya, seperti tampak pada foto berikut. Sederhana tapi tetap nyaman dan luas kan?

, sarae.id
Sumber: Pinterest

Tidak hanya berlaku untuk sofa ya. Furniture lain seperti credenza atau lemari juga sangat disarankan menggunakan yang berkaki.

, sarae.id
Sumber: Pinterest

Bila kamu tidak menyukai warna senada, kamu bisa kok mengkombinasikan warna furniture di rumah. Asalkan kombinasinya tepat, maka bisa terlihat eye catching seperti gambar di atas.

3. Tempatkan Furniture dengan Posisi Menempel Ke Tembok

Rumah tipe 36 pada umumnya mempunyai ruangan terbatas. Sehingga posisi furniture paling tepat adalah yang menempel ke tembok. Dengan begitu kamu bisa memiliki area lebih lapang. Gunakan lemari dinding atau ambalan yang bisa dimanfaatkan sebagai storage penyimpanan.

, sarae.id
Sumber: Pinterest

Khususnya di ruang tamu, penggunaan ambalan bisa digunakan untuk menyimpan beberapa hiasan agar suasana menjadi lebih hidup. Tanaman kaktus, typography yang sudah dipasang pada figura, atau kalau mau menyimpan beberapa buku juga bisa sekali ya. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan penataan dekorasinya. Agar tidak terkesan sumpek.

Interior Furniture Dapur Rumah Type 36

Setelah dari ruang tamu, mari berpindah ke dapur. Ruangan yang bisa menjadi sumber kedekatan keluarga. Dapur yang nyaman, dapur yang bersih, dan multifungsi adalah impian setiap ibu di rumah. Nah, berikut adalah beberapa tips interior penataan dapur yang tepat.

, sarae.id
Sumber: Pinterest

1. Penggunaan Warna Putih Bisa Memberikan Kesan Lebih Bersih

Ingin sekali memiliki dapur yang terkesan lebih clean? Cobalah untuk menerapkan warna putih pada cabinet kitchen setnya. Selain kesan clean, warna putih juga biasanya akan lebih menenangkan dan memberi kenyamanan.

2. Membuat Dapur Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Selanjutnya, saat akan membuat dapur, kamu harus membuatnya sesuai ukuran. Oleh sebab itulah pasti kamu butuh bantuan tenaga profesional. Jangan sampai dapur malah membuat sumpek atau membuatmu tidak bisa bergerak secara leluasa.

3. Pembuatan Storage Kitchen Sesuai Kebutuhan

Jangan hanya memperhatikan soal desain yang eye catching, namun penentuan storage juga harus diperhatikan ya. Sehingga nantinya tidak ada perlengkapan dan peralatan dapur yang tergantung di luar. Maksimalkan area cabinet atas dan bawah. Baik untuk rak piring atau barang lainnya. Sementara untuk bumbu, agar lebih praktis, kamu bisa membuat ambalan khusus di luar.

4. Memakai Backsplash untuk Melindungi Dinding

Agar dinding tetap terlindungi, kamu bisa menggunakan backsplash yang terbuat dari keramik. Bentuknya bisa disesuaikan dengan keinginan. Di samping itu, agar sirkulasi udara di dapur juga tetap terjaga, sangat dianjurkan untuk memasang exhaust hood atau penyedot asap.

Interior Furniture Kamar Type 36

Dan terakhir adalah tips untuk penataan interior kamar type 36. Biasanya ada 2 kamar, 1 untuk kamar utama dan 1 lagi kamar tambahan. Untuk ukuran, kamar utama jelas akan lebih besar. Agar kedua kamar tersebut bisa sama-sama nyaman, berikut adalah tips interior kamar type 36.

1. Gunakan Divan Multifungsi

Pertama, mulai dari tempat tidur. Pilihlah yang multifungsi, di mana tidak hanya bisa digunakan untuk tempat tidur saja. Namun bisa juga digunakan untuk storage penyimpan.

, sarae.id
Sumber: Pinterest

Pilih divan yang multifungsi yang di bagian bawahnya terdapat beberapa laci. Kamu bisa menyimpan selimut, bedcover, sarung bantal bahkan pakaian di dalam laci tersebut. Dengan begitu storage di dalam kamar pun bisa semakin banyak.

2. Penambahan Cermin untuk Kesan Lebih Luas

, sarae.id

Agar menambah kesan luas pada kamar, cobalah menambahkan cermin besar. Ini bisa memberikan ilusi luas pada pikiran. Kamu bisa pilih cermin persegi atau bulat.

3. Pemilihan Cat Dinding yang Lebih Netral

Kalau konsep kamarmu adalah minimalist yang nyaman. Makan untuk menambah kesan tersebut adalah dengan penerapan cat dinding yang lebih netral. Seperti putih misalnya. Kalau mau dikombinasikan, cukup 2 warna saja ya agar tidak terkesan berlebihan.

4. Penggunaan Meja Lipat untuk Area Baca atau Belajar

Ingin membuat ruang belajar di dalam kamar? Kamu bisa coba menggunakan meja lipat, namun tetap multifungsi seperti pada gambar berikut.

, sarae.id
Sumber: Pinterest

Pemakaiannya akan lebih praktis serta bisa membuat ruangan tetap luas. Bila sudah tidak digunakan, mejanya bisa langsung kamu lipat.

Nah, itulah beberapa tips interior rumah untuk tipe 36 yang bisa coba kamu terapkan. Khususnya yang ingin menjadikan rumah mungil namun tetap terkesan lebih luas. Tenang saja, rumah kecil pun bisa sangat nyaman sekali kok, asalkan penataannya tepat dan penggunaan furniturenya pun bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan di rumah.

Bila kamu ingin custom interior furniture sesuai ukuran rumah. Yuk langsung saja, hubungi Sarae Interior untuk konsultasi gratis di sini. Jangan lewatkan juga promo menarik yang bisa kamu dapatkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis