Pemanfaatan Sekat pada Ruangan

, sarae.id

Sekat memiliki fungsi sebagai pembatas antar-ruangan, sekat membagi ruangan-ruangan untuk fungsi yang berbeda. Peran sekat sendiri ibarat dinding pada suatu ruangan. Pada ruangan yang luas fungsi sekat tak lain untuk membagi areal menjadi lebih kecil, hal ini semata-mata untuk menunjang kebutuhan dan meningkatkan fungsi ruang itu sendiri. Sedangkan pada ruangan yang sempit fungsi sekat untuk memanajemi kecilnya suatu ruangan, di mana tidak adanya tembok sebagai pemisah utama ruangan.

Ada macam-macam jenis sekat yang bisa dipergunakan untuk membagi suatu ruangan. Kita bisa membaginya ke dalam dua kategori, yang pertama yaitu sekat konvensional yang berfungsi sebagai pembatas saja dan yang kedua, sekat fungsional yang fungsinya tidak semata untuk membagi ruangan.

Sekat kategori pertama biasanya ukurannya lebih ramping, dan cocok dipakai pada ruangan sempit sebagai pembatas, diantaranya sekat kayu konvensional portable (beroda dan bisa dilipat), kaca es, cermin (untuk membuat kesan ruangan luas), 3D panel dan tirai. Sedangkan, sekat fungsional dibuat dengan memanfaatkan perabotan rumahan umum, misalnya, rak buku, buffet, lemari, akuarium, bar table, televisi, dll.

Ukuran sekat juga macam-macam, ada yang rendah, sedang dan tinggi. Gunakan sekat yang tidak terlalu tinggi untuk kesan ruangan yang lebih terbuka, atau gunakan sekat setinggi dinding apabila anda ingin benar-benar membagi ruangan.

, sarae.id

Sekat Konvensional – Ruang Makan

, sarae.id

Sekat Fungsional – Apartemen

Modifikasi sekat konvensional menjadi lebih fungsional dengan memanfaatkannya menjadi rak penyimpanan/ dekorasi.

, sarae.id

Sekat Fungsional – Ruang Tamu

, sarae.id

Sekat Fungsional – Apartemen

Karena cara menggunakan sekat sangat berpangaruh pada suasana ruangan, jadi pilihlah sekat yang tidak hanya berfungsi sebagai pembagi ruangan tapi juga fungsi sekat harus bisa meningkatkan sisi estetika dari interior ruangan. Misalnya, apabila ruangan anda berwarna netral seperti putih atau abu-abu, maka pilihlah sekat berwarna kontras agar ruangan tidak terasa monoton, selain itu memilih warna yang kontras juga berfungsi untuk menandai batas antar-ruangan satu dan lainnya.

Pilihlah sekat yang sekiranya serasi dengan warna utama interior sehingga akan meningkatkan harmoni pada ruangan. Selamat mencoba!

Author: Mirdha Arina S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis